Jawaban Teco Cugurra Terkait Perkembangan Sepakbola Indonesia: Setuju VAR dan Harapan Stadion Mememuhi Standar

Kereneng, baliwakenews.com

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI, banyak terobosan baru yang dilakukan untuk kemajuan sepakbola Indonesia. Selain naturalisasi pemain, wacana penggunaan VAR juga tengah digeber. Bahkan rencananya sudah mulai diterapkan pada Februari 2024 mendatang.

Terkait perkembangan sepakbola Indonesia saat ini dengan berbagai terobosan yang dilakukan, mendapat respon positif oleh pelatih Bali United, Stefano ‘Teco Cugurra. Namun, ada beberapa hal yang dikemukakan Teco jika VAR benar-benar diterapkan dan berjalan sesuai dengan semestinya.

Baca Juga:  Made Rentin: Waspada Omicron Namun Jangan Khawatir Berlebihan  

Pelatih asal Brasil tersebut menerangkan bila ada faktor lain juga yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas sepakbola di Indonesia. Terutama sumber daya manusia yang dipercayakan menjalani alat tersebut bisa membantu dalam sebuah pertandingan dengan baik.

“Saya sering mendapat pertanyaan soal VAR, saya berpikir lebih bagus fokus dulu memperbaiki soal lapangan daripada VAR. Tetapi menurut saya waktu VAR diterapkan mudah-mudahan juga baik untuk memperbaiki sepak bola di Indonesia,” tegasnya.

Selain VAR, Teco juga menyentil terkait standarisasi stadion yang digunakan saat pertandingan. “Terpenting bagi saya soal lapangan juga menjadi hal penting yang patut diperbaiki,” ungkap Coach Teco.

Baca Juga:  Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki Serahkan Dana Bergulir LPDB Pada KSP EDM

Seperti diketahui, Bali United di pekan ke-22 lalu sempat terkendala kondisi lapangan ketika berhadapan dengan Dewa United di Stadion Indomilk Arena Tangerang. Bahkan penundaan laga mencapai kurang lebih 90 menit. Teco pun memberikan rekomendasi soal rumput lapangan yang dimiliki Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai homebase dari Serdadu Tridatu.

“Saya bisa bilang kualitas rumput Stadion Dipta sangat bagus dan di Training Center Bali United juga sudah ada 3 lapangan yang bisa dipakai punya kualitas sangat bagus. Menurut saya fasilitas yang dimiliki Bali United ini bisa menjadi contoh buat klub-klub lainnya buat memajukan sepak bola Indonesia lebih baik,” jelas Coach Teco.

Baca Juga:  Edukasi Rajin Cuci Tangan, Dealer AUM Pasang Wastafel di Puskesmas Denbar

Adanya saran positif ini diharapkan semua publik kepengurusan sepak bola di Indonesia baik PSSI, operator kompetisi hingga klub kontestan liga senantiasa berjuang bersama dalam memajukan sepak bola Indonesia. BWN-06

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM