Hari Kartini, AMP NKRI dan ILDI Bali Gelar “Kartini Berdansa”

Denpasar, baliwakenews.com

Menyemarakkan Hari Kartini 21 April, Aliansi Masyarakat Pembela (AMP) NKRI berkolaborasi dengan Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI) Bali menggelar kegiatan “Kartini Berdansa” di Restorant Mirabaliku, Jalan Kapten Tantular No 18, Denpasar, Bali, Minggu 21 April 2024.

Selain itu juga digelar jamming line dance, fashion show dengan dresscode berkain dan mengenakan pakaian kebaya.

Ketua AMP NKRI, Ni Ketut Mira Andayani mengatakan, acara bertajuk ‘Kartini Berdansa’ ini sebagai ungkapan terima kasih atas jasa-jasa Pahlawan Nasional RA Kartini.

Baca Juga:  Tetap Hari Arak Bali, Gubernur Koster Gelar Acara Cocktail Arak Bali

Karena atas perjuangannya terhadap emansimasi wanita, kaum perempuan saat ini mendapatkan hak dan kedudukan yang sama dengan laki-laki. “Kalau tidak ada jasa-jasa beliau, maka kaum perempuan tidak bisa seperti saat ini,” ungkapnya.

Dikatakan, perjuangan RA Kartini yang tertuang dalam sebuah buku ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’, memiliki makna yang sangat dalam. Salah satunya, sesuatu permasalahan pastinya terdapat jalan keluar. “Ini menjadi penyemangat yang membuat kaum perempuan bisa bangkit dan sejajar dengan laki-laki,” ucapnya.

Baca Juga:  WNA Pelaku Wik-Wika di Seminyak Ditangkap

Kendati demikian, di tengah emansipasi perempuan yang saat ini terjadi, bukan serta merta meninggalkan kodratnya. Yakni menjadi ibu rumah tangga, mengasuh dan membesarkan anak-anaknya. Bahkan, menjadi penompang ekonomi keluarga. “Jasa beliaulah yang diperingati saat Hari Kartini yang jatuh setiap 21 April,” tandasnya.

Baca Juga:  Pasca Kenaikan BBM, Polresta Denpasar Bagikan Bansos ke Disabilitas

Terkait Kartini Berdansa, Mira menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kaum perempuan mengekspresikan diri. Sekaligus, untuk melestarikan kain dan kebaya yang merupakan warisan budaya nusantara.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi, dan mempererat tali persaudaraan,” pungkas Mira. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM