Prodi Teknik Komputer FTP Unwar Gelar Kuliah Tamu

Denpasar, baliwakenews.com

Mengenalkan data science kepada mahasiswanya, Program Studi (Prodi) Teknik Komputer, Fakultas Teknik dan Perencanaan Universitas Warmadewa (FTP Unwar), menggelar kuliah tamu, Kamis 18 April 2024 di Gedung FTP Unwar.

Kuliah tamu menghadirkan profesional sistem analisis dari Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Gde Putu Rizkynindra Sukma Jati, M.Sc., M.Cs. Ia berbicara tentang “Introduction to Data Science”.

Dekan FTP Unwar Dr. Ir. I Nengah Sinarta, S.T., M.T., IPM., ASEAN ENG., mengungkapkan, dewasa ini kebutuhan tenaga ahli ataupun professional dalam mengolah data khusunya data science kian hari semakin meningkat.

Baca Juga:  PKM Prodi Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa Denpasar Sasar Desa Manistutu

Lebih lanjut dikatakan kebutuhan tersebut didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengetahui perkembangan bisnis. Oleh karena itu, meskipun Prodi Teknik Komputer paling bungsu, ia optimis seiring berjalannya waktu akan tinggi peminat.

Semua pihak, menurutnya, sudah menyadari bahwa “skill” di bidang teknologi komputer menjadi sebuah keniscayaan.

“Saat ini kami masih dalam tahap sosialisasi ke masyarakat. Sambil jalan, ke depan pasti semakin diminati karena sudah eranya,” ucap Sinarta.

Kuliah tamu ini, kata dia, sangat strategis guna memperkenalkan sistem pengelolaan data science dengan harapan mahasiswa tertarik dan mengembangkan professional “skill”-nya dalam bidang data science.

Baca Juga:  Bali United Rencana Jajal Klub Lokal untuk Sparing Partner

Kepala Prodi Teknologi Komputer FTP Unwar Made Surya Kumara S.T.,M.Sc., menambahkan, saat ini, dunia sedang mengalami “tech winter” atau kondisi pelambatan.

Artinya, banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang teknologi melakukan pemutusan hubungan kerja massal. Hal ini disebabkan karena mereka punya karyawan/programmer senior yang mampu mengambil banyak pekerjaan yang sebelumnya diambil oleh programmer-programmer baru.

“Tech winter ini, secara gampang diartikan terjadinya perampingan tenaga kerja. Misalnya dulu satu pekerjaan diambil oleh 15 orang, sekarang bisa 5 orang sehingga yang 10 orang di-berhenentikan. Jadi yang senior-senior itu terus belajar,” ucap Surya.

Baca Juga:  PEMPROV BALI SESUAIKAN JADWAL LOMBA OGOH-OGOH 2020 PENJURIAN DI TEMPAT, HADIAH TOTAL 1,7 MILYAR

Meski demikian, ia meyakinkan mahasiswanya agar tetap optimis menatap masa depan. Sebab, seperti pengalaman teman-temannya, meski pun sudah diberhentikan dari sebuah perusahaan, mereka dengan cepat mendapatkan pekerjaan baru karena sudah punya skill.

“Kuliah umum ini juga sekaligus memontum membakar semangat mahasiswa dan menjawab tantangan tech winter tersebut,” pungkasnya. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM