PDI Perjuangan Kehilangan 1 Kursi, Nasdem Terpental, Golkar, Gerindra dan Demokrat Tambahan Kursi DPRD Badung

Mangupura,baliwakenews.com

Meski Pilpres keok, namun PDIP Kabupaten Badung cukup tangguh di Pileg 2024.

Terbukti, partai penguasa pemerintahan Gumi Keris Badung Bali ini masih bisa bertahan sebagai juara dalam perolehan kursi DPRD Badung periode 2024-2029.

Namun harus diakui suara PDIP sedikit turun. Pasalnya, disaat jumlah kursi DPRD Badung bertambah dari 40 menjadi 45 kursi. Kemudian disaat tiga parpol, seperti Golkar, Gerindra dan Demokrat bagi-bagi tambahan kursi, justru PDIP harus kehilangan 1 kursinya di parlemen Badung.

Dari 28 kursi PDIP di Pileg 2019, kini PDIP harus puas dengan 27 kursi. Artinya satu kursi partai banteng berhasil direbut partai lain.

Dan yang paling kasian adalah Partai Nasdem. Nasdem yang sebelumnya memiliki perwakilan 1 kursi di DPRD Badung kini harus legowo hilang dari parlemen Badung.

Sang petahana Nasdem I Gede Suardika yang kembali diturunkan dalam pertarungan Pileg turut gagal mengamankan kursinya lantaran jauh kalah suara dari caleg patai lain.

Baca Juga:  Bupati Giri Prasta Respon Foto Retakan Tebing Pura Luhur Uluwatu

Sementara itu tiga partai tercatat bagi-bagi tambahan kursi. Yaitu, Golkar dari sebelumnya 7 kursi kini menjadi 11 kursi. Kemudian, Gerindra dari 2 kursi  bertambah menjadi 4 kursi. Dan Demokrat dari 2 kursi bertambah menjadi 3 kursi.

Kini komposisi perolehan kursi DPRD Badung adalah PDIP 27 kursi, Golkar 11 kursi, Gerindra 4 kursi dan Demokrat 3 kursi.

Dengan komposisi perolehan kursi ini otomatis hanya ada 4 parpol yang lolos ke DPRD Badung.

Kemudian, PDIP selain juara di tingkat kabupaten, ia juga berhasil menjadi juara seluruh Dapil. Dari enam Dapil di Kabupaten Badung semua peraih suara tertinggi diraih oleh Caleg PDIP.

Srikandi PDIP Ni Putu Yunita Oktarini bahkan keluar sebagai peraih suara terbanyak dengan total lebih dari 15 ribu suara. Anggota DPRD tiga periode ini bahkan sama-sama meraih suara tertinggi di Badung bersama suaminya yang juga Caleg PDIP untuk DPRD Bali Dapil Badung I Bagus Alit Sucipta. Pria yang akrab disapa Gus Bota ini sukses meraih 117 ribu lebih suara rakyat Badung.

Baca Juga:  Ketua DPRD Badung Putu Parwata Terima Audensi BEM Undhira, Menuju Go Green Kampus

Untuk Dapil Petang juara suara tertinggi diraih oleh pendatang baru yang tiada lain putra Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Made Bima Nata dengan suara diatas 10 ribu.  Juara Dapil Mengwi diamankan oleh petahana PDIP I Wayan Regep dengan perolehan suara diatas 12 ribu.

Dapil Kuta Selatan juara suara tertinggi diraih petahana PDIP I Wayan Loka Astika dengan 6,9 ribu suara. Selanjutnya juara Dapil Kuta dipegang oleh petahana sekaligus politisi senior PDIP I Gusti Anom Gumanti dengan 5 ribu suara lebih.

Terakhir juara Dapil Kuta Utara dimenangkan oleh Sekretaris DPC PDIP sekaligus Ketua DPRD Badung Putu Parwata dengan raihan 6 ribu suara.

Sekretaris DPC PDIP Badung I Putu Parwata yang dikonfirmasi belum lama ini membenarkan partainya masih kokoh dan solid di Badung.

Baca Juga:  Srikandi DPRD Badung Kembali Grilia Lakukan Aksi Bagi Paket Sembako di Kuta Utara

Pihaknya juga meyakini PDIP masih menjadi partai pemenang dan menguasai kursi DPRD Badung.

Hanya saja ia enggan berkomentar terlalu jauh lantaran masih menunggu keputusan resmi dari KPU. “Sabar, kita tunggu keputusan dari KPU,” ujarnya singkat.

Hal senada juga disampaikan Bendahara DPC Gerindra Badung I Gede Aryantha. Dirinya mengaku berhasil mengamankan kursi untuk kembali duduk di DPRD Badung.

Kemudian, secara keseluruhan Gede Aryantha menyebut kursi Gerindra bertambah namun masih enggan membeberkan lebih jauh nama-nama rekannya yang lolos ke DPRD Badung dengan alasan menunggu pengumuman resmi dari KPU.

“Terima kasih, saya lolos. Dan kita tunggu pengumuman dari KPU,” kata politisi asal Canggu yang kini duduk sebagai Anggota Komisi III DPRD Badung itu. BWN-05

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM