Selain Isu Perubahan Iklim, IPU ke-144 Juga akan Bahas Konflik Rusia-Ukrania  

Nusa Dua, baliwakenews.com

Inter-Parliamentary Union (IPU) Assembly & Related Meetings akan lebih banyak membahas isu perubahan iklim. Sebab hal itu menyangkut kelangsungan hidup dan keselamatan dunia. Selain itu berbagai isu lainnya juga turut akan dibahas dalam pertemuan parlemen internasional tersebut. Se perti penanganan pandemi Covid-19, SDG’s, kesetaraan gender, demokrasi hak asasi manusia, serta bagaimana perdamaian dan keamanan di dunia dapat tercipta sebagai satu kesatuan.

Termasuk konflik yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina juga akan turut dibahas demi menciptakan perdamaian dunia di benua Eropa Timur. Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dr. (H.C) Puan Maharani, dihadapan awak media di Hotel Westin, Nusa Dua, Sabtu (19/3/2022). Puan Maharani menegaskan, sebagai tuan rumah IPU ke-144, Indonesia akan berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan global. Terselenggaranya IPU ke-144, sambung dia merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Indonesia sebagai tuan rumah. Karenq perhelatan dunua ini tentu memiliki peran strategis dalam menunjukan kontribusi Indonesia dalam upaya menyelesaikan permasalahan global.

Baca Juga:  Pandemi, Kesadaran Masyarakat Ikut Asuransi Meningkat, Naik Signifikan 2 Tahun Terakhir  

Hal ini tentu sekaligus mempengaruhi semua kebijakan internasional. Selain itu dalam pertemuan nanti juga akan disuarakan tentang keadilan bagi seluruh negara untuk memperoleh vaksin. Karena untuk mengakhiri pandemi, kata dia salah satu upayanya adalah dengan melaksanakan vakisn. “IPU akan mendorong dan mengedepankan agar terjadi pemerataan vaksin, sebab selama ini belum merata,” ungkapnya.

Baca Juga:  Komisi X DPR RI Lakukan Kunja Spesifik Bidang Pariwisata Ke Pemkab Badung

Penyelenggaraan IPU ke-144 membuktikan bahwa Indonesia adalah negara yang dipercaya dunia internasional. Karena dianggap mampu dan nyaman serta aman sebagai tuan rumah event dunia tersebut. Dia berharap dalam event ini nantinya dapat mengahasilkan resolusi atau solusi yang nantinya diproyeksikan menjadi bahan adopsi untuk menyelesaikan permasalahan global. Lebih jauh kata Puan, Penyelenggaraan IPU ke-144 di Bali juga akan membangkitkan kembali sektor pariwisata Bali serta pemulihan ekonomi masyarakat. Karena diyakininya akan memberi citra positif bagi Indonesia dalam keberlangsungan dan kelangsungan event-event internasional di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Ringankan Dampak Corona, Teman GW Datangi Rumah Warga Lakukan Ini

Selain itu, dalam pertemuan tersebut, juga akan dibahas usulan terkait resolusi damai di Ukraina. Indonesia akan mendorong lahirnya rekomendasi untuk mengakhiri invasi Rusia ke Ukrania. “Kami berharap penyelenggaraan IPU ini bisa menyelesaikan atau ikut mempengaruhi dengan hadirnya anggota dari 115 negara akan menghasilkan resolusi atau solusi yang kemudian nanti akan bermanfaat untuk dunia internasional,” tutupnya. BWN-04

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM