web analytics

Program “Matching Fund” Unwar, Launching Produk di “Agro Learning Centre”

Denpasar, baliwakenews.com

Komitmen Universitas Warmadewa (Unwar) menjadikan peserta didiknya sebagai lulusan yang berkompeten dan dibutuhkan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), membawa Perguruan Tinggi dibawah naungan Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB) ini mampu merebut Program Matching Fund (MF) tahun 2022.

Program Matching Fund yang dilaksanakan Unwar pada Selasa 22 November 2022 dilakukan Launching Produk dengan judul program “Strategi Pengembangan SDM Profesional Berkompetensi dalam Bidang Pertanian Terintegrasi Melalui Kearifan Lokal”.

Launching Produk yang berlangsung di Kebun Agro Learning Centre di Jl. Cekomaria Gg Raya II no 5 Denpasar ini dihadiri Rektor Universitas Warmadewa, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK, Wakil Rektor I, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si, bahkan Anggota DPD RI asal Bali, Dr. Made Mangku Pastika hadir bersama Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, S.Sos., M.Si.

Baca Juga:  MITOS WATUGUNUNG RUNTUH DALAM HARI RAYA SARASWATI

Rektor, Prof. Widjana menyatakan, Matching Fund merupakan program pemerintah pusat yang bertujuan membentuk ekosistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). “Program ini adalah untuk menyelaraskan antara dunia usaha dan dunia industri dengan produk yang dihasilkan oleh perguruan tinggi yakni lulusannya, ” ucap Prof. Widjana.

Program ini lanjut Prof. Widjana sekaligus menjadi jawaban dan jalan keluar atas permasalahan selama ini yakni kurang match dan link antara penyandang gelar sarjana dengan DUDI. Menurutnya, dengan program Matching Fund ini akan mengubah sedikit kurikulum, namun yang terpenting adalah terjadinya hubungan baik antara dunia usaha dan dunia industri dengan perguruan tinggi.

“Tujuannya mendapatkan feedback yang bermutu dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan. Di sinilah peran perguruan tinggi harus benar-benar berani melakukan review terhadap kurikulumnya, bahkan melakukan adaptasi sehingga lulusannya menjadi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri,” tandasnya.

Baca Juga:  Kantor Polsek Akan Segera Berdiri di Nusa Penida

Anggota DPD RI, Made Mangku Pastika mengapresiasi langkah Rektorat Universitas Warmadewa dalam rangka mendukung peserta didiknya menjadi lulusan yang handal dan sesuai dengan kebutuhan di dunia industri. Diakuinya dengan kehadiran langsung Rektor Unwar beserta Wakil Rektor serta Guru Besar yang ada di Universitas Warmadewa menunjukkan kampus hijau di Jalan Terompong Denpasar ini betul-betul konsen dengan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswanya.

“Selama ini kita bergantung kepada hasil riset dan bagaimana hasil riset tersebut betul-betul bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jadi di tempat yang sederhana ini kita harapkan bertemu segala unsur termasuk stakeholder dan pengusaha terutama yang juga menggunakan hasil pertanian itu,” ucap Mangku Pastikan.

Baca Juga:  Ratusan Tamatan SMP Terancam Tak Dapat Sekolah, Tokoh Jimbaran Gelar Ini

Gubernur Bali periode 2008-2018 menambahkan, jika berbicara Nangun Sat Kerthi Loka Bali, program ini adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk melestarikan budaya Bali, manusia Bali dan alam Bali.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana menyatakan bahwa program ini adalah salah satu langkah dalam memotivasi masyarakat. Kedepan program ini dapat dikerjasamakan dengan pemerintah Kota Denpasar. Dengan demikian nantinya bisa disebarluaskan di seluruh desa-kelurahan, termasuk juga di tingkat Banjar.

“Yang terpenting adalah bagaimana masyarakat bisa mengembangkan lahan-lahannya untuk dimanfaatkan dalam mencapai ketahanan pangan ke depan,” pungkas Alit Wiradana. *BWN-03

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -DJP Online Imlek DPRD Badung HUT PDIP Parwata HUT PDIP HUT Mangupura DPRD Natal DPRD Badung Natal PDAM Badung Galungan DPRD Badung Galungan PDAM Badung DPRD Provinsi Bali Galungan Sudirta Galungan BWN
Iklan Unwar Iklan Advaita
%d blogger menyukai ini: