Promosikan Tabanan Lewat Podcast, Bupati Sanjaya Ajak Anak Muda Agar Bangga Jadi Orang Tabanan

Tabanan, baliwakenews.com

Kreatifitas dan semangat generasi muda Tabanan dalam inovasi digital di dunia pendidikan kini patut diacungi jempol. Hal ini tentunya mendapat apresiasi dan dukungan yang mengalir deras dari Pemerintah Kabupaten Tabanan. Bercerita mengenai profil Bupati dan filosofi Kabupaten Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M selaku Kepala Daerah bergabung dalam bincang hangat melalui siaran “Podcast Kopi” milik siswa siswi Osis Spenta SMP Negeri 1 Tabanan yang dilakukan di Ruang Kerja Kantor Bupati Tabanan, Rabu (24/5). 

 

Setelah sebelumnya menggandeng Ibu Bupati, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.,S.H.,M.M untuk berbincang mengenai peran penting perempuan Tabanan saat jelang Hari Kartini di Bulan April silam, kali ini Bupati Sanjaya dengan didampingi oleh Sekda, Kepala Dinas Pendidikan, Kabag Prokopim dan Para Guru dari SMPN 1 yang hadir, secara langsung menyapa siswa siswi SMP Negeri 1 Tabanan melalui siaran yang dibawakan oleh siswi kelas 9, Ni Nyoman Sheila Purwaningrum siang itu. 

 

Nampak pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan kepada orang nomor satu di Tabanan itu, mulai dari hobi di masa kecil hingga profil kepemimpinan yang patut dijadikan panutan bagi para generasi muda. Tak berpikir panjang, Bupati Sanjaya secara gamblang menceritakan tentang aktifitas padatnya selaku kepala daerah namun masih sempatkan lakukan hobi mulai dari berolahraga, hingga travelling dengan sepeda motor. Melalui hobi travelling itu, Sanjaya juga jelaskan manfaat yang bisa dituai, yakni kedekatannya dengan masyarakat Tabanan, kemudahan sosialisasi secara langsung serta nikmatnya menjelajah desa-desa di Tabanan dengan pemandangan yang memukau. 

Baca Juga:  Konsisten Berantas Stunting, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya Lakukan Penilaian Final Lomba Posyandu di Selemadeg Barat

 

Terkait kiat-kiatnya sebagai sosok pemimpin, pihaknya nyatakan tidak pernah berpikir bisa menjadi Bupati. Namun kepercayaan masyarakatlah yang menjadikannya figur yang cocok dan pantas dalam mengemban tugas menyejahterakan rakyat Tabanan. “Punya bayangan atau cita-cita menjadi pemimpin, tidak pernah, seperti air mengalir saja, ketika apa yang Bapak lakukan ternyata bisa menginspirasi buat yang lain” terangnya. 

 

Lebih lanjut, Sanjaya juga bercerita mengenai sejarah Tabanan, di mana Kabupaten ini tidak hanya dikelilingi oleh daerah agraris dan populer sebagai “Lumbung Pangannya Bali” tetapi juga tersohor dengan masyarakatnya yang “Heroik”. Hal ini tentunya sangat berkaitan dengan sejarah, di mana banyak para pejuang dan pahlawan berasal dari Tabanan baik saat berada di era kerajaan Majapahit hingga perang puputan. 

 

“Ambil spirit pahlawan muda Sagung Wah, patut diteladani, bila dulu mengusir penjajah sekarang ini kita ambil spiritnya untuk bersama-sama dengan pemerintah berjuang mengusir kebodohan dan kemiskinan, jadi Tabanan ini heroik dan penuh perjuangan, bukan hanya sebagai lumbung berasnya Bali tapi juga sebagai kota Pahlawan, ciri-cirinya adalah satu-satunya di Bali yang memiliki makam pahlawan, di Margarana” jelasnya. Faktor itulah yang melandasi keinginan Bupati Sanjaya untuk membangun museum Sagung Wah. 

Baca Juga:  Lepas Kontingen Raimuna Nasional Tabanan ke Jakarta, Bupati Sanjaya Harapkan Generasi Muda Mampu Maksimalkan Potensi Diri

“Tujuannya ,bagaimana anak-anak kita Gen Z ini datang ke museum, melihat sejarah Tabanan masa lalu, sekarang dan masa datang. Banyak sekali pahlawan-pahlawan yang saya yakin anak-anak belum tahu makanya tujuan dibuatkan museum agar ada literasi yang menceritakan pahlawan-pahlawan di Tabanan, belum lagi senimannya, I Ketut Maria, sudah terkenal keliling dunia untuk menari, sehingga anak-anak, banggalah menjadi orang Tabanan” sebutnya.

Tagline “Bangga Menjadi Orang Tabanan” selalu melekat dan tak pernah terlepas dari sosok Sanjaya. Sebab spirit kebanggaan tersebut diyakini mampu membuat kita rindu saat merantau di manapun nantinya dan rasa bangga akan tempat asal. “Bangkitkan dan tanamkan rasa kebanggaan, kalau sudah bangga, itu bisa menjadi motivasi untuk percaya diri, di manapun kita berada. Apalagi di Tabanan terlah tercatat banyak sekali orang-orang hebat” Ujarnya lebih lanjut.

Untuk itu, Bupati Sanjaya di kesempatan itu sekaligus berpesan dan berharap, agar anak-anak bisa tekun dalam meraih ilmu setinggi-tinginya. “ilmu adalah segalanya, tidak ada umur yang membatasi pendidikan, harus belajar, karena belajar mampu memerangi kebodohan, orang pintar pasti akan sejahtera, tuntut ilmu setingginya untuk membangun Tabanan yang kita cintai. Jadilah pemimpin masa depan yang tangguh, hebat dan mengharumkan nama Tabanan” Pesan Sanjaya. Dirinya juga meminta para siswa dan guru, agar menyeimbangkan menejemen penggunaan teknologi dengan waktu bersosialisasi anak-anak, terutama sebagai krama Bali yang erat dengan adat, sosial dan agama.

Baca Juga:  Pengurus Baru KONI Tabanan Rencana Dilantik Awal Februari

Mengadaptasi pesan Bupati Tabanan terutama kepada para generasi penerus, nampak pembawa acara yang masih duduk di kelas 9 itu mengungkapkan terima kasih dan melanjutkan pesan kepada para siswa di SMPN 1 Tabanan yang mendengarkan. “Banyak harapan dan pesan-pesan dari Bapak untuk kita, jadi kita sebagai generasi muda harus semangat terus untuk menggapai cita-cita setinggi mungkin, terutama di Dunia Pendidikan dan selalu mencoba hal baru. Ini adalah suatu kebanggaan saya dan teman-teman bisa berbincang dan mendengarkan motivasi dari Bapak, makna-makna dan filosofi tersendiri dan tentunya kita jadi lebih tahu dan menambah wawasan tentang Tabanan yang tercinta, kami ucapkan terima kasih untuk Bapak Bupati” Ucap Sheil.BWN-HT

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD BadungIklan Bali Wake News Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAMIklan Imlek Pemkab TabananIklan Imlek DPRD Badung