Prodi Ilmu Komunikasi Undiknas Gelar Seminar Internasional, International Conference, Call for Paper, dan Coaching Clinic

Denpasar, baliwakenews.com

Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menggelar Seminar Internasional dengan tema “Transformasing Communication to Digital Space: Paradox of Digital Humanism” di Auditorium Dwitunggal Undiknas, Jumat 25 November 2023.

Pada kesempatan tersebut juga diselenggarakan Coaching Clinic Tata Kelola Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmu Komunikasi Sinta-1 yang merupakan kolaborasi antara Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI), FISHUM Undiknas, dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana (Unud) yang diselenggarakan di Theatre Room Undiknas Denpasar, Bali.

Coaching Clinic ini merupakan rangkaian dari kolaborasi International Conference dan Call for Paper yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya di Unud secara hybrid, yaitu pada Jumat 24 November 2023.

Seminar internasional dan pelatihan penerbit jurnal ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Undiknas, Dr. Drs. I Nyoman Subanda, M,Si. Dalam sambutannya, Subanda menyampaikan bahwa berlangsungnya acara ini merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan karena dapat berkolaborasi bersama-sama, dengan membahas isu hangat utamanya dalam rumpun ilmu komunikasi yang perkembangannya begitu pesat.

Baca Juga:  Format Baru DGL Season III, Dulu Antar STT, Kini Ada Antar Mahasiswa

“Saya bangga dan bersyukur atas terselenggaranya seminar internasional serta pelatihan tata kelola jurnal, khususnya bagi jurnal ilmu komunikasi yang kita miliki. Kami bersyukur terjalinnya komunikasi dengan pihak Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia (APJIKI) menjadikan terselenggaranya pelatihan ini sehingga kami para dosen bisa menambah ilmu dan pengetahuan untuk semakin mantap menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi,” ucapnya.

Tidak berhenti sampai di sana, untuk meresmikan kerjasama dengan pihak APJIKI dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Undiknas dengan Ketua APJIKI, Prof. Dr. Rajab Ritonga. Selain itu, dilakukan penandatanganan Implementation Arrangement (IA) oleh Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Undiknas, Nuning Indah Pratiwi, S.Sos. M.I.Kom. dengan Prof. Dr. Rajab Ritonga, serta IA dengan pengelola jurnal ilmu komunikasi Commusty Undiknas, Putri Ekaresty Haes, S.I.Kom., M.I.Kom.

Baca Juga:  SATU Indonesia Awards 2020, Diskusikan ''Pendidikan Kunci Peradaban''

“Hal ini menjadi bukti bahwa Undiknas mampu bersinergi dengan berbagai pihak untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan menyongsong generasi emas 2045,” tandasnya.

Seminar Internasional Prodi Ilmu Komunikasi, Fishum Undiknas bertajuk “Transformasing Communication to Digital Space: Paradox of Digital Humanism” ini mendatangkan pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Prof. Madya Dr. Normah BT. Mustaffa dari Universiti Kebangsaan Malaysia dan Dr. Kadek Adyatna Wedananta, S.Pd., M.Pd., dari Universitas Pendidikan Nasional.

Seminar yang dimoderatori oleh Ni Made Prasiwi Bestari S.IP., M.Par., ini berfokus pada subtopik paradoks humanisme digital dalam konteks komunikasi digital yang memerlukan keterlibatan khalayak untuk mengambil tindakan bijaksana dan mendeteksi konsekuensi negatifnya, serta bagaimana mereduksi dan mengatasi cyberbullying pada ruang digital.

Baca Juga:  Wujudkan Kesetaraan Gender Petugas KPPS Semua Perempuan.

Sementara itu, di ruang yang berbeda terselenggara pula kegiatan Coaching Clinic kolaborasi antara APJIKI, Undiknas, dengan Unud mengenai Tata Kelola Manajemen Penerbitan Jurnal Ilmu Komunikasi Menuju Sinta-1. Coaching clinic ini menghadirkan keynote speaker yaitu Yoga Dwi Arianda, S.T., sebagai Koordinator Jurnal dan Publikasi Ilmiah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Publikasi serta Dr. Uwes Fatoni, M.Ag sebagai speaker yang berasal dari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan begitu, Undiknas Denpasar telah menjadi wadah bagi pertukaran informasi yang diadakan selama satu hari.

“Hal yang sangat membanggakan bahwa dua kegiatan ini sama-sama bertujuan untuk mengedukasi para pendengarnya,” pungkasnya. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung