Aktif Dalam Pencegahan Covid di Desa Penyangga ITDC Terima Ini

Istimewa Terima Award: ITDC saat menerima BUMN CSR Award Propinsi Bali

Nusa Dua, baliwakenews.com
Selama 2 tahun terakhir dalam menghadapi pandemi COVID-19, ITDC juga turut aktif melakukan usaha pencegahan penularan COVID-19 di desa-desa penyangga The Nusa Dua dan Desa Wisata Pinge berupa pemberian bantuan sarana penerapan protokol kesehatan. Selain itu, ITDC juga memberikan bantuan paket sembako guna mengurangi beban masyarakat di desa-desa penyangga The Nusa Dua. “Walaupun dalam kondisi pandemi yang berpengaruh pada penurunan bisnis kami sebagai BUMN, kami tetap mengupayakan dapat berbagi kepada masyarakat, meski mungkin dengan nilai yang tidak sebesar tahun-tahun sebelumnya.

Semoga kontribusi kami ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menunjukkan makna kehadiran BUMN di tengah-tengah masyarakat, khususnya di saat-saat sulit seperti yang masih kita hadapi sekarang ini,“ papar Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita.

Dipaparkannya pula ITDC telah secara konsisten melakukan kegiatan CSR bagi masyarakat di Bali berupa program kemitraan, pemberdayaan masyarakat serta kegiatan CSR terkait penanggulangan COVID-19. Program kemitraan di Bali yang telah dilakukan ITDC mencakup sektor pertanian/perkebunan, peternakan dan kerajinan yang tersebar di wilayah Bali. Adapun untuk program pemberdayaan masyarakat, ITDC telah memberikan pelatihan bagi masyarakat di Bali dimana pelatihan yang diberikan menitikbertakan pada peningkatan kapasitas SDM di bidang penunjang industri pariwisata sehingga masyarakat dapat mengambil peran aktif dalam pengembangan pariwisata.

Baca Juga:  Rapat Pembahasan Vaksinasi Terhadap Seluruh Element di Badung

Pelatihan tersebut diantaranya pelatihan bahasa asing seperti Bahasa Inggris dan Mandarin, cooking Class and Hygiene, pelatihan hospitality dan pelatihan semi online digital marketing bagi paguyuban Pedagang Pantai The Nusa Dua serta pelatihan pengelolaan Homestay & Pelatihan Tour Guide di Desa Wisata Pinge yang merupakan desa wisata binaan ITDC yang terletak di Kecamatan Marga. Untuk pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat di lingkungan adat, ITDC telah menyalurkan CSR bagi tiga desa adat penyangga The Nusa Dua meliputi bantuan sarana ibadah, bencana alam, kesehatan serta sarana dan prasarana umum.

Baca Juga:  Sekda Badung Adi Arnawa Terima Kunja Walikota Pekanbaru

BUMN CSR Award Provinsi Bali merupakan penghargaan yang diberikan oleh Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Bali kepada BUMN atas kepedulian terhadap isu sosial, lingkungan, kesehatan dan ekonomi masyarakat Bali yang diwujudkan melalui program CSR. Tahun ini, ITDC kembali meraih penghargaan Gold (Gold Award) yang merupakan keempat kalinya sejak tahun 2018.

Dengan capaian Gold Award berturut-turut ini, ITDC secara otomatis mendapat penghargaan Platinum (Platinum Award) pada BUMN CSR Award Provinsi Bali tahun 2021. ”Kami bangga dapat kembali meraih  Gold Award pada BUMN CSR Award Provinsi Bali tahun ini, bahkan sekaligus dapat memperoleh Platinum Award. Penghargaan ini menjadi bukti dari konsistensi kami dalam berkontribusi bagi pemberdayaan sosial, pelestarian lingkungan dan peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan yang kami kelola serta upaya kami dalam mempertahankan kualitas program CSR kami dari tahun ke tahun.” papar Ardita.

Baca Juga:  Utamakan Musyawarah Mufakat, Plh Bupati Adi Arnawa Apresiasi Langkah DPRD Badung

Sebanyak 23 BUMN di Bali, termasuk ITDC, mengikuti tahapan penilaian yang dilakukan secara independen oleh Tim Penilai yang dibentuk oleh DPD RI Provinsi Bali, yang terdiri dari para praktisi dan akademisi. Untuk mengikuti penilaian setiap BUMN diwajibkan menyampaikan laporan kegiatan CSR tahun sebelumnya dan tahun berjalan, yang salah satunya mencakup komposisi eksekusi program CSR kepada sejumlah komunitas adat dan lembaga seni, budaya dan pendidikan di Bali. Proses penilaian juga mencakup kunjungan Tim Penilai ke lokasi BUMN untuk melakukan wawancara dan konfirmasi terkait tujuh indikator penilaian yaitu Sosial, Lingkungan, Ekonomi, Hukum, Sosial Media, Hospitality dan COVID-19. BWN-04

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: