web analytics

Kapolri Kunjungi Posko Basarnas di Gilimanuk, Basarnas Siagakan Ini di Beberapa Pelabuhan

Jembrana, bakiwakenews.com

Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (KAPOLRI) Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. siang tadi, Kamis, 28 April 2022 melaksanakan kunjungan kerja ke Pelabuhan Gilimanuk Bali. Kedatangan orang nomer satu di tubuh kepolisian ini bertujuan untuk mamastikan kelancaran arus mudik Lebaran tahun ini. Turut menerima kedatangan Kapolri, yakni Kapolda Bali, Bupati Jembrana, Komandan Lanal Benoa dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali). Pada H-4 Lebaran terpantau arus pemudik di pelabuhan Gilimanuk belum terlalu membludak, hanya saja terdapat antrean kendaraan saat akan memasuki Kapal Penyebrangan.

Kapolri beserta rombongan kemudian mengecek kesiapan Posko Terpadu, untuk memastikan kesiapan personil dalam memberikan pelayanan penyebrangan khususnya bagi pemudik yang akan pergi ke Pulau Jawa. Dirinya memastikan agar antrean panjang saat jelang lebaran tahun ini dapat diurai melalui kantong-kantong parkir yang telah disediakan di Pelabuhan Gilimanuk.

Baca Juga:  Rumah Seorang Nenek Terbakar, Uang Puluhan Juta dan Perhiasan Emas Ludes

Kapolri yang didampingi Kapolda Bali menyempatkan diri mengunjungi Posko Basarnas. Posko yang didirikan di area pelabuhan ini dimaksudkan untuk mempercepat respon time apabila sewaktu – waktu terjadi kecelakaan baik itu kecelakaan pelayaran dan jalan raya.

Ketika mendampingi Kapolri di Posko Basarnas, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, menjelaskan bahwa Basarnas Bali tahun ini menyiagaan sekitar 135 personil yang tersebar di Pulau Bali. Kehadiran Basarnas di tengah – tengah masyarakat yang ingin mudik diharapkan dapat memberikan rasa aman ketika ingin pulang ke kampung halaman. Selain mengantisipasi pemudik, Basarnas Bali juga menyiagakan personilnya di objek – objek wisata. “Kita ketahui bersama Pulau Bali masih menjadi primadona orang untuk berlibur ke Bali, selain alamnya yang indah pulau Bali juga menyajikan budaya yang menarik,” terang Darmada.

Baca Juga:  Pintu Masuk dan Lintasan Utama Bali Disekat Berlapis

Selain personil, Basarnas Bali juga menyiagakan Alut SAR di pelabuhan – pelabuhan besar di pulau Bali. Khusus untuk di pelabuhan Gilimanuk, Basarnas menyiagakan satu Kapal Negara (KN) SAR Arjuna 229, dan 2 unit Rigid Inflatble Boat. Alut tersebut memiliki performa yang baik saat evakuasi di perairan. Basarnas juga menyiagakan satu buah Aqua Eye, sebuah peralatan bawah air yang canggih dan mampu mendeteksi korban tenggelam di bawah air. “Dengan kebijakan pemerintah memperbolehkan mudik lebaran tahun ini, tentunya akan terjadi peningkatan moda transportasi darat, laut dan udara. Untuk itu kesiapsiaagan itu kesiapsiagaan personil dan Alut harus ditingkatkan guna memberikan pelayanan jasa SAR kepada masyarakat,” tutup Darmada.BWN-04

Baca Juga:  Petaka Kapal Yunicee, 7 Tewas 39 Penumpang Selamat

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -
%d blogger menyukai ini: