Kabasarnas Tutup Pelatihan Potensi SAR di Nusa Penida

Klungkung, baliwakenews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, S.E.,M.A.P. secara resmi menutup pelatihan potensi pencarian dan pertolongan di medan ketinggian di Nusa Penida pada Sabtu siang, (1/4/2023) pukul 13.00 Wita. Upacara penutupan dilaksanakan di lokasi tebing banjar tulad, Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung. Hadir dalam penutupan tersebut perwakilan TNI/Polri, Instansi Pemerintah, Perangkat Desa, Organisasi Masyarakat dan relawan.

Baca Juga:  WNA Terseret Arus di Diamond Beach Ditemukan Meninggal

Dalam sambutannya, Gede Darmada menerangkan bahwa jumlah personil Basarnas Bali saat ini belum memadai untuk memberikan pertolongan yang mencakup seluruh wilayah Bali. Ia mengatakan, salah satu bentuk upaya Basarnas meningkatkan SDM Potensi SAR adalah dengan memberikan pelatihan SAR.

“Jadi nantinya dengan pelatihan SAR diketinggian ini dapat meningkatkan kemampuan dan Keterampilan Potensi SAR di bidang High Angle Rescue Teknique (HART) dan dapat mengaplikasikannya saat terjadi Operasi Pencarian dan Pertolongan Khususnya di Wilayah Pulau Nusa Penida” imbuhnya.

Baca Juga:  Putu Suasta Akhirnya Ditemukan Meninggal, Korban Kedua Terseret Arus Pantai Kelingking

Darmada menambahkan, dari 50 orang peserta yang mengikuti pelatihan hanya 45 orang lulus dan bisa mengikuti uji komptensi sedangkan 5 orang lainnya dinyatakan belum bisa mengikuti. “Jadi yang sudah lulus saya harapkan tidak cepat berpuas diri, terus tingkatkan kemampuan dan jangan berhenti berlatih” tutupnya.

Baca Juga:  Ngaben Massal Desa Adat Karangsari, Jadi Daya Tarik Wisata

Disisi lain, Kasi Sumber Daya Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Moch Adip menjelaskan selama enam hari kemarin peserta diberikan metode pembelajaran meliputi, teori kelas, demonstrasi, diskusi dan Praktek Lapangan. Peserta yang mampu menyelesaikan 72 Jam Pelajaran (JP) dinyatakan lulus dan dapat mengikuti uji kompetensi. BWN-04

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung