PKM UnWar 2024 Lakukan Penataan Kawasan Rawan Longsor di Desa Catur Kintamani

Catur, baliwakenews.com

Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Warmadewa (PKM UnWar) tahun 2024, melakukan penataan kawasan rawan longsor melalui perencanaan dinding penahan tanah (senderan) di Desa Catur, Kintamani Kabupaten Bangli, beberapa waktu lalu.

Ketua PKM, Dr. Ni Komang Ayu Agustini, S.T.,M.Eng., memaparkan Desa Catur merupakan salah satu desa yang berada diujung barat Kecamatan Kintamani dan berbatasan dengan Kabupaten Badung di sebelah selatan serta Kabupaten Buleleng di bagian Barat.

“Desa Catur masuk ke dalam potensi gerakan tanah menengah tinggi sehingga sangat berpotensi mengalami bencana tanah longsor,” ungkapnys dosen Program Studi Teknik Sipil Universitas Warmadewa tersebut.

Baca Juga:  Bahasa Kiasan dalam Album Berjudul "The Bangerz" oleh Miley Cyrus yang Menggugah Perhatian

Dikatakan, pada awal 2024 telah terjadi longsor di salah satu rumah penduduk dan menyebabkan kerugian materiil.

Dalam pelaksanaan PKM Tahun 2024, Tim UnWar melakukan penataan kawasan rawan longsor. Tim bersama Perbekel Desa Catur, I Wayan Sukarata, melaksanakan diskusi tahap awal terkait kronologi kejadian longsor dan lokasi penataan kawasan melalui perencanaan dinding penahan tanah.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Buka Acara Pencanangan Germas dan Pengabdian Masyarakat

“Salah satu tahapan dalam penatan kawasan longsor di Desa Catur ialah melakukan pengambilan dan pengujian sampel tanah. Hal ini digunakan sebagai data awal dalam merencanakan dinding penahan tanah,” ungkap Ayu Agustini.

Selanjutnya analisis struktur akan dilakukan oleh Tim PKM untuk memastikan kondisi dan dimensi dari dinding penahan tanah. Berdasarkan diskusi di Kantor Desa Catur dengan Perbekel Desa, senderan akan direncanakan sepanjang 129 m dengan variasi kedalaman dari 3 meter hingga 12 meter, yang mana luas urugan mencapai 965, 764 m2.

Baca Juga:  Wujudkan Kemandirian Pangan Di Era 'New Normal'

Perbekel Desa Catur, I Wayan Sukarata menjelaskan dengan adanya program pengabdian ini sangat menfasilitasi kebutuhan desa terkait proses pembuatan proposal pengajuan dana ke pemerintah Kabupaten Bangli.

“Kami merasa sangat terbantu karena proposal yang dibuat oleh tim PKM UnWar lengkap dengan data gambar dan rincian anggaran biaya dari perencanaan senderan,” pungkasnya. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung