web analytics

Cegah Abrasi, Pembangunan Proyek Pengaman Ruas Pantai di Gilimanuk dan Selemadeg 37,387 persen Berjalan

Jembrana, baliwakenews.com

Mencegah abrasi pantai dan melindungi rumah penduduk dari ganasnya gerusan ombak, Pemerintah membangun prasarana pengamanan ruas pantai. Proyek yang dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Bali_Penida ini berupa konstruksi revetment Gilimanuk Kabupaten Jembrana dan Selemadeg Kabupaten Tabanan.

BWS Bali-Penida menunjuk PT. Witada Bangun Gemilang untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan kontrak kerja. Dimana proyek pengamanan ruas pantai konstruksi revetment dengan Panjang Gilimanuk : 1.048 M’, Candi Kusuma : 800 M’, Delod Berawah : 750 M’, Soka : 254 M’ sehingga panjang keseluruhan 2.852 M.

Manager Project PT. Witada Bangun Gemilang, I Gede Arthana Putra, ST. yang akrab disapa Yan De, mengatakan pekerjaan sudah masuk minggu ke 14 Periode 20 Juni 2022 – 26 Juni 2022, progresnya mencapai 37,387 persen dari rencana 23,305 persen, dan Deviasi 14,387 persen dengan rincian ruas Soka 30 m, ruas Delod Berawah 376 m, ruas Candi Kusuma 690 m dan ruas Gilimanuk 50 m’.

Baca Juga:  Terseret Arus Saat Mancing di Pantai Candikusuma Korban Belum Ditemukan

“Capaian Ini semua karena berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, mulai dari tenaga kerja dan semua stake holder. Progres sudah mencapai total panjang 1146m, kami harus memperhatikan keselamatan para pekerja dan kwalitas bangunan sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP), ” tutur Yan De.

Lebih lanjut dikatakan, terkait keselamatan bagi para pekerja dilapangan, pekerja wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti sepatu, rompi dan helm. Karena Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) itu wajib dan menjadi prioritas. “K3 ini fungsinya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan yang mengakibatkan kecelakaan kerja,” tandasnya.

PT. Witada Bangun Gemilang sebelumnya sudah melakukan sosialisasi dan mempersiapkan segala sesuatunya. Persiapan tersebut seperti kantor Direksiket sebagai pusat informasi, papan informasi, rambu – rambu dan lain sebagainya. Bahkan sosialisasi dilakukan dirumah jabatan Bupati yang dihadiri oleh Company steak holder dengan tindak lanjut masing- masing kepala desa. “Khusus daerah Gilimanuk, meminta sosialisasi lanjutan karena disitu ada lingkungan yang terdampak atau terkena area proyek, ” ungkap Yan De.

Baca Juga:  Dua Nelayan Dihantam Ombak, Satu Orang Masih Dalam Pencarian

Yan De, memaparkan pada 5 April 2022 dilakukan sosialisasi kembali untuk menindaklanjuti sosialisasi di rumah jabatan Bupati. Sosialisasi ini digelar di Gedung Musium Purbakala kelurahan Gilmanuk, yang dihadiri Camat Mendoyo, Lurah Gilimanuk, serta 4 Kepala Lingkungan kelurahan Gilimanuk yang terdampak areal proyek pekerjaan. Masing- masing diwakili 10 orang dilingkungan tersebut sesuai kapasitas dan kapabilitas dari keluarga tersebut.

Menanggapi adanya informasi pekerja yang tidak mengenakan APD, Yan De mengatakan bukannya tidak mengenakan APD. Namun waktu itu pekerja habis istirahat dan lalai helmnya tidak dipakai tapi kalau rompi dan sepatu tetap pakai.

Baca Juga:  Bocah 11 Tahun Hilang Terseret Arus Pantai Air Kuning

“Memang tidak ada unsur kesengajaan dan tidak benar kalau dikatakan proyek ini tidak ada papan informasi dan sebagainya, semuanya yang menjadi kewajiban sudah kami penuhi,” tegas Yan De sembari mengatakan semua informasi tersusun di base camp.

“Ke depan jika ada sesuatu yang perlu didiskusikan sesuai dengan kesepahaman sebaiknya didiskusikan di base camp kami. Kami harapkan dari masyarakat khusunya di Gilimanuk maupun masyarakat Bali pada umumnya, ini tugas kita bersama untuk kita bersama. Kita laksanakan dan kerjakan sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas masing masing,” pungkasnya. *BWN-03

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -DJP Online Imlek DPRD Badung HUT PDIP Parwata HUT PDIP HUT Mangupura DPRD Natal DPRD Badung Natal PDAM Badung Galungan DPRD Badung Galungan PDAM Badung DPRD Provinsi Bali Galungan Sudirta Galungan BWN
Iklan Unwar Iklan Advaita
%d blogger menyukai ini: