web analytics

Yudisium I tahun 2022 Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata UNHI, Cetak 319 Lulusan

Denpasar, baliwakenews.com

Fakultas Ekonomi, Bisnis dan Pariwisata Universitas Hindu Indonesia (FEBP UNHI), Senin 18 April 2022, menggelar Yudisium I tahun 2022, di Sanur Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar. Dekan FEBP UNHI, Dr. Yudi Wijaya, SE. MSi., mengatakan ini yudisium offline pertama yang dilakukan dalam masa pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dikatakan selama pandemi, sebelumnya beberapa kali yudisium dilaksanakan secara online akibat pembatasan kegiatan masyarakat. ” Ini yudisium pertama secara offline dan pertama kalinya kami meyudisium magister manajemen, ada 2 orang. Mudah – mudahan periode berikutnya bisa meyudisium lebih banyak lagi magister manajemen. Ini sebagai bukti bahwa institusi kita sudah dipercaya oleh masyarakat dan kredibilitas dalam dunia akademik, ” ucap Dekan FEBP UNHI, Dr. Yudi Wijaya, SE. MSi.

Lebih lanjut dikatakan, di Fakultas ekonomi setiap tahun ada dua periode yudisium, ini periode pertama tahun 2022. Yudisium berasal dari bahasa latin yang memiliki makna penegasan kembali kelulusan dan dinyatakan syah telah lulus dan berhak menggunakan gelap sarjana dan magister.

Baca Juga:  Tertib Laksanakan PPKM Darurat, Pulihkan Perekonomian Bali

“Setelah yudisium merupakan tahap awal proses perjuangan. Kami berharap wisudawan, wisudawati tidak berhenti sampai disini karena diluar sana ada tantangan lebih besar yang harus dilakukan. Kondisi sekarang pandemi Covid-19 memaksa kita introspeksi diri, bahwa segala hal tidak mungkin tidak akan terjadi, jadi untuk bisa bertahan harus sustainable/ berkelanjutan maka harus inovatif melakukan inovasi, ” tandasnya.

Yudi juga menegaskan, jangan berharap akan diterima bekerja karena pembatasan ekonomi saat ini banyak perusahaan tutup. ” Jadi apa yang harus dilakukan untuk sustainable? ya berinovasi,” tukasnya.

Dengan perkembangan teknologi sekarang hal yang tidak mungkin, bisa dilakukan. Ini keunggulan yang bisa dilakukan. Pendidikan yang diperoleh selama di bangku kuliah membuat yudisiawan dapat berfikir kritis, punya idealisme, punya keyakinan dalam menjalani atau melakoni kehidupan.

Baca Juga:  Forkopimda Denpasar Antisipasi Kelangkaan Minyak Goreng Curah

“Pesan saya, kecerdasan itu hal yang penting tapi keyakinan, keuletan dan idealisme adalah kunci kesuksesan. Jadi pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi mereka yang tidak pernah menyerah terhadap berbagai tantangan, ” pesan Yudi, sembari mengingatkan agar jangan sampai lupa sama ‘kawitan’, almamater dan turut promosikan FEBP UNHI.

Wakil Dekan FEBP UNHI, I Wayan Sudiana, S.E., M.Si., Ak., CA., menyampaikan pada kesempatan tersebut di yudisium 319 orang, 193 dari Prodi S1 Manajemen, 124 orang S1 Akuntansi, dan 2 orang Magister Manajemen.Yang membanggakan 139 orang meraih predikat cumlaude atau hampir 50%. 39 orang dari Prodi Akuntansi, 100 orang dari Prodi Manajemen.

Untuk mengembangkan pendidikan di FEBP UNHI, lanjut Sudiana, FEBP UNHI memiliki 52 dosen yaitu 6 lektor kepala, 18 lektor, 25 asisten ahli, dan 3 orang tanpa jabatan fungsional. Sementara dari jenjang pendidikan 38 dosen lulusan magister dan 14 doktoral, sejumlah dosen juga tengah melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Baca Juga:  Kantor Samsat Terbakar, Sejumlah BPKB Kendaraan Hangus Dilalap Api

“Kami di UNHI meskipun merupakan kampus berbasis Hindu namun juga menjunjung keberagaman sehingga ada mahasiswa non Hindu seperti Islam, Protestan, Khatolik dan mahasiswa beragama Budha, ” ungkapnya.

Lulusan terbaik pada yudisium kali ini dari Prodi Magister Manajemen diraih, I Komang Dwi Yasa, SE., MM., IPK 3,89 predikat cumlaude. Prodi S1 Manajemen diraih Ni Wayan Aprianti, SM., IPK 3,84 predikat cumlaude dan Prodi S1 Akuntansi diraih I Gusti Ayu Agung Aistawani, S. Ak. , dengan IPK 3,78 predikat cumlaude.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada dosen berprestasi baik tingkat nasional dan internasional. *BWN-03

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -
%d blogger menyukai ini: