Sebut Berikan Dampak Positif, Tokoh Puri se-Bali Dukung Pembangunan Bandara di Buleleng

Sejumlah pengelingsir Puri Agung se-Bali mendukung pembangunan bandara di Buleleng. Mereka menilai, adanya bandara di Bali utara akan mampu memeratakan pembangunan dan kesejahteraan di pulau dewata.

Selain pengelisir puri dan sejumlah perbekel di Kabupaten Buleleng, Dirut PT Bibu Panji Sakti, Irwan Irwanto, selaku penggagas bandara juga hadir dalam pertemuan di Puri Agung Blahbatuh, Gianyar, Selasa (21/5).

Menurut Pengelingsir Puri Agung Buleleng, Anak Agung Ngurah Ugrasena, hampir seluruh masyarakat Buleleng mendukung pembangunan bandara tersebut. “Bandara ini akan dibangun di atas laut. Bukan di darat. Jadi lingkungan dan daratan di Buleleng akan terjaga,” ujarnya.

Tak hanya Anak Agung Ngurah Ugrasena, para tokoh puri yang hadir, Pengelingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Semara Putra, Puri Agung Peliatan, Ida Cokorda Gde Putra Nindya, Puri Agung Blahbatuh, Anak Agung Ngurah Kakarsana, Puri Anyar Kerambitan, Anak Agung Ngurah Bagus Erawan, Puri Anom Tabanan, Anak Agung Ngurah Panji Astika dan Puri Anyar Tabanan, Anak Agung Ngurah Agung Juliartawa. “Agar segera terwujudnya bandara di Bali Utara, kami akan meminta restu secara niskala. Yakni menedunkan (turun) pusaka Raja Buleleng dan Blahbatuh, mendampingi Tapel Gajah Mada, di Pura Penyusuhan, Kubu Tambahan, Buleleng,” bebernya.

Baca Juga:  Bentrokan Antar Pemuda Asal Sumba di Mengwi Dipicu Rebutan Wanita

Sementara Ketua atau Penglingsir Agung Paiketan Puri-puri Sejebag Bali, Ida Dalem Smara Putra, yang juga tokoh Puri Klungkung menilai, keberadaan Bandara Bali Utara sangat ditunggu-tunggu. Sebab akan memeratakan perputaran ekonomi di Bali. “Seperti kita ketahui, pembangunan Bali sangat pesat. Tapi baru hanya terjadi di Bali tengah ke selatan. Maka dengan adanya Bandara Bali Utara, maka ada jalan untuk kemajuan dan perkembangan Bali Utara, yang akan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Tawur Balik Sumpah Pura Dalem Suargan Bongkasa

Sedangkan terkait rencana dan kepastian pembangunan bandara di Buleleng, Irwan Irwanto mengatakan, secara administratif dan politis, bandara Bali Utara mestinya sudah selesai. Sebab, beberapa petinggi negeri sudah mendatangi, dan mengatakan bahwa bandara Bali Utara merupakan sebuah kebutuhan.

“Dua pekan lalu saya dapat info dari hampir seluruh kementerian terkait bahwa Bandara Bali Utara akan segera dibangun. Kami sebagai pemrakarsa yang didukung penuh masyarakat, sudah mulai untuk bersiap-siap. Target kami di tahun 2026 bandara sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Baca Juga:  Enam Peserta Kelompok Remaja Meriahkan Lomba Baleganjur di Puspem Badung

Hanya saja, Irwan belum bisa memastikan kapan akan dimulainya proyek dengan anggaran dana sebesar Rp 50 triliun itu. “Kami ingin secepatnya. Tentunya target penyelesainnya untuk satu run way selama 18 bulan. Bandara ini akan dibangun secara keseluruhan di atas laut. Dan luasnya sekitar 900 hektar. Rencana pembangunan sudah dititik akhir. Jadi tinggal digarap saja,” tegasnya. BWN-01

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung