Prodi MRIL PPs Unwar Tingkatkan Kualitas Digitalisasi Teknologi Konstruksi

Prodi MRIL PPs Unwar gelar Pelatihan Teknologi 5D BIM Cubicost

Mangupura, baliwakenews.com

Meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang digitalisasi teknologi konstruksi, Program Studi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan (Prodi MRIL) Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (PPs Unwar) , Fak Teknik dan Perencanaan (FTP) bekerjasama dengan Warmadewa College (Wacol) dan PT. Glodon Indonesia menyelenggarakan Pelatihan Teknologi 5D Building Information Model (BIM) Cubicost di The Westin Resort Nusa Dua Bali yang berlangsung Rabu-Kamis/ 3-4 Maret 2021.

Pelatihan menghadirkan narasumber Ir. I Dewa Gede Putra Hartawan (Dinas PUPR Kabupaten Gianyar) dengan materi Aplikasi Penerapan BIM pada sisi kebutuhan Owner/ pemilik proyek. I Made Budiatmika, S.T. (PT Tunas Jaya Sanur) dengan materi Aplikasi Penerapan BIM pada sisi pelaksana proyek / kontraktor. Trainer PT Glodon Indonesia dengan materi Cubicost TAS (Estimasi Kuantitas Untuk Arsitektur-Struktur) dan Cubicost TRB (Estimasi Kuantitas Untuk Pembesian).

Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata, M.T., IPM., mengatakan dari pihak Warmadewa sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Prodi MRIL PPs Unwar yang bekerjasama dengan PT Glodon Indonesia dan Warmadewa College dalam rangka meningkatkan kualitas peserta yang ikut dalam pelatihan digitalisasi teknologi konstruksi.

“Harapannya kedepan bagaimana digitalisasi ini, kualitas konstruksi serta proses dalam disain khusus dalam pelaksanaan nantinya semakin baik dan terpercaya dalam membangun konstruksi-konstruksi di Indonesia secara efektif, efisien untuk mewujudkan ‘green construction’ dan ‘lean construction’ sehingga mampu bersaing secara global,” ucap Parwata.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali yang diwakili oleh Sekretaris Ir. I Ketut Sugihantara, M.SA., mengatakan bahwa sesuai yang direncanakan oleh jajaran di Prodi MRIl PPs Unwar, maka Yayasan sebagai penyelenggara pendidikan tinggi tentu sangat mendukung kaitannya dengan pengembangan kelembagaan. Dimana visi misi Unwar adalah go global, tentu untuk mencapai go global ini dilakukan secara bertahap hampir setiap enam bulan Unwar melakukan kegiatan-kegiatan untuk menuju go global pada tahun 2034. Dari tahapan-tahapan tersebut salah satunya adalah seperti kegiatan yang dilaksanakan saat ini yaitu menjadi pihak terdepan pada digitalisasi konstruksi .

“Kegiatan hari ini merupakan pelatihan konstruksi menggunakan atau berbasis digital. Diharapkan lain dari kegiatan ini, bisa menjadi pelopor dan pusat latihan di Bali yang berkaitan dengan penggunaan digitalisasi untuk bidang konstruksi,” katanya.

PT. Glodon Technical Indonesia, Bonny Reinhard, mengatakan pada kesempatan ini pihaknya bekerjasama dengan Unwar dan Warmadewa College menggelar pelatihan 5D BIM. Kegiatan ini dilakukan untuk implementasi 5D BIM adalah yang paling luas.

Bali, jika dibandingkan dengan kawasan lainnya kecuali Jabodetabek dikatakan memiliki awareness yang paling luas baik itu dari kontraktor maupun konsultan perencana yang paling lengkap di Bali. Dan jika dari stastikik yang pihaknya miliki untuk awareness sertifikasi paling tinggi adalah Bali.

“Bahkan di ibukota sendiri melihat BIM itu sebagai sebuah regulasi pemerintahan, tetapi mereka bukan hanya memilik sertifikat webinar’,tapi mereka langsung menggunakannya. Sedangkan di Bali tidak, kita paham bahwa sertifikasi adalah kompetensi. Oleh karena itu kemuadian ada tawaran dari Unwar bagaimana jika kita berkolaborasi untuk membangun kompetensi di kawasan Bali, dan kita sangat menyambut dengan baik”, ungkap Bonny.

Ia berharapannya dengan Warmadewa bisa membangun Bali secara lebih komprehensif karena BIM ini merupakan teknologi baru yang perlu dibangun secara lebih mendalam baik dari sisi edukasi maupun dari pengembangan industrinya sendiri.

Selanjutnya Wacol akan menjadi pusat latihan BIM di Bali. Terkait tenaga pengajar akan di bantu dari dosen di MRIL , FTP dan kerjasama dengan fraktisi.

Pada kesempatan tersebut dilakukan Penandatanganan MoU antara Unwar dengan PT Glodon Indonesia, Penandatanganan MoU antara Unwar dengan PT Tunas Jaya Sanur, Penandatanganan MoU antara Unwar dengan PT Wisma Kharma, Penandatanganan MoU antara Wacol dengan PT Glodon, Penandatanganan KSO antara PPs Unwar dengan PT Glodon Indonesia, Penandatanganan KSO antara PPs Unwar dengan PT Tunas Jaya Sanur / kontraktor , Penandatanganan KSO antara PPs Unwar dengan PT Wisma Kharma/ konsultan, dan Penandatanganan KSO antara PPs Unwar dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Gianyar. Kemudian dilanjutkan dengan acara Pelatihan yang diikuti oleh 57 peserta dari kalangan kontraktor, konsultan dan pemerintahan.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: