Muscab Pertuni Buleleng , Tetap Semangat Berkarya dan Berprestasi Demi Kemajuan Daerah

Singaraja, baliwakenews.com

Penyandang disabilitas di Kabupaten Buleleng  termasuk anggota Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) sudah menunjukan prestasinya pada berbagai bidang. Hal tersebut disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Buleleng, Made Rousmini dalam sambutannya saat membuka acara Musyawarah Cabang IV Pertuni Kabupaten Buleleng, di Wantilan Praja Winangun Kantor Bupati Buleleng, Kamis 15 Juni 2023.

Dikatakan prestasi yang membanggakan di bidang olah raga anggota Pertuni Buleleng sudah bisa mendulang medali emas, perak dan perunggu untuk cabang Atletik di ajang kompetisi olah raga nasional khusus penyandang disabilitas yakni Pekan Paralimpic Games Tahun 2022 di Provinsi Papua. Sementara di bidang seni seperti seni budaya geguntangan dan seni musik  rindik.

Baca Juga:  Fashion Show Tenun dan Endek Karya  Desainer Lokal Meriahkan IKM Bali Bangkit 

“Hal ini membuktikan menjadi penyandang disabilitas bukan halangan untuk berprestasi. Untuk itu saya berpesan agar anggota Pertuni tetap semangat, berkarya dan berprestasi demi kemajuan Buleleng,” ucapnya.

Rousmini menerangkan bahwasannya Pertuni berdiri sejak tahun 1966, merupakan organisasi kemasyarakatan tuna netra yang berfungsi sebagai wadah konsultatif, pembinaan dan penyalur aspirasi tuna netra. Sebagai salah satu organisasi disabilitas khususnya disabilitas netra, Pertuni selama ini telah berperan aktif dalam upaya perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas khususnya disabilitas netra.

Sebagai bentuk perhatian dari Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan kesejahteraan anggota Pertuni diantaranya  peningkatan sumber daya manusia melalui pelatihan vokasional spa/massage, kursus bahasa Inggris, braille, bantuan aksesibilitas seperti tongkat netra, hp berbicara. bantuan pemenuhan kebutuhan dasar sembako, program PKH, bantuan jaminan kesehatan melalui KIS PBI.

Baca Juga:  PGPAUD STAHN Mpu Kuturan Singaraja Gelar Lomba Fashion Show Secara Virtual

“Ini adalah bentuk perhatian kami dalam upaya  melindungi harkat  dan martabat  penyandang disabilitas sebagai bagian dari masyarakat  Kabupaten Buleleng,” imbuhnya.

Melalui Muscab ke- IV 2023 ini, akan dibahas kebutuhan anggota Pertuni yang sifatnya mendasar seperti peningkatan pendidikan dasar untuk anggota, pelatihan kemampuan mengakses informasi dan komunikasi, serta peningkatan pengetahuan dan keterampilan usaha ekonomi produktif dalam upaya kemandirian anggota Pertuni.

Sementara itu, Ketua Panitia Muscab IV Pertuni Kabupaten Buleleng Gusti Ngurah ambara mengatakan kegiatan Muscab IV Pertuni Buleleng ini diawali dengan dibentuknya panitia Muscab pada tanggal 12 April Tahun 2023, oleh Ketua DPC Pertuni Buleleng yang bertempat di gedung sekretariat Pertuni, Gedung Loka Bina Karya, Desa Kaliasem.  Semenjak itulah panitia mulai bekerja diantaranya melakukan audiensi kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buleleng dan Ketua DPRD Buleleng.

Baca Juga:  Kapolres Buleleng Bersama Ketua Bhayangkari Pantau Vaksinasi Dan Serahkan Bantuan Sosial Sampai Kepedesaan

Pada kesempatan ini, Ngurah Ambara mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Sosial dan pemerintah daerah karena telah banyak penyandang disabilitas anggota Pertuni Buleleng dibantu baik berupa pelatihan keterampilan pijat/massage, barista, alat bantu orientasi medan bicara.

Untuk diketahui, kegiatan Muscab IV Pertuni Kabupaten Buleleng akan kembali melantik kepengurusan baru periode 2023-2028. Hasilnya akan diputuskan setelah musyawarah dan sidang bersama panitia dan keanggotaan Pertuni Kabupaten Buleleng. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM