Ciptakan Tertib Hukum dan Sosial, Sudirta Dorong Peran Masyarakat

Denpasar, baliwakenews.com

Anggota Komisi III DPR RI, Wayan Sudirta, SH., MH., mendorong Polresta Denpasar meningkatkan pemahaman, pemanfaatan instrument dan pranata sosial lokal.

Hal itu dicetuskan Wayan Sudirta saat bicara di hadapan 517 Polisi Banjar/RW yang mengikuti pelatihan teknis kepolisian masyarakat, Kamis 5 Mei 2023 di Gedung Lembah Fujian, Denpasar Utara.

Pemanfaatan pranata sosial lokal, lebih lanjut dikatakan Sudirta, mulai dari bersinergi dengan para Pecalang Desa Adat di wilayah tugas Polresta Denpasar. Dia mengatakan, pecalang merupakan pengamanan sosial berbasis desa adat yang sudah merupakan warisan organisasi tradisional peninggalan nenek moyang orang Bali.

Baca Juga:  Elemen Verbal Dan Visual Yang Ditemukan Dalam Iklan JCO Donat & Kopi

“Pemanfaatan dukungan masyarakat ini sangat penting, selain sinergi Polri dengan TNI, Kementerian/Lembaga lain di wilayah, serta seluruh pemangku negara lainnya, ” tandas Sudirta.

Sudirta juga memberikan arahan jika peran Bhabinkamtibmas yang esensial sangat diapresiasi oleh Kapolri. Karena itu Polruli bertransformasi dengan mengembangkan Polisi RW dan nanjar dengan tujuan menempatkan polisi dari berbagai fungsi di masyarakat atau tingkat RW sesuai alamat tinggal para personil.

Baca Juga:  Akses Melasti dan Melaut Ditutup, Nelayan ‘’Mesadu’’ ke Anggota Dewan 

“Harapan saya tetap jaga semangat anda, jangan kecilkan peran Polri karena Polri adalah sebuah organisasi yang besar. Polri bisa seperti ini karena dukungan masyarakat karena itu jangan lupakan masyarakat,” pungkas Wayan Sudirta.

Pelatihan teknis kepolisian masyarakat, dibuka dengan sambutan Kapolresta Denpasar, Kombes Bambang Yugo Pamungkas, SIK, SH, M.Si.

Menurut Bambang, pihaknya menggelar pelatihan Polisi RW atau banjar yang nantinya, bersinergi dengan elemen masyarakat melaksanakan early morning dan early detection.

Baca Juga:  Pidato Kepresidenan, Sudirta Konsen pada Keberlanjutan dan Strategi Menata Regulasi

“Selain itu pelatihan ini juga berperan dalam problem solving yaitu mengatasi konflik masalah sedini mungkin. Termasuk mengoptimalkan dan mengefektifkan peran Polri baik Preemtif dan Preventif, melalui pelatihan ini kita harap mereka siap melaksanakan tugas sehingga ke depan bisa menjadi polisi yang lebih bermanfaat dimasyarakat,” papar Kapolresta. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM