Alumni SMA Negeri 3 Denpasar Bentuk Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi, I Ketut Meniarta, SSTP. MSi., ( Tengah), Ketua Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri, Cokorda Istri Mirah, SE.,MAP., ( baju hijau), Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H ( nomor 2 dari kanan)

Denpasar, baliwakenews.com

Ingin berbuat sesuatu untuk almamater tercinta SMA Negeri 3 Denpasar, para alumni membentuk Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri. Koperasi yang bergerak di bidang pemasaran ini juga ditujukan untuk membantu anggotanya yang sebagian besar bergerak di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM).

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali,
I Ketut Meniarta, SSTP. MSi., saat menghadiri rapat anggota pendiri pembentukan Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri, Kamis, 11 Februari 2021, di Aula SMA Negeri 3 Denpasar mengatakan Dinas Koperasi Provinsi Bali sangat mendukung pembentukan Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri tersebut.

“Kami menyambut baik karena Pemerintah Provinsi Bali sangat mendorong terbentuknya koperasi sektor riil. Dan koperasi ini rencananya adalah koperasi pemasaran untuk produk – produk UMKM yang dimiliki anggotanya, itu hal yang sangat bagus,” ucap Meniarta usai acara.

Dikatakan, sesuai dengan visi Kementerian Koperasi dan UKM, bahwa koperasi adalah rumah besarnya UMKM. “Jadi para UMKM itu berkumpul membentuk suatu wadah koperasi. Jadi dengan mereka berkumpul dalam satu wadah maka sumber daya potensi yang dimiliki juga sangat besar, dibandingkan bila hanya sendiri. Dengan demikian akan memiliki ‘bargain’ yang besar pula,” tukasnya.

Selain itu dengan bergabung dalam koperasi maka, UMKM akan memiliki jaringan yang lebih luas sehingga peluang pasar UMKM akan lebih luas lagi. “Kalau pasar lebih luas, otomatis akan meningkatkan kesejahteraan dari UMKM tersebut,” tandasnya.

Kepala SMA Negeri 3 Denpasar, Drs. Ida Bagus Sudirga, M.Pd.H., mengatakan sangat mendukung pembentukan Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri. “Di SMA Negeri 3 Denpasar ini ada Yayasan Katrisma yang ingin mengembangkan kegiatannya melalui koperasi pemasaran. Ini bagus sekali untuk mengembangkan kewirausahaan, nanti tentunya akan berdampak juga pada anak-anak peserta didik di sini,” ucap Bagus Sudirga.

Untuk itu ia berharap kepada pengurus koperasi agar terus mengembangkan koperasi sesuai dengan apa yang menjadi komitmen bersama. “Semoga kedepannya koperasi yang baru berdiri ini bisa berkembang dan memasarkan produk UMKM. Tentunya semakin maju dari tahun ke tahun dan meningkatkan sinergitas dengan sekolah, sehingga kontribusinya juga dirasakan untuk membantu program – program yang ada di sekolah,” tandasnya.

Sementara Ketua Koperasi Perempuan Katrisma Mandiri, Cokorda Istri Mirah, SE.,MAP., yang terpilih secara aklamasi mengatakan koperasi dilatar belakangi oleh keinginan untuk membantu Yayasan Katrisma dan keinginan untuk berbuat sesuatu untuk almamater. “Kami melihat ternyata banyak alumni SMA Negeri 3 Denpasar yang memiliki UMKM, sehingga muncul ide membuat koperasi pemasaran. Jadi sekalian reuni, kami juga melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk kemajuan usaha masing-masing,” tutur Cok Mirah.

Dikatakan pembentukan koperasi mendapat respon positif dari para alumni. Meski demikian diakui masih perlu dilakukan sosialisasi lebih lanjut, sehingga akan lebih banyak alumni yang bergabung. “Yang jelas dukungan dari pihak sekolah sangat luar biasa. Kami akan terus sosialisasi melalui media sosial,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan pembentukan koperasi perempuan ini, mengingat kaum perempuan memiliki peran besar dalam perekonomian keluarga.

“Karena ini koperasi pemasaran, jadi kami lebih banyak membantu mempromosikan produk UMKM. Kami juga akan lakukan pendampingan dan pelatihan, serta terkait persoalan modal kerja kami akan bersinergi dengan koperasi lain termasuk Koperasi Bali Satya Madani,” pungkas wanita yang saat ini menjabat Wakil Ketua Umum Bidang Koperasi, UMKM dan Pemberdayaan Perempuan.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: