Wisuda Unwar Ke-74 Periode I 2024, Lepas 256 Wisudawan Berdaya Saing Internasional

Denpasar, baliwakenews.com

Universitas Warmadewa (Unwar) akan menggelar upacara wisuda ke-74 Periode I Tahun 2024, Sabtu 27 Januari 2024, di areal kampus setempat. Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., melepas langsung 256 wisudawan.

Wisudawan yang dilepas terdiri dari 24 orang dari Fakultas Hukum, 179 orang dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 9 orang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2 orang dari Fakultas Sastra, 21 orang dari Fakultas Pertanian, 1 orang dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dan 19 oranf dari Fakultas Pascasarjana, serta 1 orang dari Fakultas Vokasi.

Berbeda dengan wisuda  tahun-tahun sebelumnya, wisudawan kali ini  akan menerima ijazah dan transkrip nilai berbasis digital serta  dicetak dalam bilingual (bahasa  Indonesia dan Inggris).  Selain itu, dalam rangka digitalisasi dan paperless, buku wisudawan juga saat ini dapat diakses  secara digital melalui website  resmi Unwar, warmadewa.ac.id.

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., saat konferensi pers yang berlangsung pada, Jumat 26 Januari 2024, didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Pengabdian Masyarakat, Dr. dr. Dewa Ayu Putri Sri Masyeni, Sp.PD-KPTI., Wakil Rektor Bidang SDM, Keuangan, dan Operasional, Dr. Putu Ngurah Suyatna Yasa, S.E., M.Si., dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Dr. I Nyoman Sujana, S.H., M.Hum., menjelaskan bahwa dengan ijazah dan transkip nilai yang dicetak dalam dua bahasa, nantinya diharapkan para alumni memiliki daya saing di dunia kerja.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Hadiri Temu Wirasa PKVHI Kabupaten Badung

“Ada keistimewaan dalam ijazah para wisudawan yang akan kami launching pada saat wisuda kali ini. Jadi, ada dua bahasa yang digunakan yakni Indonesia dan Inggris sehingga kami harapkan wisudawan atau alumni Unwar nantinya memiliki daya saing baik di tingkat nasional maupun internasional sesuai visi kami yakni menghasilkan lulusan yang berdaya saing,” ucap Prof. Pandit.

Lebih lanjut Prof. Pandit mengatakan dari hasil tracer studi terakhir yang dilakukan pada tahun 2023, untuk lulusan tahun 2021 telah mendapat pekerjaan 88,4% dengan masa tunggu lulusan 2,73 bulan, kesesuaian bidang kerja 85,60%. Diantara yang telah bekerja pada perusahan regional sebanyak 44,5%, nasional 54,5%, dan internasional 1%. Untuk kinerja lulusan pada beberapa instansi 99,80% berkinerja katagori sangat puas dan puas.

“Jumlah alumni sampai saat ini 41.962 orang, dan alumni ini merupakan aset yang harus dirangkul dan mempunyai potensi besar untuk diberdayakan agar berkontribusi untuk pengembangan Unwar,” ujar Prof. Pandit.

Untuk meningkatkan kualitas tata pamong dan tata kelola, setiap tahun dilakukan survey kepuasan layanan terhadap dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan pengguna lulusan. Hasil survey terakhir tahun 2023 ini didapatkan hasil sangat puas dan puas. Sepanjang tahun 2023, Unwar telah melakukan berbagai kerjasama dengan mitra di tingkat lokal, nasional, hingga internasional. Pada tingkat lokal telah terjalin 80 MoU dengan 104 jumlah kegiatan, dan ditingkat nasional terdapat 36 MoU dengan 67 jumlah kegiatan, sedangkan ditingkat Internasional memiliki 13 MoU dengan 32 jumlah kegiatan. Sehingga pada saat ini Unwar telah memiliki MoU dengan 129 mitra kerjasama baik didalam dan luar negeri, dengan total jumlah implementasi sebanyak 203 jenis kegiatan.

Baca Juga:  Pantai Matahari Terbit dan Pasar Intaran Sanur di Evaluasi

Selain itu, luaran bidang kemahasiswaan sepanjang tahun 2023 berhasil meraih prestasi akademik internasional sebanyak 35 prestasi, non-akademik sebanyak 13 prestasi, selanjutnya prestasi akademik nasional sebanyak 46 prestasi, dan non- akademik sebanyak 108 prestasi. Untuk meningkatkan prestasi kemahasiswaan ini telah difasilitasi dengan kelembagaan mahasiswa di tingkat rektorat ada 9 unitas, 31 unit organisasi kemahasiswaan, dan 7 forum kegiatan. Bidang kesejahteraan mahasiswa ada 239 orang mendapatkan beasiswa yang bersumber dari Kemdikbudristek, Medcom, Djarum, Gen BI, dan Yayasan.

Prof. Pandit mengungkapkan bahwa jumlah mahasiswa pada tahun akademik 2023/2024 sebanyak 11.982 orang dengan 38 mahasiswa asing penuh waktu, serta 56 jumlah mahasiswa asing paruh waktu dari 10 Negara (Austria, Denmark, France, Germany, Latvia, Netherlands, Norway, Russia, Sweden, Switzerland) melalui Warmadewa International Program Fakultas Sastra. Sebaran mahasiswa aktif dalam negeri berasal dari 33 Propinsi, 947 SMA/SMK, dan 5 agama.

“Ini menunjukkan aksesbilitas Universitas Warmadewa sangat luas secara nasional,” tukasnya.

Dari segi penjaminan mutu dan penguatan kelembagaan terus diupayakan terutama dalam akreditasi. Kondisi terkini akreditasi program studi di Unwar, yaitu terakreditasi Unggul dan A sebanyak 7 Prodi. Terakreditasi Baik Sekali sebanyak 5 prodi, terakreditasi B sebanyak 11 prodi, terakredasi Baik sebanyak 4 prodi, dan 1 prodi baru sedang mengusulkan akreditasi minimal. Sedangkan untuk akreditasi perguruan tinggi, Unwar sendiri terakreditasi Baik Sekali dan saat ini sedang akan mengajukan re-akreditasi menuju Akreditasi Unggul.

Baca Juga:  Kasus Doksing, Dua Saksi Dipanggil Ditreskrimsus Polda Bali

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan, orang tua dan keluarga, sembari mengucap syukur atas keberhasilan yang diraih. Ia berpesan agar para alumni memiliki karakter sapta bayu, critical thinking, cerdas, inovatif, solutif, dan profesional. Dengan keunggulan yang dimiliki ini, diharapkan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita.

“Kita yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya, kita mampu menjadikan Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat,” ujarnya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VIII, Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T., M.T, berharap agar para lulusan Unwar jangan berhenti belajar dan menyerap ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan pesat. Namun, harus terus meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuannya, sehingga mampu menjadi generasi muda penerus pembangunan dan pemegang estafet kepemimpinan untuk dapat menjadi pribadi-pribadi yang tangguh dan unggul. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung