Sikawan Mendapat Apresiasi Bupati Badung

APLIKASI-Sekwan Badung, I Gusti Agung Made Wardika bersama Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta saat mengikuti peluncuran aplikasi inovasi organisasi perangkat daerah di Kabupaten Badung.

Mangupura, baliwakenews.com

Sistem Informasi Fasilitasi Kinerja Dewan (Sikawan) yang dibangun oleh pihak sekertariat DPRD Badung dibawah komando Sekwan, I Gusti Agung Made Wardika mendapat apresiasi oleh Bupati Badung usai melakukan peluncuran  Aplikasi untuk inovasi di bidang pelayanan publik di Gedung Command Center Diskominfo Kabupaten Badung. Aplikasi Sikawan ini akan memudahkan tugas dewan serta sekertariat dalam  mendokumentasikan kegiatan serta tamu yang berkunjung ke DPRD Badung.

Bupati Giri Prasta menyampaikan terima kasih kepada Kepala OPD yang telah berinovasi yang mempermudah dan mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat. Ketika berbicara Badung Smart City maka semua desa yang ada di Badung akan menjadi Smart Village dan OPD harus bergerak bersama- sama dengan menggunakan teknologi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dan Dinas Kominfo akan menjadi leader pertama untuk memberikan semua akses baik fiber optik maupun servernya. “Semua akan menggunakan aplikasi sehingga persoalan yang ada di desa ini betul-betul Kepala OPD ini sebagai leader akan menggerakan sampai ke tingkat bawah, melaksanakan tugas ini dengan sistem yang dimiliki. Kita di Kominfo juga sudah memiliki bank data dan server. Aplikasi untuk fasilitasi dewan juga kami apresiasi aplikasi ini akan menjebantani aspirasi masyarakat dengan DPRD karena Pemerintah dan DPRD adalah satu untuk memberikan pelayanan masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya juga mengatakan proses pelayanan yang seperti inilah yang diinginkan oleh  Presiden Jokowi dengan 4.0 industrinya. Untuk mewujudkannya harus disiapkan SDM dan Start Upnya guna menyambut industri 4.0 ini. Dengan aplikasi yang dibuat oleh OPD ini, membuka dan berpeluang sekali untuk melaksanakan rintisan- rintisan usaha yang ada di desa maupun di banjar-banjar di Badung. “Kami meyakini semua aplikasi ini akan saling terintegrasi. Kominfo ini adalah rumah besarnya, karena Kominfo ini sudah memiliki fiber optik sepanjang 150 km dari ujung selatan Badung sampai dengan ujung utara Badung dan dibiayai menggunakan APBD, dengan kapasitas jaringan memadai dan mencukupi maka nanti kedepannya akan dijadikan sebuah program secara holistic yang terintegrasi dari semua lini dan satu komando,” ujarnya.

Sementara Sekwan Badung, I Gusti Agung Made Wardika, Rabu 8 September 2021 mengatakan, aplikasi Sikwan ada tiga fase pengembangan, yakni jangka pendek, jangkan menengah dan jangka panjang. “Aplikasi ini dapat di akses melalui dhasbord atau smartphone baik untuk melihat modul agenda terjadwal, modul kunjungan tamu  dan modul  absendi. Jadi setia rapat dewan tertentu kita gunakan modul amsensi digital ini. dan ini selaras dengan program pemerintah Kabupaten Badung yang merupakan kabupaten pintar yang berbasis digital,”paparnya. BWN-05

Baca Juga:  Ketua TP PKK Badung Pantau Vaksinasi Untuk Penyandang Disabilitas Di Kecamatan Kuta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: