PILMAPRES Universitas Warmadewa Tahun 2024, Mahasiswa FH Berhasil Meraih Peringkat I

Denpasar, baliwakenews.com

Universitas Warmadewa (warmadewa.ac.id) menggelar Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Warmadewa (PILMAPRES) Tahun 2024 di Ruang Sri Kesari Lantai 4 Rektorat Unwar, Kamis 4 April 2024.

Pemilihan ini diikuti oleh 7 peserta dari masing-masing Fakultas di Lingkungan Universitas Warmadewa yakni I Gusti Ayu Bhanumoti Devi Dasi dari Fakultas Hukum (FH), Ngurah Ade Satria Laksamana Ananta Prayoga dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Putu Khrisna Dharma Jaya dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK), Luh Tu Anggarayani dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Ni Putu Ayu Wijayanti dari Fakultas Pertanian (FP), Anak Agung Ngurah Parama Raspaki dari Fakultas Teknik dan Perencanaan (FTP) dan Kristiana Aurel Alua dari Fakultas Sastra (FS).

Ketua Panitia, Dr. I Made Aditya Mantara Putra, S.H., M.H, dalam laporannya menyampaikan PILMAPRES merupakan ajang kompetesi mahasiswa yang diselenggarakan secara nasional oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi disetiap tahunnya. Adapun penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi saat ini di evaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup yang diantaranya yaitu komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreatifitas serta karakter unggul lainnya.

“Tata cara pemilihan mahasiswa berprestasi dilakukan secara berjenjang, berprinsip kesetaraan antara Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, serta berasas keterwakilan wilayah yang diselenggarakan di lembaga layanan pendidikan tinggi di setiap wilayahnya,” ucapnya.

Baca Juga:  WIN Diresmikan, Wali kota Jaya Negara, Harapkan Kemajuan Ekonomi  

Selanjutnya, di Universitas Warmadewa seleksi telah dilakukan terhadap 7 mahasiswa dari jenjang sarjana yang merupakan peserta dari perwakilan masing-masing fakultas yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik dan Perencanaan dan Fakultas Sastra yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan umum dan persyaratan khusus sesuai dengan pedoman yang berlaku tahun 2024.

Seleksi PILMAPRES dikatakan telah dilaksanakan dalam beberapa tahapan yakni pengiriman berkas dari masing-masing fakultas, validasi berkas, penilaian berkas dan penilaian presentasi gagasan kreatif peserta.

“Keseluruhan tahapan penilaian tersebut dinilai oleh tim juri yakni para Wakil Dekan Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan di lingkungan Unwar didampingi oleh panitia pelaksana PILMAPRES,” ungkapnya.

Melalui pemilihan PILMAPRES ini ia berharap terpilihnya satu mahasiswa berprestasi yang bisa menghantarkan Universitas Warmadewa ke tingkat Nasional bahkan tingkat Internasional. “Kepada semua peserta PILMAPRES selamat berjuang, bagi yang belum mendapatkan juara nantinya agar tidak berkecil hati, teruslah menjunjung sportifitas. Ikutilah ajang bergengsi lainnya, tetap berterimakasih dan tetap berdedikasi terhadap Warmadewa”, ucapnya.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Aktivasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Badung

Rektor Unwar, Prof. Dr. Ir. I Gde Suranaya Pandit, MP., mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi lembaga Universitas dan bagi pribadi peserta PILMAPRES. Program ini tidak hanya akan diselenggarakan di tingkat universitas tetapi akan dilanjutkan di tingkat LLDikti Wilayah VIII, kemudian jika lolos di tingkat LLDikti Wilayah VIII akan masuk di tingkat Nasional.

Menurutnya, untuk bisa lolos sampai ditingkat Nasional peserta PILMAPRES perlu mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, tidak ada suatu keberhasilan yang tidak melalui sebuah persiapan. “Harapan kami mahasiswa yang akan lolos hari ini dari seleksi ditingkat universitas adalah mahasiswa yang akan siap bersaing di level LLDikti Wilayah VIII, dan jika mendapat juara 1 di tingkat LLDikti Wilayah VIII dan pasti akan dapat bersaing di tingkat Nasional,” tandasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menegaskan ingin menempatkan ajang prestasi kemahasiswaan ini menjadi ajang yang bergengsi di tingkat Universitas. Menurutnya dalam berkompetensi persoalan kalah atau menang itu urusan belakangan yang paling penting adalah harus berani tampil, performa itu penting maka penampilan itu hal pertama yang harus diperhatikan kemudian adalah cara bicara dan gagasan yang disampaikan.

Baca Juga:  Cabor Sepakbola Porprov Dipastikan Hanya Diikuti 7 Tim

“Saya berharap bapak ibu para Dekan kemudian Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama menjadikan kegiatan ini menjadi ajang yang bergengsi, biasakan berkompetisi yang positif, biasakan setiap ajang apapun jadi yang terbaik, biasakan persiapkan segala sesuatu secara serius, biasakan bahwa kita harus menang persoalan kalah itu adalah urusan belakangan, kita harus jadi petarung yang hebat,” tandasnya. Ia juga berharap semoga ini menjadi ajang yang bergengsi, sehingga dapat ditunggu-tunggu dan dihadiri oleh banyak orang.

Hasil penilaian Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Universitas Warmadewa Tahun 2024 menyatakan bahwa Peringkat I diraih oleh I Gusti Ayu Bhanumoti Devi Dasi dari Fakultas Hukum, Peringkat II diraih oleh Putu Khrisna Dharma Jaya dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan dan Peringkat III diraih oleh Ni Putu Ayu Wijayanti dari Fakultas Pertanian. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM