Peringati Hari Lahir Pancasila, PDIP Denpasar Gelar Upacara Bendera

Denpasar, Baliwakenews. com

Jajaran pengurus DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Denpasar, Senin (1/6), melaksanakan upacara bendera serangkaian memperingati hari Lahir Pancasila 1 Juni. Upacara yang dilaksanakan di halaman sekretariat DPC PDI Perjuangan, Renon, Denpasar, diikuti jajaran pengurus anak cabang (PAC), pengurus DPC PDI Perjuangan dan anggota Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar.

Menariknya upacara bendera yang menerapkan protokol kesehatan penangulangan Covid-19 ini, tampak didominasi warna merah. Pasalnya, seluruh peserta dan petugas upacara mengenakan baju merah, masker berwarna merah, serta berpakaian adat madya.

Baca Juga:  Jawaban Teco Cugurra Terkait Perkembangan Sepakbola Indonesia: Setuju VAR dan Harapan Stadion Mememuhi Standar

Ketua DPC PDIP Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, SH., selaku pembina upacara membacakan amanat Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri. Dalam amanatnya dikatakan, pada 1 Juni 1945 Bung Karno mengumandangkan sebuah pidato maha penting di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Pidato tersebut kemudian dirumuskan dalam alenia ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republ ik Indonesia tahun 1945 merupakan nilai-nilai Pancasila yang digali Bung Karno dari persada Indonesia.

Baca Juga:  Koster Buka Kejurnas Inkai Piala Gubernur Bali 2023 Sekaligus Mendapat Gelar Kehormatan VI DAN

Pidato itu maha penting bagi kita sebagai bangsa karena dua alasan mendasar. Pertama, Pancasila telah menjadi norma fundamen, filsafat, pikiran, jiwa serta hasrat yang sedalam-dalamnya untuk diatasnya didirikan gedung Indonesia merdeka yang kekal dan abadi. Dasar yang diperlukan sebagai syarat agar kita bisa mengklaim diri sebagai sebuah negra merdeka. Dalam kedudukan demikian, Pancasila telah menjadi roh yang membingbing arah perjuangan mencapai Indonesia yang merdeka dan berdaulat penih.

Kedua, Pancasila telah berfungsi sebagai alat efektif yang mempertautkan bangsa. Pancasila telah menjadi magnet yang memberikan alasan bagi kita untuk menerima kemajemukan sebagai anugrah.

Baca Juga:  Gelar Penyemprotan Disinfektan Desa Angin Puri Kangin Penyebaran Covid-19

Berkenaan dengan peringatan hari Lahir Pancasila, Megawati Soekarno Putri mengamanatkan pejuang-pejuang Panc asilais satukan hati, pikiran, ucapan dan tindakan ke dalam satu tarikan nafas perjuangan mewujudkan Pancasila. Jangan pernah tindakanmu mengkhianati ucapanmu. Jadikan gotong royong sebagai intisari Pancasila menjadi cara pikirmu, menjadi cara tuturmu, menjadi cara kerjamu dimanapun dan kapanpun. (BW-01)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM