Pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Klungkung, Pj Bupati Klungkung Harapkan Sinergitas Media Dalam Membangun Daerah

Klungkung, baliwakenews.com

Penjabat (Pj) Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menghadiri pelantikan pengurus PWI Kabupaten Klungkung, Senin 12 Februari 2024 di ruang rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung. Dikatakan, kehadiran media sangat diperlukan untuk menyampaikan informasi soal pembangunan di daerah.

Di era keterbukaan informasi dan perkembangan media sosial, media juga berperan untuk menangkis berita-berita bohong atau berita hoax dengan menampilkan kebenaran dan berita yang seimbang.

Dalam sambutannya Jendrika menyampaikan pada era keterbukaan informasi publik yang terjadi saat ini sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memberikan akses yang mudah dan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk memperoleh informasi yang diperlukan.

Karena itu, ia mengatakan perlu adanya sinergi antara media massa dengan pemerintah untuk membangun partisipasi produktif masyarakat dalam pembangunan. “Mari bersama-sama ikut membangun Klungkung untuk lebih baik,” ajak Jendrika.

Baca Juga:  Korban Terseret Ombak di Bias Tugel Ditemukan Meninggal

Lebih lanjut Jendrika menyampaikan pada era digitalisasi, perkembangan media sosial disamping berbagai manfaat positifnya, juga sebagian terdapat dampak negatif. Menurutnya perlu adanya peran media massa dalam hal ini dapat berfungsi sebagai klarifikasi terhadap penyebaran informasi yang tidak jelas sumber dan penanggungjawabnya.

“Selamat atas terbentuknya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Klungkung, semoga melalui wadah ini dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar anggota media, dapat meningkatkan hubungan kerjasama antar anggota media dan dapat lebih mendekatkan layanan pers kepada masyarakat serta dapat meningkatkan partisipasi dalam pembangunan Klungkung yang kondusif,” ujar I Nyoman Jendrika.

Baca Juga:  Tujuh Sekolah di Buleleng Sabet Penghargaan Nasional Bidang Lingkungan Hidup

Mantan auditor PPATK ini dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klungkung serta undangan lainnya menegaskan, media adalah mitra kerja pemerintah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat.

Ketua PWI Provinsi Bali, Wayan Dira Arsana pada kesempatan itu mengatakan, hadirnya kepengurusan PWI di Kabupaten Klungkung bisa menjadi wadah bagi pimpinan OPD di Klungkung untuk mensosialisasikan program kerja masing-masing.

Dira Arsana juga mengatakan, sinergi yang sudah terbangun selama ini antara Pemkab Klungkung dengan awak media, dapat menjadi salah satu modal dalam mengawal dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Klungkung.

“Karya jurnalistik yang dihasilkan teman teman wartawan itu sah secara hukum, karena dalam bekerja mereka diatur dengan kode etik, Undang-Undang Pers. Sedangkan media sosial hanya diikat oleh undang-undang ITE,” ungkap Dira Arsana.

Baca Juga:  Usai Bernyanyi Wanita Asal Karangasem Lompat ke Jurang

Sementara Ketua PWI Kabupaten Klungkung, I Nengah Arianta menyatakan, paska dilantik sebagai pengurus PWI Kabupaten Klungkung masa bhakti 2023-2026, punya tanggung jawab besar mewujudkan komitmen PWI menjaga keutuhan NKRI, mengawal jalannya demokrasi dan jalannya pembangunan khususnya di Kabupaten Klungkung.

“Mudah-mudahan kedepannya kami PWI Kabupaten Klungkung dapat memberikan kontribusi positif dalam mengawal jalannya pembangunan di Kabupaten Klungkung,” ucap Arianta.

Hadiri pula pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kabupaten Klungkung, Anak Agung Gde Anom serta salah seorang pengurus PWI Pusat IGMB Dwikora Putra. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung