Kolaborasi KemenkopUKM RI dan INBIS UNHI Pertemukan Start Up Dengan Investor Dalam Demo Day

Pemogan, baliwakenews.com

Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (KemenkopUKM) RI menjalin kolaborasi dengan Inkubator Bisnis Universitas Hindu Indonesia (INBIS UNHI) menggelar program peningkatan kapasitas startup tahun 2023. Setelah melalui proses selama 6 bulan 22 tenant INBIS UNHI yang mendapat pendampingan, pada Sabtu 16 September 2023 mengikuti demo day di Hotel Grand Mega, Jl. By Pas Ngurah Rai, Pemogan, Denpasar.

Demo day yang dibuka Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop Pentahelix Business Matching for Start Up Sustainable Grows UKM RI, Ir. Siti Azizah, MBA., bertajuk Pentahelix Business Matching for Start Up Sustainable Grows. Kegiatan menghadirkan sejumlah investor dari dalam dan luar negeri.

Siti Azizah mengatakan kegiatan hari ini sebetulnya masih rangkaian terakhir dari proses inkubasi untuk startup. “Jadi kita dari Kementerian Koperasi dan UKM punya satu program untuk menginkubasi para start up dimulai dari 5 bulan yang lalu. Mereka mulai asesment, teaching sampai kemudian juga mereka dikasih Coaching clinic, bootcamp dan beberapa kali mentoring sampai dengan hari ini, jadi hari ini sebetulnya rangkaian terakhir mereka nanti akan melakukan presentasi mengenai business plan,” ungkapnya.

Baca Juga:  Keroyok dan Rampok Tukang Ojek, Buruh Proyek Asal Sumba Ditangkap

Dikatakan pihaknya mengundang beberapa investor dari luar, diharapkan mereka bisa melihat para startup seperti apa dan kemudian juga bisa tentunya melakukan investasi atau mengajak mereka juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan apakah itu di Australia, Korea atau Jepang.

Ketua INBIS UNHI, Dr. Ida I Dewa Ayu Yayati Wilyadewi, SE., MM,Ak., mengatakan dalam demo day ini para peserta akan mendemokan produk-produk yang mereka hasilkan baik itu start up IT maupun non IT. “Jadi kalau produk mereka IT, mereka akan memperagakan produknya. Pada saat ini juga akan ada para investor yang datang baik dari Australia, Jepang dan juga Korea. Investor ini baik secara online maupun secara offline, para investor ini ada yang merupakan kolega dari Kementerian Koperasi, ada juga kolega dari Inkubator Bisnis UNHI. Harapan kedepannya akan memberikan ekosistem yang meyakinkan bahwa kita tidak main-main dalam mendampingi start up,” tandas Wilyadewi.

Baca Juga:  Siswi Kelas 2 SD 28 Dangin Puri, Raih Juara 1 Lomba Video Kreatif HUT Polwan ke -74 Tingkat Nasional

Lebih lanjut Wilyadewi mengatakan setelah kegiatan demo day ini, akan dilanjutkan dengan sesi pitching di Jakarta. Jadi para tenant akan dipertemukan dengan beberapa investor lainnya hingga benar-benar ada realisasi. “Kami pertemukan tenant dengan para investor sehingga benar-benar terjalin kerjasama. Apalagi tadi sejumlah investor sudah menunjukkan ketertarikannya pada produk yang ditawarkan para tenant,” ungkapnya.

Sekertaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali, I Ketut Meniarta, SSTP., MSi., mengucapkan terimakasih atas dukungan KemenkopUKM kepada start up di Bali. “Terimakasih karena sudah sangat luar biasa mensupport kita dan mudah-mudahan acara ini juga akan memiliki dampak yang luar biasa terhadap perkembangan kewirausahaan yang ada di Bali. Khususnya yang berbasis IT dan kami juga kedepan mengharapkan Inkubator Bisnis UNHI bisa bekerjasama dengan inkubator bisnis yang dibentuk Pemprov Bali, sehingga menghasilkan wirausaha yang memang benar-benar bisa go internasional dan membawa manfaat serta dampak untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Bali,” ucap Meniarta.

Baca Juga:  Bermodal Kepala Plontos, Ngaku Polisi, Penodong Gasak HP Pemuda

Turut hadir pada kesempatan tersebut Asisten Deputi Bidang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Cristina Agustin, A.Pi, MM., Ketua Bidang Pengembangan Inkubasi Wirausaha, Keumala Dewi, SE.,MM., Wakil Rektor 3 UNHI – Dr. Drs. Putu Sarjana, SE., MSi., sejumlah investor diantaranya Michael Baidr, Senior Investment Director Government of Victoria. BWN-03

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung