Dorong Pemanfaatan lahan Tegalan, Badung Sebar Bibit Tanaman Produktif

Mangupura, baliwakenews.com

​Untuk mendorong pemanfaatan lahan tegalan dan lahan kosong, Pemkab Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan membagikan ribuan bibit tanaman produktif seperti kelapa genjah, durian, alpukat, manggis, cabai, terong dan bibit tanaman bunga. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan produksi komoditi perkebunan dan kesejahtraan masyarakat.

​Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, I Wayan Wijana saat dikonfirmasi mengakui bahwa minat masyarakat untuk mendapatkan bantuan bibit tanaman perkebunan saat ini cukup tinggi, baik melalui subak abian maupun kelompok tani. Pihaknya menyambut baik antusias masyarakat untuk memanfaatkan kembali lahan tegalan, termasuk lahan dibelakang rumah atau teba yang semakin menyusut karena terdesak dengan kebutuhan akan pemukiman warga.

Baca Juga:  Paiketan Lembaga Keuangan Bali Gelar Pelatihan, Diikuti 25 Pemucuk LPD dan Koperasi

​Sejak tahun 2020 hingga kini pihaknya sudah menyebar sekitar 107 ribu bibit berbagai jenis tanaman. Hal ini dilakukan karena kebutuhan akan komoditi perkebunan seperti kelapa dan permintaan akan buah alpukat, manggis serta durian juga terus meningkat dipasaran.

Baca Juga:  Rusak, Prodi Jawa Kuno Unud Selamatkan Sekotak Lontar Masyarakat

“Khusus untuk kebutuhan kelapa di Bali sangat tinggi karena terkait dengan sarana upacara keagamaan. Untuk mengantisipasi permintaan kelapa khususnya untuk upacara agama, kami sudah menyebarkan sekitar 6.000 bibit kelapa genjah, ” ucapnya.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Hadiri Turnament Bola Voli Porlang Cup 3 Tahun 2022  

Bibit tanaman yang sudah disebar apabila dirawat dengan baik sekitar 3 sampai 4 tahun akan mulai berproduksi. BWN-03/Kominfo

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM