Dies Natalis ke-37 dan Wisuda ke-67, Unwar Lepas 1.121 Wisudawan Siap Pakai

Denpasar, baliwakenews.com

Bertepatan dengan Dies Natalis ke-37, Universitas Warmadewa (Unwar), Jumat 17 September 2021, menggelar Wisuda ke-67. Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., dalam jumpa pers, Kamis 26 September 2021, di Rektorat Unwar mengatakan, kali ini melepas 1.121 Wisudawan secara hybrid, karena pandemi Covid- 19 masih menjadi ancaman penularan yang sangat masif.

Dikatakan, meski acara wisuda dengan modus daring, tidak mengurangi essensi bahwa wisudawan telah menyelesaikan pendidikan di Universitas Warmadewa. 1.121 wisudawan, terdiri dari Pascasarjana 77 orang, Fakultas Hukum 121 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 457 orang, Fisip 56 orang, Fakultas Sastra 55 orang, Fakultas Pertanian 37 orang, Fakultas Teknik dan Perencanaan 237 orang, dan FKIK 81 orang. Prestasi akademik mereka juga sangat memuaskan yaitu untuk lulusan Magister prestasi akademik tamat tepat waktu 70 orang (90,91%), rata rata IPK 3,78, rata-rata masa studi 1,98 tahun. Untuk program Sarjana lulusan tepat waktu 835 orang (79,98%), rata-rata IPK 3,47 dan rata rata masa studi 4,09 tahun.

“Dilihat dari capain output bidang pendidikan ini sudah jauh diatas standar nasional, bahkan semuanya berada pada bobot nilai tertinggi skala empat. Namun kalau hanya dari output ini masih belum cukup untuk menilai kualitas lulusan dan perlu diperkuat dengan hasil tracer study. Dari hasil Tracer Studi yang dilakukan pada tahun 2021 ini didapatkan masa tunggu lulusan 4,37 bulan, rata-rata gaji Rp3.027.000,- kesesuaian bidang kerja 62,32%, ” paparnya sembari mengatakan hal tersebut sangat membanggakan.

Baca Juga:  SE Gubernur Bali No 8 Tahun 2021 Kendalikan Penyebaran Covid-19

Untuk meningkatkan kualitas lulusan, mutu pembelajaran terus ditingkatkan melalui pengendalian pembelajaran menggunakan Learning Manajement System (LMS) dengan aplikasi Moodle System, untuk memudahkan pengawasan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. LMS Universitas Warmadewa sudah link dengan SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Kemdikbudristek, dan aktivitasnya setiap hari bisa di monitoring.

Terkait penerimaan mahadiswa baru tahun akademik 2021/2022 dikatakan telah berjalan dengan baik dengan jumlah pelamar 4.353 orang dan yang teregristasi sebanyak 3.228 orang. “Atas kepercayaan masyarakat yang sangat baik terhadap Universitas Warmadewa saya selaku Rektor menghaturkan banyak terima kasih. Kepercayaan yang sangat baik ini tentu akan direspon dengan pelayanan yang prima untuk mewujudkan Visi Universitas Warmadewa seperti yang telah ditetapkan, ” tandasnya.

Baca Juga:  PT. Pegadaian Kanwil 7 Denpasar Mengucapkan Selamat Hari Raya Galungan & Kuningan

Kepada wisudawan Rektor berpesan agar terus belajarlah sepanjang hayat, tambah pengetahuan dengan meningkatkan literasi, menambah pengalaman untuk meningkatkan keterampilan, baik itu kognitif skill, afektif skill dan psikomotrik skill. Demikian pula perbaiki sikap dengan meningkatkan interaksi dengan berbahagi komponen lapisan masyarakat.

Sementara Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. AA. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan meski di tengah pandemi, wisuda sebagai rangkaian prosesi penanda pelepasan mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik harus tetap dijalankan dengan format yang berbeda secara online/daring dengan tidak kehilangan substansinya yakni melepas para mahasiswa dan karya siswa yang telah berjuang di masing-masing program studi, dan kepadanya diberikan gelar akademik sesuai bidang ilmu.

Lebih lanjut dikatakan, Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Universitas Warmadewa, selalu berkomitmen untuk terus mengembangkan lembaga Universitas Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi yang unggul, dalam menghadapi tantangan global sesuai dengan visi Universitas bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global pada tahun 2034. Dengan berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana.

Baca Juga:  SS Senilai Ratusan Juta Diblender, Pengedar Narkoba Cekikikan

“Perubahan pola pikir (mind set) dan perubahan budaya kerja (culture set) untuk menghasilkan out come yang berkualitas, harus terus diupayakan. Begitupun dengan pengembangan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi, membangun relasi yang produktif, memperkuat kelembagaan, peningkatan kualitas SDM, sarana prasarana dan kesejahteraan, sudah menjadi kebijakan strategi yang harus diimplementasikan guna mewujudkan kampus merdeka, merdeka belajar bagi mahasiswa, ” tandasnya.

Ia yakin dan percaya dengan kekuatan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, didukung oleh soliditas, solidaritas dan saling percaya, akan mampu menjadikan Warmadewa sebagai Perguruan Tinggi terkemuka dambaan masyarakat.

Kepada wisudawan ia berpesan agar menjadi sarjana yang berkarakter sapta bayu, kritical thinking, cerdas, inovatif, solutif dan profesional. “Hanya dengan keunggulan yang saudara miliki, Saudara akan mampu mengembangkan potensi, memenangkan kompetisi guna meraih cita-cita. Jadikan ilmu dan skill yang Saudara dapatkan berguna bagi banyak orang menuju “Moksartham Jagadhita”. Jadilah yang terbaik, jadilah yang terdepan dan jadilah insan yang berguna, ” pungkas Wisnumurti. *BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM