Tim Wira Usaha Desa IPBI Bersama Royal Honey Sakah Latih Peternak Madu Lebah Kele-Kele, Go Nasional

IPBI-Tim Wira Usaha Desa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) melakukan kemitraan bersama Royal Honey Sakah. Kemitraan tersebut berupa membantu kelompok UMKM Buahan Mesari dalam beternak madu lebah Kele-Kele (Trigona sp) hingga dapat dipasarkan secara nasional.

Gianyar, baliwakenews.com

Dalam rangka kegiatan Program Wira Usaha Desa, Minggu 10 Oktober 20201, Tim Wira Usaha Desa Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional (IPBI) melakukan kemitraan bersama Royal Honey Sakah. Kemitraan tersebut berupa membantu kelompok UMKM Buahan Mesari dalam beternak madu lebah Kele-Kele (Trigona sp) hingga dapat dipasarkan secara nasional.

Ketua Tim Wira Usaha Desa IPBI, Gede Arya Wiradharma saat dihubungi Jumat 15 Oktober 2021 mengatakan, potensi Desa Buahan, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar sangat unggul untuk dijadikan sektor pertanian dan perkebunan. “Kondisi Desa Buahan yang beriklim tropis sangat cocok bagi sektor pertanian, dan peternakan. Dari pembinaan ini kita harapkan para kelompok UMKM ini mampu meningkatkan produksi madu serta olahan berbahan dasar madu sehingga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat utamanya kelompok UMKM Buahan Mesari,’’ujarnya.

Baca Juga:  WaRc Unwar Bedah Buku "Ekologisme Batur"

Lebih lanjut dikatakan, adapun pelatihan yang diberikan oleh Royal Honey Sakah selaku kelompok yang sudah expert dalam mengembangkan pertenakan madu lebah kele-kele diantaranya pertama memberikan pengetahuan UMKM Buahan Mesari tentang teknik membudidayakan lebah kele-kele secara baik dari segi pengadaan koloni lebah, pembudidayaan, panen madu, maupun pemasaran,. Kedua yakni , mempersiapkan labeling (izin edar PIRT) produk madu UMKM Buahan Mesari. Ketiga memberikan pengetahuan bagimana cara mempromosikan dan memasarkan produk dari UMKM Buahan Mesari. “Kegiatan ini dilakukan pada hari Minggu, 10 Oktober 2021 di Desa Buahan yang dihadiri anggota kelompok UMKM Buahan Mesari serta pelatihan diberikan oleh Dr. I Wayan Wahyudi, S.Si., M.Si selaku Tim Royal Honey Sakah,”terangnya.

Baca Juga:  Tabrak "Bade" Pemotor Kelenger

Kegiatan Program Wira Desa ini, kata Gede Arya Wiradharma, memberi dampak positif bagi UMKM Buahan Mesari dalam mengoptimalkan produksi madu, sehingga Desa Buahan secara khusus memiliki produk unggulan desa yang nantinya menjadi produk unggulan Kabupaten khususnya Gianyar. “Goal dari program ini , kami ingin mewujudkan UMKM Buahan Mesari mampu memproduksi madu yang diperjualbelikan kepada masyarakat hingga wisatawan yang datang ke Desa Buahan serta sebagai tempat produksi olahan berbahan dasar madu, memiliki label khusus olahan berbahan madu yang memiliki izin edar dari PIRT sebagai produk unggulan Desa yang nantinya dapat meningkatkan pendapatan dari UMKM Buahan Mesari serta mampu mempromosikan dan memasarkan madu serta olahannya melalui media online maupun offline,”ungkapnya sembari berharapa produk madu ini bisa lebih dikenal secara nasional maupun internasional sebagai produk unggulan Desa Buahan. BWN-05

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: