Tersesat dan Alami Keram Kaki, Tim SAR Evakuasi Pendaki Gunung Agung

Istimewa Evakuasi Pendaki: Tim SAR saat mengevakuasi pendaki yang alami keram kaki

Karangasem, bakiwakenews.com

Seorang pendaki mengalami keram kaki ketika melakukan pendakian di Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Jumat (2/7/2021). Suniarta (17) bersama 5 rekannya memulai perjalanannya pada pagi harinya sekitar pukul 03.00 Wita, namun pukul 09.00 Wita mereka tersesat dan korban mulai merasakan kakinya sakit.

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima laporan dan permintaan bantuan untuk evakuasi kurang lebih pukul 11.00 Wita. “Kami dapatkan laporan dari warga dan segera mengerahkan 11 personil ke lokasi,” terang Ngurah Eka, Koordinator Pos SAR Karangasem. Setengah jam berselang tim tiba di Pasar Agung dan selanjutnya berkoordinasi dengan warga dan para pemandu lokal.

Baca Juga:  Relawan Sudirta ‘’Door to door’’ Antarkan Bingkisan untuk Penyandang Disabilitas

Setelah pencarian, akhirnya rombongan tersebut ditemukan pada pukul 15.27 Wita. “Setelah menemukan korban kami lakukan penanganan awal dan mempersiapkan korban untuk perjalanan turun, ” ungkapnya. Dengan dituntun, korban dan tim SAR mulai perjalanan turun dan tiba di Pasar Agung sekitar pukul 16.46 Wita. “Kondisinya masih cukup stabil hanya saja kakinya masih terasa sakit dan perlahan berjalan menuruni gunung, semuanya tiba dalam keadaan selamat,” tutup Ngurah Eka.

Baca Juga:  Tim PKM-RSH IPBI Bantu Pertahankan Eksistensi Kain Songket Sidemen Saat Pandemi Covid-19

Selama proses evakuasi turut melibatkan unsur SAR dari Pos SAR Karangasem, Polsek Selat, BPBD Karangasem, Forum Pemandu Wisata Gunung Agung dan masyarakat setempat. BWN-04

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: