STAHN Mpu Kuturan Luncurkan Aksi Pemuliaan Air di Bali Utara

Singaraja, baliwakenews.com

STAHN Mpu Kuturan Singaraja kerjasama dengan Puri Kauhan Ubud, Minggu 15 Mei 2022 melaunching Program  Pemuliaan Air. Program ini diresmikan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikatanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono di Danau Tamblingan, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Ada sembilan aksi yang akan digenjot dalam pemuliaan air di Bali Utara, diantaranya pengembangan pembelajaran kurikulum berbasis Eko Pedagogi di sekolah, Kuliah Kerja Nyata, penanaman pohon langka, pasraman pembelajaran tumbuhan upakara, pengembangan kapasitas pemandu wisata berbasis lingkungan dan pelatihan bahasa asing, perancangan aturan adat (perarem) berbasis lingkungan, edukasi kelompok jaga wana, dokumentasi simpul dan sumber mata air, dan menjadikan STAHN Mpu Kuturan sebagai hub (pusat) komunitas lingkungan di Bali Utara.

Sebelum dilaunching, seluruh sivitas akademika STAHN Mpu Kuturan Singaraja bersama masyarakat di kawasan Catur Desa Adat Dalem Tamblingan yang tergabung dalam baga raksa Alas Mertajati melakukan aksi bersih-bersih di areal Danau Tamblingan.

Sekitar Pukul 12.30 Wita, rombongan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono tiba di areal Danau Tamblingan. Ia didampingi langsung oleh Koordinator Stafsus Presiden RI, Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana yang juga selaku Penglingsir Puri Kauhan Ubud. Hadir pula Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana dan Manggala Baga Rasa Alas Mertajati, Jro Putu Ardana.

Baca Juga:  Disbud Buleleng Siapkan 9 Pagelaran Seni Terbaik Untuk PKB Bali 2024

Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja Dr. Gede Suwindia, S.Ag, M.A mengatakan program bertajuk “Tamblingan Alas Mertajati Jala Sudha Pratistheng Bhawana” ini merupakan kerjasama yang telah dijalin bersama Puri Kauhan Ubud.

Dikatakan Suwindia, aksi nyata ini dilakukan untuk menjaga sumber-sumber air yang ada di Kawasan Hulu Pulau Bali khususnya Tamblingan Alas Mertajati. Tamblingan, sebut Suwindia juga menyimpan jejak peradaban masyarakat Bali Kuno yang kaya akan tradisi pemuliaan air dan hutan yang tersurat dalam naskah-naskah Prasasti dan Lontar diantaranya tentang Tata Kelola Air untuk pertanian

“Kami akan implementasikan dalam bidang Pengabdiaan Masyarakat seperti bentuk Kawasan Binaan yang melibatkan seluruh prodi yang dimiliki kampus. Sehingga program ini berkelanjutan,” ujarnya.

Aksi nyata inipun mendapat respon positif dari Bupati Buleleng, Putu Agus Suradnyana. Danau Tamblingan memang menjadi kawasan yang sangat vital di Buleleng. Sebagai hulunya Buleleng ekosistem danau dan hutan harus dijaga.

Baca Juga:  Dinoland Buleleng, Suguhkan Pengalaman Edukatif Sekaligus Dukung Ekonomi Lokal

“Kita harus melakukan langkah-langkah ekstrim untuk melakukan perbaikan ekosistem dengan menanam pohon. Apalagi Buleleng dipengaruhi oleh tiga danau. Seperti Danau Buyan, Tamblingan dan Batur di kawasan Buleleng Timur yang sangat mempengaruhi perairan. Sehingga harus dijaga agar tidak terus mengalami pendangkalan,” ucapnya.

Di sisi lain, Anak Agung Gede Agung Ari Dwipayana menjelaskan, aksi ini sebagai bagian dari inisiatif Yayasan Puri kauhan Ubud untuk membangun kesadaran memuliakan air. Terlebih, air sangat penting bagi peradaban Bali secara skala dan niskala.

Menurutnya, cara memuliakan air dilakukan secara holistic dan terintegrasi. “Di hulu kita memiliki gunung, hutan dan danau yang perlu dijaga, diselamatkan dan dilestarikan. Hutan juga perlu ditanam kembali, karena sudah mengalami deforestasi,” paparnya.

Pihaknya menggandeng perguruan tinggi untuk membangun kesadaran edukasi yang berwawasan lingkungan. Dengan nilai Tri Hita Karana, dapat diwujudkan dengan nilai muatan lokal Bali. “Saya mendukung eko pedagogi yang sedang dirintis STAHN, jangan hanya berhenti di pengajaran, tetapi juga riset dan pengabdian masyarkat. Ini harus dilanjutkan secara berkesinambungan,” ungkapnya.

Baca Juga:  MPLS 2023, Ajak Siswa Beradaptasi Secara Edukatif Dan Menyenangkan

Sementara itu, Wahyu Trenggono menyebut gerakan ini sebagai bagian dari kearifan lokal dalam menjaga ekologi. Terlebih, ancaman kerusakan ekologi adalah umat manusia. Sehingga harus dijaga dengan baik demi keberlangsungan.

“Ini bisa menjadi stigma yang bisa diberikan untuk masyarakat di wilayah lain di Indonesia, agar ekologi betul-betul dijaga dengan baik dan ancaman sebenarnya adalah umat manusia itu sendiri. Jadi umat manusia harus bisa memahami pentingnya kita hidup di satu wilayah yang tetap harus terjaga dengan baik supaya kehidupan ini tetap bisa berlangsung dengan baik,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan penanaman sejumlah pohon. Diantaranya Pohon Ficus 20 Pohon, Pohon Cempaka 20 Pohon, Cemara Pandak 5 Pohon. Kalijahe 5 Pohon, Padi-Padi 5 Pohon, Kesotan Busung 5 Buah, Kejuang 5 Buah. Ada juga Jelunut 5 Buah, Kebaas-baas 5 Buah, Kayu Kesuan 5 pohon. Selain itu juga dilakukan penebaran Ikan Kuyuh (Ikan Asli) di Danau Tamblingan sebanyak 2000 Ekor, Ikan Niilem 100.000 Ekor.*BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM