PKM Unwar Bina Masyarakat Desa Bukian, Manfaatan Bahan Alam untuk Kesehatan

PKM Unwar saat mengedukasi masyarakat Desa Bukian

Gianyar, baliwakenews.com

Meningkatkan daya tahan tubuh di tengah Pandemi Covid – 19 sangat lah penting dan tidak harus membeli vitamin dengan harga mahal. Mengedukasi masyarakat memanfaatkan bahan alam untuk memelihara kesehatan tubuh, Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Warmadewa (PKM Unwar) yang diketuai dr. Pande Ayu Naya Kasih P., M.Biomed, melaksanakan pengabdian di Desa Bukian, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar.

Pengabdian dilakukan dalam rangka meningkatkan pemanfaatan bahan alam untuk memelihara kesehatan tubuh. dr Pande Ayu Naya Kasih P., M.Biomed, yang didampingi dr Luh Gede Pradnyawati, M.Kes, dr. Desak Putu Citra Udiyani, M.Biomed, dan Prof. Dr. Ir. I Gede Suranaya Pandit, MP mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan mentransfer pengetahuan terkait bahan – bahan yang ada di alam yang dapat digunakan untuk memelihara kesehatan tubuh dan memiliki khasiat obat.

Baca Juga:  Gandeng Yayasan Kopetensi Soal Sampah, Desa Siangan Bangun TPS 3R

Kegiatan pengabdian terdiri dari pemberian edukasi disertai pelatihan mengenai manfaat bahan alam untuk kesehatan, pembuatan produk-produk kesehatan berbasis bahan alam, hingga alur registrasi produk.

Dikatakan berdasarkan hasil survei sebelumnya, Desa Bukian diketahui sudah sering memanfaatkan bahan alam untuk kesehatan. Banyak keluarga menanam tanaman berkhasiat obat di pekarangan hingga membudidayakannya. Desa tersebut juga memiliki komunitas masyarakat yang bergerak dalam bidang TOGA dengan nama “Kelompok TOGA Paras Usadha”.

Baca Juga:  Waspada!! Pencuri asal Jatim, Mencampur Kopi dengan Obat Tidur

Kelompok TOGA Paras Usadha sudah pernah memproduksi beberapa produk kesehatan, seperti loloh, minyak rambut, minyak urut, dan lain-lain. “Produk-produk tersebut diolah secara tradisional dan sudah digunakan secara empiris oleh masyarakat setempat. Sayangnya, produksi tersebut tidak berlangsung secara kontinu, ” ungkapnya.

Kegiatan berlangsung pada 3 Juli 2021 di aula kantor prebekel desa Bukian dan diikuti 15 peserta yang terdiri dari kelian desa dan anggota kelompok TOGA Paras Usadha. Kegiatan tersebut berlangsung dengan memperhatikan protokol kesehatan. Acara diawali dengan sambutan oleh Bapak Sekretaris Desa Bukian.

“Materi kegiatan yang kami berikan tidak hanya menitikberatkan pada pemberian edukasi dan pelatihan terkait pemanfaatan bahan alam menjadi produk-produk kesehatan saja, namun juga terkait pencegahan COVID19 meliputi protokol kesehatan dan penguatan sistem imun dengan menggunakan bahan alam,” terang dr. Pande Ayu Naya Kasih P., M.Biomed,

Baca Juga:  PkM FKIK Unwar, Edukasi Nutrisi Ibu Hamil Selama Pandemi Covid-19

Dalam penutupan kegiatan, Kepala Desa Bukian mengharapkan agar akademisi Universitas Warmadewa dapat mendampingi kelompok TOGA dalam memproduksi dan menstandarisasi produk-produk kesehatan yang dibuat oleh Kelompok TOGA Paras Usadha. “Saya berharap dengan adanya pendampingan dari akademisi Unwar, kelompok TOGA di desa kami dapat berkembang dan produk yang dihasilkan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, ” pungkasnya. *BWN-03

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: