Pentingnya Literasi Media Jelang Pemilu 2024, Cerdaskan Masyarakat dalam Memilih

Denpasar, baliwakenews.com
Literasi media bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga kemampuan memahami dan menganalisis informasi yang diperoleh dari media. Literasi media sangat penting bagi masyarakat agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih pemimpin di Pemilu 2024 nanti.
Hal tersebut terungkap dalam Seminar Nasional dengan mengusung tema “Pentingnya Literasi Media Menjelang Pemilu 2024 serta Perkembangan Politik Indonesia” yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHum) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) di Auditorium Dwi Tunggal Undiknas, Rabu 10 Mei 2023.
Kegiatan tersebut berhasil menyedot perhatian mahasiswa dan mahasiswi Undiknas yang menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu I Gede John Darmawan, S.H., Tantowi Yahya, Nuning Indah Pratiwi S.Sos., M.I.Kom., dan Melati Budi Srikandi S.I.Kom., M.I.Kom selaku moderator seminar.
Dalam seminar, Tantowi Yahya, selaku seorang public figure yang juga berkecimpung di dunia politik serta sempat menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Selandia Baru periode 2017-2021, memberikan pandangannya tentang perkembangan politik Indonesia saat ini. Tantowi juga mengingatkan tentang bahaya terbelahnya masyarakat akibat pesta demokrasi.
Menurutnya, kondisi ini tidak akan membuat proses pembangunan dalam negara menjadi bagus. Untuk itu diperlukan tindakan untuk memitigasi terjadinya perpecahan kembali pada Pemilu 2024. Ia menekankan, cerdas dan memilih harus menjadi prioritas dalam Pemilu 2024 nanti, sehingga calon yang berkualitas yang terpilih bukan orang yang tidak mampu,” tukasnya.
Sementara itu, I Gede John Darmawan, S.H., selaku keynote speaker dan sekaligus perwakilan dari KPU Provinsi Bali, mengajak para peserta seminar untuk ikut berperan melalui penggunaan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 nanti. “Jangan hanya tunjukkan cintamu tapi juga tunjukkan tintamu,” katanya.
Selain itu, Nuning Indah Pratiwi S.Sos., M.I.Kom., dosen di Undiknas yang juga turut menjadi narasumber membahas dari perspektif akademisi tentang pentingnya literasi media dalam menyikapi Pemilu 2024. Ia menekankan bahwa literasi media bukan hanya sekedar kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga
kemampuan memahami dan menganalisis informasi yang diperoleh dari media. Literasi media sangat penting bagi masyarakat agar dapat mengambil keputusan yang tepat dalam memilih pemimpin di Pemilu 2024 nanti.
Dengan adanya seminar ini, diharapkan masyarakat khususnya mahasiswa dan mahasiswi dapat lebih memahami betapa pentingnya literasi media dalam menyikapi Pemilu 2024 dan menghindari terjadinya perpecahan dalam masyarakat.
“Semoga kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala untuk meningkatkan kesadaran literasi media di Indonesia,” pungkasnya. BWN-03
RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM