Gempabumi Tektonik Guncang Abang

Istimewa Guncang Abang: Pusat gempa yang mengguncang abang Karangasem.

Karangasem, baliwakenews.com

Kamis, 29 April 2021 pukul 17:23:58 WITA, wilayah Abang – Karangasem, Bali diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,9. Episenter terletak pada koordinat 8,61 LS dan 115,60 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Tenggara Klungkung – Bali, pada kedalaman 25 km.

Baca Juga:  Gempa Tektonik Mangnitude 4,4 Guncang Buleleng

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault ),” papar Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar Agus Wahyu Rahardjo, SP.

Baca Juga:  Situasi Sulit, Puluhan Babi Mati, Peternak di Karangasem Merana

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Abang II MMI ( Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda tergantung bergoyang ). Hingga pukul 18:24 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. BWN-04

Baca Juga:  Desa Cemagi Canangkan Gerakan Merdeka Bebas Sampah Plastik

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: