‘’Door to door’’ ke Penyandang Disabilitas Relawan Sudirta Serahkan Bingkisan Taliasih

Nenek Simpen (70), Desa Kubu, stroke dan sama sekali tidak bisa bergerak

Karangasem, baliwakenews.com

Di tengah guyuran hujan deras dan angin kencang, Relawan Anggota DPR RI, Wayan Sudirta, ‘’door to door’’ menyambangi beberapa penyandang disabilitas di Desa Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, 05 sampai 07 Pebruari 2021. Relawan turun ke rumah warga kurang mampu, mengantarkan bingkisan kecil sebagai doa moral bagi mereka.

Para relawan terdiri dari Nengah Wirya, Perbekel Desa Kubu selama 2 periode, Wayan Ariawan, Made Suka Artha dan Putu Wirata Dwikora, yang seluruhnya merupakan Relawan Sudirta, sekaligus juga Pengurus KORdEM Demokrasi Bali, yang sejak 2004.

Putu Wirata Dwikora mengatakan, kondisi penyandang disabilitas tersebut sangat memperihatinkan, seakan tidak ada perbaikan secara sosial dan ekonomi, di wilayah tersebut. Diantara yang sangat memperihatinkan adalah, Dadong Ubuh (70), tinggal di gubuk reot dan ditembus ‘tempias’ hujan dan derai angin, saat Relawan Sudirta berkunjung, di Dusun Sambilaklak, Desa Kubu.

Baca Juga:  "HATINYA PKK" Pacu Semangat Warga Desa Ulakan Bercocok Tanam

‘’Kami ingat pernah berkunjung sekitar 10 tahun lalu di bedeng reot ini, dan kondisinya masih seperti 10 tahun lalu itu,’’ kata Wirata dan Nengah Wirya.

Dadong Ubuh tinggal dengan anak tiri, kondisinya buta dan renta, tetapi terlihat punya semangat hidup yang menyala. Ia membuat kopi sendiri, dari air panas yang dibuatkan anak dan cucunya.

‘’Dadong tidak mau diajak tinggal bersama kami, maunya tinggal di gubuk ini,’’ kata anak tirinya, yang tinggal sekitar 20 meter di rumah yang relatif lebih nyaman dan aman.

Baca Juga:  Jukung Rusak Parah, Nelayan Ini Ditemukan Selamat

Selain itu, Sudirta juga menitip beras dan uang taliasih untuk Ninik Dayuh yang usianya 100 tahun lebih, dengan kondisi lumpuh dan menua di kamarnya yang gelap dan dingin. Juga untuk Ninik Rundung (75), yang terlihat sangat terharu didatangi dengan bingkisan kecil tersebut.

Relawan juga sempat mengantarkan bingkisan untuk Nyoman Asmika (40) yang kedua kakinya mengecil dan merupakan ‘penganten baru yang viral di ‘facebook’, memperlihatkan video perkawinannya yang mengharukan.

‘’Sehari-hari dia memancing, kadang ke laut dengan perahu, untuk mencari ikan,’’ kata keluarganya.

Bingkisan juga dibawa ke Made Yasa, gadis 30-an tahun yang bisu dan tuli serta mengalami fobia bertemu orang baru, Gede Candra (30), pemuda yatim piatu dan tuna rungu, dan beberapa penyandang disabilitas lainnya.

Baca Juga:  Lombok dan Karangasem Diguncang Gempa Akibat Sesar Naik Busur Belakang Flores

Sejak duduk di DPR RI, Sudirta sudah menitipkan ratusan bingkisan untuk penyandang disabilitas di Karangasem, Klungkung, Bangli, dan 13,586 ton lebih beras, ribuan masker, dan material lainnya untuk warga di puluhan desa di Kabupaten Karangasem, Jembrana, Tabanan, Badung, Kota Denpasar, Bangli.

Sumbangan kecil ini memang tidaklah seberapa, apalagi saat ekonomi masyarakat terpuruk oleh pandemi Covid-19. ‘’Namun, kami berupaya sesuai kemampuan, sebagai dukungan moral untuk masyarakat. Bagi yang belum mampu kami jangkau, kami upayakan pada agenda yang berikutnya,’’ ujar Sudirta.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: