Bawakan Garapan “Taruna Goak”, Balaganjur Bala Goak Panji Pukau Ribuan Penonton PKB

Denpasar, baliwakenews.com

Sekaa Balaganjur dari Komunitas Bala Goak Desa Panji memukau penonton dengan penampilan totalitas mereka pada Lomba Balaganjur se-Bali serangkaian Pesta Kesenian Bali ke-46 di Panggung Terbuka Ardha Candra, Jumat 21 Juni 2024.

Pembina Sekaa Balaganjur Bala Goak, I Gusti Ngurah Dharma Putra, menjelaskan makna di balik tema “Tarunagoak”. Tarunagoak merupakan simbol keakraban dalam sebuah kelompok untuk memajukan desa, memajukan wilayah, dan membentengi sebuah desa dengan tradisi.

Baca Juga:  Jelang Porprov Bali, POBSI Bali Gelar Kejurprov

Garapan kali ini mengangkat kekebyaran khas Buleleng dalam pola gending Balaganjur, gerak tari pun terinspirasi dari burung gagak dan ritual megoak-goakan sebelum perang.

“Ciri khas garapan kami adalah tradisi megoak-goakan dari Desa Panji,” jelas Dharma Putra.

Persiapan matang ini diungkapkan Dharma Putra selama sembilan bulan dengan melakukan latihan sektoral untuk mengasah kemampuan menabuh dan gerak.

Baca Juga:  Hadapi Porprov Bali, Judo Denpasar Didominasi Wajah Baru

Tidak hanya itu, menurutnya balaganjur merupakan kesenian yang komplit, menuntut penabuh untuk bisa menari, memainkan alat musik, dan menyanyi.

“Dalam barungan instrumen Balaganjur sekarang ini selalu ada sisipan vokal sebagai pelengkap,” terangnya.

Sekaa Balaganjur Bala Goak menggunakan pola gending yang sudah ada, dengan sisipan permainan “megoak-goakan” di gending pengisep. Kemudian pada gending pengawak, mengisahkan tentang paruman agung di puri.

Baca Juga:  Banding, Hukuman Eks Mantan Bupati Tabanan Naik

Diakhir Dharma Putra berharap Sekaa Balaganjur Bala Goak dapat menampilkan yang terbaik tanpa kesalahan. Serta menegaskan kembali bahwa penilaian juara itu sesuai selera juri jadi hanya berusaha menampilkan yang terbaik versi Buleleng sendiri.

“Semoga penampilan kami dapat memberikan kesan mendalam bagi para penonton,” harapnya. BWN-03

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan SMSIIklan Lapor Pajak Poling Badung Poling Badung