web analytics

Wayan Sudirta: Ajaran Bung Karno Jadi Bekal Dalam Kerja-kerja Partai

Jakarta, baliwakenews.com

Wakil Kepala Sekolah Bidang Pengajaran dan Kurikulum Sekolah Partai PDI Perjuangan, I Wayan Sudirta mengingatkan para peserta Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 agar menjadikan ajaran Bung Karno sebagai bekal dalam kerja-kerja partai di tengah rakyat.

Hal tersebut disampaikan saat memberikan pengantar sebelum Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional 2022 di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat 10 Juni 2022.

Sudirta mengutip pernyataan Bung Karno yang mengatakan pengetahuan atau teori tidak ada guna jika tidak dipergunakan untuk mengabdi kepada rakyat. “Bung Karno sangat menekankan manfaat pendidikan untuk pengabdian. Untuk itu, peran konkret kader partai dalam kehidupan masyarakat harus selalu digelorakan,” tegas anggota Komisi III DPR ini.

Baca Juga:  Holding Ultra Mikro Akan Matikan Lembaga Keuangan Mikro di Masyarakat

Sudirta mengatakan, pelaksanaan pelatihan kader perempuan ini berangkat dari kurikulum kaderisasi PDI Perjuangan yang bersumber dari ide, gagasan, dan pemikiran Bung Karno. “Pendidikan kader perempuan ini diselenggarakan agar para kader partai dapat menemukan spirit perjuangan Bung Karno dalam upaya mewujudkan masyarakat adil dan makmur, ” tandasnya.

Sudirta juga mengutip pesan seperti yang kerap disampaikan Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, “kader harus menjadi mata, otot, dan otak partai.” Untuk mewujudkan hal tersebut, menurut Sudirta, kader harus memiliki bekal lima hal pokok. Pertama, memiliki pemahaman dan kesadaran ideologi yang tinggi.

Baca Juga:  Wapres Kita Memiliki Instrumen Kebijakan Jangka panjang dalam Pengelolaan Risiko Bencana

Kedua, memiliki pengetahuan. Ketiga, pengabdian, dan kesadaran politik yang tinggi. Kemudian yang keempat memiliki kesadaran berpartisipasi yang tinggi dan kelima, memiliki kesadaran lingkungan dan sosial. Kegiatan Pendidikan Kader Perempuan Tingkat Nasional ini dibuka secara resmi sekaligus memberikan pengarahan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Kemudian pengantar oleh Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto.

Baca Juga:  Aman Covid-19 Saat Berbelanja di Pasar Begini Caranya

Para pemateri pendidikan kader perempuan antara lain Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Luar Negeri, Ahmad Basarah, Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak, Sri Rahayu, anggota Komisi X DPR Fraksi PDI Perjuangan, Puti Guntur Soekarno, Menkumham Yasonna Laoly, Mensos Tri Rismaharini dan Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang. Dari eksternal, pakar komunikasi Unair, Dr.Suko Widodo.*BWN-03

RELATED ARTICLES

Tinggalkan Balasan

- Advertisment -
%d blogger menyukai ini: