Dukung Penggunaan Energi Baru Terbarukan, AP I Bangun PLTS di Bandara Ngurah Rai Bali

0
Istimewa PLTS: PLTS yang akan dibangun di bandara ngurah rai

Kuta, baliwakenews.com

PT Angkasa Pura I bersama anak usahanya yaitu Angkasa Pura Property membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Pembangunan PLTS ini merupakan salah satu perwujudan misi Angkasa Pura I untuk memberikan kontribusi positif pada kelestarian lingkungan dan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk menekan emisi karbon sekaligus juga mendukung perhelatan KTT G20 di Bali.

“Angkasa Pura I sebagai pengelola bandara berkomitmen mewujudkan operasional bandara yang ramah lingkungan melalui penerapan konsep Eco Airport, pemanfaatan EBT dan penggunaan energi bersih secara berkelanjutan. Pembangunan PLTS ini sekaligus menjadi langkah awal dari komitmen besar kami dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan net zero emission (NZE) di tahun 2060,” ujar Direktur Utama Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Untuk tahap awal, PLTS berupa 288 unit solar panel system (photovoltaics) dengan kapasitas maksimal 155 kilo watt peak (kWp) akan dipasang dan menyuplai energi surya untuk area Gedung Parkir Internasional, Gedung Parkir Domestik dan Toll Gate Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. PLTS ini dibangun dan akan dikelola oleh anak usaha Angkasa Pura I yaitu Angkasa Pura Property yang telah memiliki Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (IUJPTL).

PLT Direktur Utama Angkasa Pura Property, Ristiyanto Eko Wibowo mengatakan bahwa pembangunan PLTS di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi perusahaan dalam mendukung terwujudnya misi Angkasa Pura I sebagai induk perusahaan.

“Pembangunan dan pengelolaan PLTS ini merupakan bentuk kepercayaan dari Angkasa Pura I terhadap Angkasa Pura Property untuk bersama-sama mewujudkan pemanfaatan EBT dan energi bersih dalam mendukung operasional bandara-bandara di Indonesia. Ini juga menjadi portofolio bisnis baru bagi Angkasa Pura Property yang tahun ini sedang melakukan transformasi strategi bisnis untuk menjadi pemimpin dalam perusahaan pengelola properti dan konstruksi di segmen industri Aviasi dan Pariwisata,” tambah Ristiyanto Eko Wibowo.

Sebagai informasi, Angkasa Pura I telah menerapkan sejumlah kebijakan perusahaan yang berkorelasi positif terhadap konservasi energi termasuk juga sistem panel surya di beberapa area, menggunakan biofuel atau materi lainnya terkait energi terbarukan, mengurangi konsumsi listrik dengan menggunakan sistem sensor otomatis gedung, pendingan magnetik, dan lainnya. Di tahun 2021 lalu bahkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menjadi bandara Angkasa Pura I pertama yang telah menerapkan Sistem Manajemen Energi ISO 50001:2008.

“Pembangunan PLTS ini diharapkan semakin menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebagai bandara yang ramah lingkungan serta memberikan kontribusi nyata dalam menurunkan emisi gas rumah kaca khususnya di sektor kebandarudaraan nasional,” tambah Faik Fahmi. BWN-04

Dukung Kesejahteraan Hewan di Bali, Mahasiswa LSPR Kolaborasi Dengan BAWA

0
Mahasiswa LSPR didampingi Dosen Pembimbing saat jumpa pers

Denpasar, baliwakenews.com

Mahasiswa tahun ke-3 di bawah naungan LSPR Communication and Business Institute yang tergabung dalam Aroha, bekerja sama dengan salah satu organisasi animal welfare terbesar di Bali yaitu BAWA, menggelar kegiatan “Meet The Woof of Your Life”. Dalam jumpa pers Kamis, 19 Mei 2022, di ballroom LSPR Renon Denpasar, Project Director , Angelica Wulansari memaparkan kegiatan ditujukan untuk menunjukkan dukungan terhadap isu-isu terkini mengenai kekerasan terhadap hewan.

Lebih lanjut dikatakan kolaborasi LSPR dan BAWA ini berfokus pada peningkatan kesadaran akan kekerasan terhadap hewan di Bali melalui kampanye online selama seminggu penuh. Puncak kegiatan akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 Mei 2022 dari pukul 11.00 hingga 15.00 Wita, dengan acara offline di Taman Baca Kesiman.

“Acara bertajuk “Meet The Woof of Your Life” sejalan dengan masalah yang kita hadapi sekarang dan misi BAWA untuk menyelamatkan, merehabilitasi, dan merumahkan (rescue, rehab and rehome) hewan. Kampanye digital kami berjalan selama seminggu penuh di Instagram BAWA dengan tagline “Swipe,Match & Adopt” untuk mendorong publik menunjukkan dukungan mereka terhadap kesejahteraan hewan dengan total diharapkan peningkatan keterlibatan atau engagements sebesar 5%,” ucap Angelica.

Kegiatan diharapkan dapat menemukan solusi terhadap berbagai isu kekerasan terhadap hewan yang belakangan viral di medsos. “Hanya karena isu kekerasan ini sering terjadi bukan berarti kita harus diam dan membiarkannya terjadi. Saya sangat berharap acara ini dapat membawa lebih banyak kesadaran kepada masyarakat tentang kesejahteraan hewan di Bali dan dapat mendukung masyarakat untuk menunjukkan dukungan mereka melalui program-program BAWA yang telah membantu kesejahteraan hewan Bali selama 15 tahun terakhir,” tandasnya.

Perwakilan BAWA, Cynthia menyampaikan rasa terimakasih kepada mahasiswa LSPR yang sudah peduli dan ambil bagian dalam menyelamatkan hewan dari kekerasan. “Sebagai partner Aroha dalam acara kami juga menunjukkan dukungannya dengan mengatakan Terima kasih kepada LSPR Bali dan Aroha yang berinisiatif membantu kami mencapai misi kami untuk merumahkan kembali anak-anak anjing kami yang diselamatkan. Kami tidak sabar untuk datang ke acara ini dan mudah-mudahan banyak anak anjing kami akan segera mendapatkan rumah baru,” ucap Cynthia.

Acara yang akan diikuti sekitar 50 orang ini berhasil menggalang dana sebesar Rp 500.000 ini akan diisi dengan Ed-talk oleh BAWA untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai isu-isu berkaitan dan juga kelas melukis bersama Piccasolic yang diikuti oleh 10 orang sebagai cara untuk mendukung BAWA secara finansial dengan cara yang menyenangkan dan interaktif.

Kegiatan akan diakhiri dengan hari adopsi anak-anak anjing yang sudah diperlihatkan melalui kampanye digital “Swipe, Match & Adopt”. Pecinta hewan yang memiliki keinginan untuk mengadopsi anak anjing asli Bali dapat datang langsung saat kegiatan dilaksanakan.

“Untuk adopsi memang kami memiliki beberapa kriteria dan akan kami lakukan interview untuk memastikan mereka yang akan mengadopsi sudah tahu tentang kesejahteraan hewan, akan dilakukan survei rumah juga apakah mereka sudah pernah memelihara anjing dan apakah lokasi cocok dengan hewan itu, ” terang Cynthia.

Kolaborasi LSPR dan BAWA diharapkan dapat terus saling mendukung dalam menghadapi masalah serupa dan benar-benar meningkatkan kesadaran akan kesejahteraan hewan yang hidup di Bali.*BWN-03

Tinggal 1,5 Bulan Lagi, Kakanwil DJP Bali Anggrah Warsono Ajak WP Manfaatkan PPS

0
Kepala Kanwil DJP Bali Anggrah Warsono, saat memberikan sosialisasi

Denpasar, baliwakenews.com

Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Bali (Kanwil DJP Bali) kembali mengadakan roadshow sosialisasi tentang Program Pengungkapan Sukarela (PPS) sesuai Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP) Nomer 7 Tahun 2021 kepada wajib pajak potensial Kanwil DJP Bali. Kepala Kanwil DJP Bali Anggrah Warsono, pada kesempatan tersebut mengajak Wajib Pajak (WP) untuk memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.

Program PPS diberlakukan mulai 1 Januari sampai dengan 30 Juni 2022 ini memberikan kesempatan bagi WP untuk mengungkapkan harta bersih yang belum atau kurang diungkapkan dalam surat pernyataan yang dianggap sebagai tambahan penghasilan dan dikenai Pajak Penghasilan yang bersifat final.

Sosialisasi ini diselenggarakan mulai 17 Mei 2022 hingga 31 Mei 2022. Kegiatan sosialisasi tahap pertama pada 17 hingga 19 Mei 2022 diadakan di Ruang Denpasar Prime Plaza Sanur untuk WP KPP Madya dan WP yang terdaftar di wilayah Denpasar dan Badung. Kegiatan sosialisasi ini mengundang 100 WP potensial dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Madya Denpasar pada hari pertama, 100 WP potensial dari KPP Pratama Denpasar Barat dan KPP Pratama Denpasar Timur pada hari kedua, dan 100 WP potensial dari KPP Pratama Badung Utara dan KPP Pratama Badung Selatan pada hari ketiga.

Kegiatan sosialisasi ini dibuka langsung oleh Kepala Kanwil DJP Bali Anggrah Warsono. “Mungkin anda pernah simak bahwa setelah Covid-19 melanda dan berpengaruh pada perekonomian Indonesia kemudian terbit Perpu Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Keuangan untuk Penanganan dalam Pandemi Covid 19 (selanjutnya menjadi UU No 2 tahun 2020) dimana aturan terkait defisit keuangan negara yang sebelumnya dipatok tidak boleh melampaui 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB) kemudian dilonggarkan boleh lebih dari 3% untuk tahun 2020, 2021 dan 2022,” ungkapnya.

Sementara itu pada tahun anggaran 2023 defisit sudah harus kembali menjadi maksimal 3% PDB, sehingga kemudian kita banyak mendengar berita tentang penambahan utang termasuk dalam bentuk surat utang negara dan sukuk syariah yang juga dibeli oleh warga negara Indonesia, karena faktanya kondisi perekonomian lesu, orang tidak bisa berusaha dan penerimaan pajak juga turun.

”Tahun 2020 defisit kita melebar sebesar 5,7% dari PDB dan tahun 2021 defisit menjadi sebesar 4,6% dari PDB. Tahun 2022 defisit diharapkan kurang dari 4,6%, karena tahun 2023 besaran defisit akan kembali menjadi paling tinggi sebesar 3% dari PDB. Hal ini akan dijadikan pertimbangan dalam mendesain APBN 2023 kembali menuju defisit dibawah 3%,” tambah Anggrah.

Oleh karena itu kemudian terbit Undang – undang Nomer 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan Undang undang Nomer 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan untuk mempemudah pelaksanaan administrasi perpajakan sehingga tercermin keadilan bagi Wajib Pajak dengan memberikan semangat kemudahan, kesederhanaan dan less cost compliance.

Dikatakan hingga per 18 Mei 2022 di Kanwil DJP Bali sudah terdapat 734 WP yang memanfaatkan PPS dengan jumlah Pajak Penghasilan (PPh) yang dibayarkan sebesar Rp54,78 miliar. Dari jumlah tersebut terdapat 146 WP yang memanfaatkan kebijakan I dengan PPh yang dibayarkan sebesar Rp12,09 miliar dan 658 WP yang memanfaatkan kebijakan II dengan PPh yang dibayarkan sebesar Rp42,69 miliar.

Terdapat 5 jenis harta bersih yang paling banyak diungkapkan WP, pertama yaitu uang tunai dengan nilai harta bersih sebesar Rp224,4 miliar dan PPh yang dibayarkan sebesar Rp21,7 miliar, yang kedua adalah tabungan dengan nilai harta bersih sebesar Rp67,4 miliar dan PPh yang dibayarkan sebesar Rp8,5 miliar, ketiga tanah dan/atau bangunan untuk tempat tinggal dengan nilai harta bersih sebesar Rp56,2 miliar dan PPh yang dibayarkan sebesar Rp6,9 miliar, yang keempat deposito dengan nilai harta bersih sebesar Rp52,5 miliar dan PPh yang dibayarkan sebesar Rp6,7 miliar, dan yang kelima piutang dengan nilai harta bersih sebesar Rp10,2 miliar dan PPh yang dibayarkan sebesar Rp954 ratus juta.

Anggrah Warsono mengingatkan dan mengajak kembali seluruh masyarakat untuk dapat segera memanfaatkan PPS ini sebelum tanggal 30 Juni 2022. Apabila PPS ini berakhir dan masih ada data berupa harta yang belum dilaporkan oleh WP maka Direktorat Jenderal Pajak akan menindaklanjuti sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kegiatan Roadshow PPS ini masih akan berlanjut pada tanggal 20 Mei 2022 untuk WP yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan, tanggal 25 Mei 2022 untuk WP yang terdaftar di KPP Pratama Singaraja, dan tanggal 31 Mei 2022 untuk WP yang terdaftar di KPP Pratama Gianyar.*BWN-03

Diskerpus Badung Raih 2 Penghargaan  

0
Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Badung Ni Wayan Kristiani menerima Penghargaan saat puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-51 dan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Kearsipan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Mangupura, baliwakenews.com

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ni Wayan Kristiani mewakili Bupati Badung menerima Penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo didampingi Kepala ANRI, Imam Gunarto pada puncak Peringatan Hari Kearsipan ke-51 dan Rapat Koordinasi (Rakor) Pengawasan Kearsipan di Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Selasa (17/5). Ada 2 (dua) penghargaan yang diterima diantaranya kategori Penghargaan Nilai Pengawasan Kearsipan Tahun 2021 dengan kategori A “Memuaskan” di peringkat 7 (tujuh) nasional dan kategori Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional Tahun 2022 di peringkat 5 (lima) dari 508 kab/kota se-Indonesia.

Dalam kegiatan yang bertemakan “Sinergi Kearsipan Untuk Kemajuan Bangsa” ini, Kabupaten Badung merupakan satu-satunya Kabupaten di Indonesia yang menerima penghargaan Lomba Simpul Jaringan Terbaik Nasional dan pada saat yang bersamaan Kadis Kerpus Ni Wayan Kristiani juga ditunjuk dan dikukuhkan sebagai Bendahara dalam susunan Pengurus Asosiasi Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) se-Indonesia.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Imam Gunarto mengatakan terdapat empat kategori anugerah yang akan diberikan kepada Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, dan BUMN, yakni kategori Penghargaan Memori Kreatif Bangsa, Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional 2022, Penghargaaan Komitmen Bidang Kearsipan kepada Pimpinan Daerah di Lingkungan Provinsi Riau, dan Penghargaan Nilai Pengawasan Kearsipan Tahun 2021. ”Pemberian anugerah Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional ini penting dalam upaya peningkatan pengelolaan SIKN dan JIKN sebagai upaya pembinaan terhadap Simpul Jaringan,” jelasnya.

Sementara itu Kadiskerpus Ni Wayan Kristiani usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih kepada pihak dan jajaran terkait yang telah bekerja maksimal sehingga bisa mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat. Meski mendapat penghargaan, pihaknya mengaku, tidak terlena dan berpuas diri dengan hasil yang dicapai saat ini karena masih banyak yang harus disempurnakan kedepannya. “Pandemi bukan halangan untuk berkarya dan meraih prestasi, kerja ikhlas dengan semangat gotong royong menuju Badung Hebat,” imbuhnya.BWN-HB

Bupati Giri Prasta Serahkan Dana Hibah Kepada MDA dan PHDI Badung  

0
Bupati Nyoman Giri Prasta didampingi Sekda Adi Arnawa saat menyerahkan bantuan dana hibah operasional kepada MDA dan PHDI Kabupaten Badung di Puspem Badung

Mangupura, baliwakenews.com

Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menekankan kepada Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Badung agar segera melakukan koordinasi dengan Prajuru Majelis Madya, Majelis Alit begitu juga dengan para Bendesa dan Baga yang ada di setiap desa adat. Dalam rangka memberikan pelatihan kepada srati, membentuk Warung Uparengga dan mengembangkan peternakan babi/ayam caru untuk kebutuhan upakara. “Kita harus bertaruh penuh dalam melestarikan dan mengembangkan adat, karena adat dan budaya merupakan aset utama Pulau Bali.

Untuk itu saya sampaikan kepada prajuru desa adat agar selalu menjalin komunikasi dengan pemerintah. Karena keberadaan desa adat dan prajuru menjadi tanggung jawab kita, agar jangan sampai ayah-ayahan prajuru desa adat, metemahan wicara maupun matemahan wisya. Sudah tuyuh ngayah malah kena masalah hukum untuk itu kita wajib mengedepankan prinsip kehati-hatian,” demikian ucap Bupati Giri Prasta didampingi Sekda Adi Arnawa saat menyerahkan bantuan dana hibah operasional kepada MDA dan PHDI Kabupaten Badung masing-masing sebesar Rp 450 juta, Kamis (19/5) bertempat di Kantor Bupati, Puspem Badung. Turut hadir Kadisbud I Gede Eka Sudarwitha, jajaran pengurus MDA dan pengurus PHDI Kabupaten Badung

Disamping itu Bupati Giri Prasta juga menginginkan MDA Kabupaten Badung agar memberikan sosialisasi kepada 122 Desa Adat untuk melakukan pendataan terhadap berapa jumlah Pura yang ada di masing-masing wilayahnya. “Kedepan setelah selesai semua pembangunan pura yang ada di Kabupaten Badung, saya mau setiap pura yang ada di 122 desa adat, akan kami anggarkan dana upakara piodalan untuk tingkat Madya dan Alit pertahunnya. Sementara untuk upakara piodalan tingkat utama kita anggarkan dana dari Dinas Kebudayaan, tujuan saya adalah agar Krama Badung tidak sampai mengeluarkan urunan berkenaan dengan adat agama tradisi seni dan budaya,”ujarnya.

Disisi lain Bupati Giri Prasta juga mengungkapkan bahwa pihaknya turut memberikan bantuan dana operasional kepada PHDI untuk menghindari terjadinya kevakuman pelayanan terhadap Umat Hindu di wilayah Kabupaten Badung. Sedangkan dalam menyikapi dualisme PHDI, Bupati Giri Prasta menegaskan pihak manapun yang nantinya diakui oleh pemerintah pusat, itu yang nanti dilaksanakan di Kabupaten Badung. “Itu hal yang prinsip karena kami di Kabupaten Badung, PHDI dan MDA sudah berkolaborasi dari dulu dalam memberikan pelayanan kepada Umat Hindu yang ada di Kabupaten Badung.

PHDI Badung juga kami minta untuk melaksanakan kegiatan Dharma Santi yang bisa diadakan sebelum Hari Raya Galungan ataupun setelah Hari Raya Nyepi dengan memberikan pelatihan kepada para pemangku, serati dan yowana. Selain itu bisa juga melaksanakan kriya patra/mencetak buku yang dijadikan pegangan pemangku sehingga kedepan ada pakem terkait pelaksanaan pujawali. Misalkan, melaksanakan dewa Pratista agar sesuai dengan Lontar Panglukuning Dasa Aksara dan Lontar Panglukuning Panca Aksara Pari Kandaning Parahyangan ini, bisa dilakukan dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua MDA Kabupaten Badung Anak Agung Putu Sutarja didampingi Ketua PHDI Kabupaten Badung Gede Rudia Adiputra mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung karena telah memberikan perhatian yang begitu besar terhadap pelestarian dan pembangunan desa adat maupun pelayanan kepada umat yang ada di wilayah Kabupaten Badung. “Kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Bupati beserta jajaran, dan kami juga selalu berkomitmen untuk menjalin sinergi dan kolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Badung dalam rangka mendukung dan mensukseskan semua kebijakan dan program pembangunan yang dicanangkan pemerintah kabupaten,” ujarnya.BWN-HB

Wabup. Suiasa Terima Audiensi dari Yowana Kecamatan Abiansemal, Terkait UMKM Generasi Muda

0
Wabup Ketut Suiasa menerima audiensi dari Yowana Kecamatan Abiansemal di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung

Mangupura, baliwakenews.com

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menerima audiensi dari Yowana Kecamatan Abiansemal terkait Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khusus yang dirintis oleh generasi muda, bertempat di Rumah Jabatan Wakil Bupati, Puspem Badung, Kamis (19/5). Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan IB Gede Arjana, Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan I Made Widiana, OPD terkait dilingkungan Pemkab Badung, manggala pasikian Yowana Kecamatan Abiansemal beserta Bendesa Alit Kecamatan Abiansemal.

Seusai menerima audiensi Wabup Suiasa mengatakan, berkenaan dengan diadakan audiensi sekaligus dilakukannya koordinasi dari para Yowana, khususnya yang diinisiasi oleh paiketan Yowana Kecamatan Abiansemal, yang diikuti oleh pengurus Sekaa Teruna dari 4 (empat) Desa Adat yang ada di Desa Mambal saat hari ini. Pada intinya mereka ingin secara sungguh-sungguh untuk berdedikasi dalam mempersiapkan kehidupan mereka berkualitas di masa depan,  tidak sebatas pada peningkatan kualitas SDM, maupun karakter mereka.

Mereka sudah berani mengambil langkah-langkah untuk bagaimana juga memikirkan dari segi ekonomis untuk bergerak di bidang UMKM. “Tentu isu sekaligus topik yang dibicarakan sangatlah penting dan strategis, maka saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Badung sangatlah mengapresiasi, disamping saya merasa bangga atas inisiasi yang dilakukan oleh generasi muda, tentu inilah yang kita harapkan. Dan kebetulan kita ingin menggalakan dari segi UMKM di segala sektor, terlebih-lebih kita ingin menggerakan SDM pada generasi muda,” ungkapnya.

Lebih lanjut Suiasa menjelaskan, suatu konsep perkembangan UMKM dari segi kemitraan di bidang sektor UMKM agar dirumuskan dengan konsep yang baik dan matang. Kedepan  akan segera dieksekusi konsep ini, bahwa kedepan UMKM dari segi kemitraan ini benar-benar memberikan manfaat positif bagi generasi muda dari segi ekonomi masyarakat secara menyeluruh. “Inilah satu keputusan yang kita hasilkan, oleh karena itu justru apa yang dilakukan generasi muda menjadi pemacu dan pemikiran bagi kami di Pemerintah Kabupaten Badung untuk bergerak cepat mengambil langkah-langkah strategis dalam mengembangkan sektor UMKM bagi generasi muda,”jelasnya.

Sementara Perwakilan Manggala Pasikian Yowana Kecamatan Abiansemal Made Darmawan menyampaikan maksud dan tujuan terkait pertemuan hari ini adalah untuk mendukung misi Pemerintah Kabupaten Badung yang salah satunya memantapkan kreativitas seni dan budaya masyarakat yang berorientasi pada pelestarian kearifan lokal dan pemberdayaan ekonomi kreatif dan UMKM berdasarkan potensi wilayah dan masyarakat. Lebih lanjut dilaporkan bahwa di Kecamatan Abiansemal ada 115 sekaa teruna yang tergabung dalam satu grup atau wadah yang dalam hal ini adalah Pasikian Yowana Kecamatan Abiansemal.

Terkait dengan UMKM khusus bagi generasi muda di kecamatan Abiansemal sudah banyak dari kalangan generasi muda yang sudah berkecimpung dalam dunia UMKM diantaranya ada yang membuka kopi shop, barbershop, membuat patung dan usaha lainnya. “Tentunya melalui pertemuan audiensi ini kiranya Pemerintah Kab Badung yang dalam hal ini Bapak Wakil Bupati bersama dinas terkait untuk selalu memberi tuntunan dan arahan serta bantuan sehingga apa yang menjadi program terkait UMKM khususnya di kalangan generasi muda di Kecamatan Abiansemal dapat berkembang di jaman digital seperti sekarang ini,” harapnya.BWN-HB

Sekda Adi Arnawa Sembahyang bersama Ikut Ngastiti Bakti Puja Wali

0
Sekda Wayan Adi Arnawa menghadiri acara Pujawali Jaba Jero di Pura Alas Harum Desa Adat Batubayan, Desa Taman, Kecamatan Abiansemal

Mangupura, baliwakenews.com

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, menghadiri acara Pujawali Jaba Jero di Pura Alas Harum Desa Adat Batubayan, Desa Taman, Kecamatan Abiansemal, Rabu (18/5). Dalam kesempatan ini turut mendampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Dirgayusa, Camat Abiansemal Ida Bagus Putu Mas Arimbawa beserta Unsur Tripika Kecamatan Abiansemal, Perbekel Desa Taman I Gusti Made Sudarpa. Pujawali Jaba Jero di Pura Alas Harum dipuput Ida Pedanda Griya Kediri Sangeh dan Pemerintah Kabupaten Badung membantu dana sebesar Rp 15 juta.

Dalam Sambrama wacananya Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, mengucapkan syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi karena bisa berkumpul untuk melaksanakan persembahyangan dalam acara piodalan Pujawali Jaba Jero di Pura Alas Harum. Dalam menjalankan dan melakukan upacara maupun upakara adat, krama Desa Adat Taman harus melaksanakannya dengan hati yang tulus dan iklas dengan memiliki etikad yang baik suci ning nirmala, agar pelaksanaan karya suci ini sukses dan lancar seperti yang diharapkan dan juga merupakan stiti bakti kita kepada Ida Betara yang berstana di Pura Alas Harum ini.

“Harapan Kami semoga dengan upacara yang suci ini dan dibarengi dengan doa kita bersama kehidupan dapat normal kembali seperti dulu lagi. Kepada masyarakat semua, walaupun sekarang ini Covid sudah mereda dan Bapak Presiden juga sudah memperbolehkan untuk tidak memakai masker namun kita harus waspada agar kita semua tetap sehat dan situasi yang kondusif demi mengembalikan kepercayaan wisatawan mancanegara untuk tidak lagi ragu- ragu datang ke Bali, apalagi kita di Badung sumber PAD berasal dari pariwisata, maka dengan adanya upacara di hari yang baik dan suci ini kita selalu diberikan kerahayuan, keselamatan agar upacara dapat berjalan dengan lancar sida sidaning don,” ujarnya.

Sementara itu Manggala Karya Subak Abian Alas Harum I Made Mindrawan, mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Sekda Badung beserta undangan yang lain sudah bersedia hadir ditengah- tengah masyarakat pengempon pada pujawali di Pura Subak Abian Alas Harum, Desa Adat Batubayan. “Dapat kami sampaikan keberadaan Pura Alas Harum ke empon oleh Desa Adat Batubayan sebanyak 89 KK dan dibagi jadi 2 banjar yaitu Banjar Batubayan dan Banjar Ketogan. Pura ini memang dari dulu sudah seperti ini hanya memiliki Dwi Mandala dan kami bersama tokoh-tokoh masyarakat setempat sudah mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten Badung agar kami bisa untuk membuatkan Pura Alas Harum Tri Mandala, ” harapnya.BWN-HB

Truk Sampah Hantam Mobil dan Motor di Sempidi

0
TABRAKAN-Kecelakaan beruntun terjadi di depan Hotel Made Bali, Jalan Raya Sempidi, Mengwi, Badung, Kamis (19/5)

Mangupura, baliwakenews.com

Tiga kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di depan Hotel Made Bali, Jalan Raya Sempidi, Mengwi, Badung, Kamis (19/5) sekitar pukul 07.30. Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Namun salah satu pengendara mengalami cedera parah. Hasil olah TKP polisi, diketahui penyebab kecelakaan tersebut diduga akibat kelalaian pengemudi truk pengangkut sampah DLHK Kabupaten Badung.

Kasi Humas Polres Badung Iptu Ketut Sudana mengatakan, peristiwa tersebut berawal saat mobil Daihatsu Sigra DK 1404 QG yang datang dari arah selatan hendak belok ke arah kanan. Karena dari arah berlawanan melaju sepeda motor, pengemudi mobil Purnawan (50) berhenti di tengah jalan. “Jalurnya utama serta lurus dan ramai kendaraan lalu lalang,” katanya.

Saat bersamaan di belakang mobil Daihatsu Sigra, melaju Truk Hino DK 8124 QG milik DLHK Kabupaten Badung yang dikemudikan Kadek Suastika (42). Rupanya, Kadek Suastika yang beralamat di Padangsambian, Denpasar Barat itu tidak fokus dan memperhatikan mobil hendak menyerang di depannya.

Truk itu lantas menghantam bagian belakang mobil Daihatsu Sigra. Mobil warna putih yang dikemudikan oleh pria asal Dalung, Kuta Utara itu terlempar ke kanan. “Saat bersamaan sepeda motor Honda Varioa DK 5151 JS yang dikendarai Ketut Tarmika (50) dihantam oleh mobil Daihatsu Sigra,” beber Sudana.

Akibat benturan, pengendara motor asal Mengwi, Badung itu terlempar. Dia mengalami patah kaki kanan, luka di wajah dan kini dirawat di RS Mangusada Badung. “Pengemudi truk masih diperiksa di Kantor Satlantas Polres Badung,” tegasnya. BWN-01

Sembahyang Bersama, Pujawali di Pura Dalem Pangsan

0
Bupati Nyoman Giri Prasta saat menghadiri dan melaksanakan persembahyangan bersama upacara pujawali lan pawintenan pemangku Pura Dalem Pangsan, Kecamatan Petang

Mangupura, baliwakenews.com

Rasa bangga disampaikan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melihat krama Desa Adat Pangsan bersatu dan saling bergotong royong dalam melaksanakan pembangunan di desa. Seperti yang Beliau saksikan saat menghadiri dan melaksanakan persembahyangan bersama upacara pujawali lan pawintenan pemangku Pura Dalem Pangsan, Kecamatan Petang, Rabu (18/5). “Kami selaku pemerintah sangat bangga, atas semangat krama ngaturang ayah-ayah.

Ini membuktikan krama bersatu dan Desa Pangsan akan maju, “kata Bupati Giri Prasta. Sebagai wujud bhaktinya, Bupati medana punia Rp 50 juta dan secara pribadi Rp 15 juta. Untuk organisasi Yowana Desa Adat Pangsan, Bupati membantu Rp 10 juta. Hadir anggota DPRD Badung I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, Kadis Kebudayaan I Gede Eka Sudarwitha, Plt. Camat Petang I Gst Bagus Adi Parwata, Bendesa Adat Pangsan IB Gede Surya Darma dan Perbekel Pangsan I Made Gantiana.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkab Badung melalui Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) berkomitmen melaksanakan pembangunan yang terpola dan menyeluruh. Untuk itu segala pembangunan di desa, baik itu pembangunan Pura, Wantilan, Bale Banjar, Bupati siap membantu termasuk upacara dan upakara. Sekaa teruna, sekaa seni dan organisasi kemasyarakatan juga diberdayakan, termasuk para pemangku kahyangan tiga dan pemangku merajapati turut diperhatikan. “Kami berkomitmen membantu meringankan beban masyarakat badung yang kebanyakan waktunya habis di adat dan banyak dananya untuk meyadnya,” jelasnya.

Untuk pembangunan di Pangsan sendiri, tambah Giri Prasta, pada tahun ini telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan Pura Merajapati dan Wantilan sebesar Rp 3,6 M. Selain itu, Pura Penataran, terutama wantilannya juga telah masuk dan telah dianggarkan Rp 556 juta serta Pura Pucak Meru sudah masuk di anggaran induk 2023. “Program mamukur kinembulan di Desa Pangsan juga sudah masuk sebesar Rp 400 juta,” tambah Bupati.

Sementara Bendesa Adat Pangsan IB Gede Surya Darma menyampaikan, pujawali di Pura Dalem Pangsan dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Keniten, Griya Kediri Sangeh. Upakara yang dihaturkan berupa dua buah bebangkit. Satu bebangkit dihaturkan di luhur dan satu lagi di upakara pawintenan. Mangku yang melaksanakan upacara pawintenan yakni Pemangku Anyar, I Gst Ngr Suratna Putra lan Gst Ayu Suciati merupakan keturunan mangku lingsir yang ngayah di Pura Dalem.

Pujawali yang dilaksanakan selama tigang rahina ini diperkirakan menghabiskan biaya kurang lebih 65 juta. Pihaknya juga sangat berterima kasih kepada Bupati Badung yang telah membatu pembangunan Pura Dalem, dan rencana kedepan akan digelar karya ngenteg linggih. “Kami atas nama krama Desa Adat Pangsan menyampaikan terima kasih, Bapak Bupati telah banyak sekali membantu pembangunan di Desa Pangsan, termasuk dukungan Bupati terhadap rencana pembangunan Pura Merajapati dan Wantilan,” ungkapnya.BWN-HB

Polres Tabanan Tangkap Tujuh Tersangka Narkoba, Satu Diantaranya Oknum TNI

0
DIAMANKAN-Sejumlah tersangka penyalahguna narkoba saat diamankan di Polres Tabanan

Tabanan, baliwakenews.com

Oknum anggota TNI berinisial NS (43) yang ditangkap oleh aparat Satresnarkoba Tabanan masih diperiksa secara internal di Denpom IX/Udayana. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dians Candra dalam keterangan persnya, Rabu (18/5).

Pemeriksaan terhadap NS, yang bertugas di Bekangdam Udayana itu dibenarkan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) IX/Udayana Kolonel Kav Antonius Totok Yuniarto P. “Memang benar satu anggota TNI ditangkap di Tabanan karena narkoba dan sekarang sedang ditahan oleh Pomdam. Kalau yang ditangkap di Polresta Denpasar dengan pengacara, belum ada laporan jika yang bersangkutan adalah anggota TNI,” bebernya.

Sementara Kapolres Tabanan mengatakan, oknum TNI itu sebelumnya ditangkap di Jalan Darmawangsa, tepatnya di timur Kantor Bupati Tabanan, Jumat (13/5) sekitar pukul 24.45. Saat itu, NS dibonceng rekannya bernama Wayan Sudarma (54). “Keduanya sedang mengambil paketan sabu-sabu (SS) di TKP,” bebernya.

Oknum TNI yang beralamat di Desa Buduk, Mengwi, Badung itu berupaya melarikan diri saat hendak ditangkap. Bahkan dia sempat membuang paketan SS untuk menghilangkan barang bukti. “Setelah dilakukan pencarian, akhirnya SS yang sempat dibuang kemudian ditemukan. Berat barang bukti yang diamankan 0,2 gram. Mereka mengaku hanya pengguna, dan telah tiga kali mengambil paketan di TKP,” ucap Ranefli.

Lebih lanjut dikatakannya, selain menangkap NS dan Wayan Sudarma, pihaknya juga mengamankan lima tersangka penyalahgunaan narkoba lainnya. Mereka ditangkap dalam waktu dua pekan. Dari para tersangka, diamankan barang bukti SS seberat 30,32 gram. BWN-01

Konsolidasi Partai Golkar di Badung, Kader Sepakat Usung Ketua DPD Wayan Suyasa Maju Bupati Badung Tahun 2024

0
GOLKAR-Ketua DPD Partai Golkar Badung, I Wayan Suyasa saat melakukan orasi politik di hadapan para kader serta pengurus partai dalam kegiatan konsolidasi internal Partai Golkar Kabupaten Badung

Kerobokan, baliwakenews.com

Seluruh Kader Partai Golkar Kabupaten Badung melakukan konsolidasi partai di rumah Sekretaris DPD Partai Golkar Badung, AAN Ketut Agus Nadi Putra pada Senin 16 Mei 2022. Dalam konsolidasi tersebut seluruh kader sepakat mengusulkan Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Badung, I Wayan Suyasa maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. Hadir dalam kesempatan tersebut Dewan pertimbangan Partai Golkar Kabupaten Badung, organisasi sayap Partai Golkar, staf ahli Fraksi, Bakumham Partai Golkar serta seluruh fraksi Partai Golkar di DPRD Badung serta pengurus PK dan PD Golkar Badung.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI , AAN Bagus Adi Mahendra Putra dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, sekarang revolusi 5.0, masyarakat banyak mengaktualisasikan dirinya melalui gadget ini mempermudah mensosialisasikan gencarnya kegiatan Ketua DPD Golkar Badung. “Target Golkar saat ini berusaha untuk menang. Kita harus sudah mendesain kemenangan ini dengan berbasis data mari kita kawal ini jumlah penduduk dan jumlah pemilih kita. Ingat strat kita di Pemilihan Legislatif dan harus menang . dan finis kita adalah Suyasa Bupati Badung, tanpa kita memegang kepala daerah di Kabupaten Badung, kita makin sulit mengembangakan Partai Golkar di Badung. Jangan Jadi ekor lagi, harus menjadi kepala,”ujarnya.

Hal senada juga disampaikan para pengurus PK Golkar Se Badung, Pimpinan Kecamatan ini mendukung serta siap mengawal agara Ketua DPD Partai Golkar Badung, I Wayan Suyasa menjadi Calon Bupati Badung dan memenangkannya untuk menjadi Bupati di tahun 2024. “Kami siap mendukung serta siap memenangkan bapak Ketua DPD kita untuk menjadi Bupati Badung dalam Pilkada 2024. Kami juga berharap pusat memberikan rekomendasi kepada Bung Ketua DPD Golkar Badung, bapak Wayan Suyasa untuk menjadi Calon Bupati Badung,” ungkap Ketua PK Golkar Kecamatan Mengwi mewakili pengurus PK Golkar se-Badung.

Menyikapi aspirasi tersebut, Ketua DPD Partai Golkar Badung, Wayan Suyasa mengatakan, pihaknya berterimakasih atas aspirasi yang disampaikan, untuk jangka pendek harus menghadapi Pileg dulu agar memperoleh peningkatan kursi sehingga mampu mengusung calon nantinya. Sebenarnya, rapat ini untuk kembali menggetok tularkan Partai Golkar di masing-masing wilayah yang ada melalui anggota fraksi dulu dilakukan, karena fraksi adalah barometer partai serta petugas partai yang mendapatkan jabatan sebagai wakil rakyat dan mereka lah nantinya menjadi pioneer memberanikan diri bahwa di wilayahnya tersebut ada Partai Golkar. “Tujuan kegiatan ini adalah untuk mensolidkan seluruh kader dalam membesarkan partai. Solid administrasi sudah kita lakukan, tugas-tugas partai secara administratif sudah kita penuhi. Semua jabatan struktural juga sudah dipenuhi di Partai Golkar dan hal ini harus dipertahankan dengan dilakukannya kegiatan konsolidasi ini. Ideologi partai ini harus dipertahankan agar selalu bangga menjadi Kader serta pengurus Golkar,”ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tujuan jangka pendek saat ini adalah Pileg tahun 2024, pihaknya selaku petugas partai bersama teman-teman sudah mendeklarasikan diri tidak maju ke Legislatif, Ia mengaku konsen dulu mengurus partai ini, baik untuk meningkatkan perolehan kursi di Pileg dan Pilpres. Hal ini dikarenakan moral sebagai ketua DPD Golkar Badung dalam menaikan kursi di Legislatif dari 10 kursi menjadi 12 kursi. “Saya diamanahkan untuk memimpin partai ini, jadi minimal kursi harus naik dari yang sekarang. Kemarin 10 sekarang minimal 12 kursi. Semua ini bisa dilakukan harus bersama-sama untuk membesarkan partai,”ungkapnya.BWN-05

Jika Juara Turnamen Voli, Ini Hadiah yang Dijanjikan Pemerintah Desa Sedang

0
Tim voli putri Porsedang

Badung, baliwakenews.com

Tim voli putri Desa Sedang kini siap mengawali perjalanan mereka di Turnamen Bola Voli PBVSI Badung tahun ini. Porsedang putri siap bertanding melawan empat tim lainnya dan perjalanan mereka diawali melawan Putri Bongkasa, Kamis (19/5) sore di GOR Purna Krida, Kerobokan.

Sebagai salah satu tim unggulan di sektor putri, tentu saja ada target yang diharapkan yakni juara. Wajar saja, karena mayoritas tim putri Porsedang saat ini merupakan atlet voli putri Porprov Badung yang disiapkan menuju Porprov Bali tahun ini.

Ada hadiah spesial yang diberikan Pemerintah Desa Sedang jika tim voli putri Porsedang sukses merengkuh juara di turnamen ini. Tirta Yatra ke Jawa Timur menjadi bonus apabila Mira Listyawati dkk sukses menjadi kampiun.

Hal itu disampaikan pelatih Porsedang Putri, I Nyoman Gede Gendara saat diwawancarai. “Ya pemerintah Desa Sedang lewat perbekel memberikan janji bonus itu jika anak-anak bisa keluar sebagai juara. Pemerintah Desa Sedang memang total mensupport tim voli, baik putra dan putri,” ujar Nyoman Gendara.

Lantas bagaimana persiapan Porsedang Putri sendiri di turnamen kali ini? Pria yang juga menjabat sebagai Binpres PBVSI Badung dan Bali ini telah menggembleng 12 pemain secara intens. Apalagi selusin pemain itu, mayoritas tergabung di tim Porprov Badung putri saat ini.

Menjadi tim unggulan justru sedikit menjadi beban, mengingat status dihuni pemain Porprov Badung tersebut. Masalahnya adalah sebagian pemain masih belum memiliki jam terbang.

“Ada tiga pemain yang senior seperti Mira Listyawati, Devi Wardani dan Ayu Wulandari, sisanya debutan. Karena tiga tahun kompetisi vakum baik Porjar Badung maupun Bali, jadi tidak ada wadah untuk asah kemampuan. Semoga mental dan kepercayaan diri mereka konsisten,” tegas pria yang juga berprofesi sebagai guru ini.

Porsedang Putri sendiri mengawali perjalanannya di turnamen ini dengan melawan Putri Bongkasa, Kamis sore nanti di GOR Purna Krida, Kerobokan. BWN-06

Tim SAR Evakuasi Warga Terjebak di Dalam Sumur

0
Istimewa Dievakuasi: Tim SAR saat mengevakuasi warga yang terjebak di dalam sumur

Jembrana, baliwakenews.com

Seorang warga Ketugtug Banjar Kemenuh, Kelurahan Loloan Timur terjebak di sumur sedalam kisaran 10-15 meter, Kamis (19/5/2022). Dari laporan yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), diketahui identitas korban atas nama Muhammad Fariz (21).

“Informasi kami terima tadi dari lurah Loloan Timur pada pukul 09.43 Wita untuk meminta bantuan evakuasi, ” terang Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P. Tinggi bibir sumur berkisar 30 cm dan berada di dalam rumah. Kronologis kejadian berawal saat korban bersih-bersih dengan turun kebawah menggunakan tangga, namun tak lama berselang ia meminta pertolongan. Ayah korban berusaha menolong akan tetapi tidak bisa menjangkau.

Sebanyak 9 personil dari Pos Pencarian dan Pertolongan Jembrana bergerak ke lokasi untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan peralatan mountainnering. Satu orang rescuer diturunkan ke bawah sumur dengan bantuan larkin rescue frame dan sudah memakai perlengkapan SCBA. Pada pukul 11.30 Wita korban telah terevakuasi dalam keadaan meninggal dunia. Hasil pemeriksaan dari pihak Inafis Polres Jembrana kematian korban diduga karena sesak nafas. Selanjutnya jenasah Fariz langsung diserahkan kepada pihak keluarga di rumah duka.

Selama proses evakuasi turut melibatkan Basarnas Bali, Polres Jembrana, Polsek Jembrana, BPBD Jembrana, Babinsa Loloan Timur, Babinkamtibmas Loloan Timur, SAR 115, Puskesmas Jembrana. BWN-04

Ketua DPRD Badung Parwata Perkenalkan Beras C-PAR ke Danrem 163/Wirasatya

0
DANREM-Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata, MM, MK Rabu 18 Mei 2022 memperkenalkan produksi beras C-Par kepada Danrem 163/Wirasatya Brigadir Jenderal TNI Choirul Anam, S.E., MM.

Mangupura, baliwakenews.com

Ketua DPRD Badung Dr. Drs. Putu Parwata, MM, MK Rabu 18 Mei 2022 memperkenalkan produksi beras C-Par kepada Danrem 163/Wirasatya Brigadir Jenderal TNI Choirul Anam, S.E., MM. Putu Parwata menjelaskan bahwa produk beras C-PAR ini bertujuan membantu masyarakat khusunya petani di Badung. Karena produk ini diolah langsung oleh petani Badung.

Putu Parwara mengatakan, perkenalan produksi beras C-Par tersebut mendapat apresiasi dari Dandrem. “Kami sebagai owner PT PADI ALAM SEMESTA (PAS) mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi beras C-Par. Beras ini sangat layak untuk dikonsumsi karena memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang murah dan terjangkau,” kata Parwata.

Parwata mengatakan, produksi beras ini bisa membantu kegiatan UMKM di Kabupaten Badung sebagai ladang bisnis. Apalagi di tengah Covid-19, dengan mengolah dan menjual produksi beras ini sebagai pengembangan bisnis maka secara ekonomi akan membantu masyarakat Badung.

Putu Parwata menambahkan, terobosan petani Badung mengembangkan produk beras C-PAR untuk lahan bisnis ini untuk mengantisipasi situasi Covid-19. Secara signifikan dengan adanya pengembangan beras C-Par ini mampu meningkatkan pendapatan ekonomi petani di Badung. BWN-05

Berenang di Pantai Kuta, Seorang Hilang Terseret Arus

0
Istimewa Hilang: Seorang hilang di Pantai Kuta belum ditemukan

Kuta, baliwakenews.com

Satu orang terseret arus dan tenggelam saat berenang di Pantai Kuta, Badung, Rabu (18/5/2022) sekitar pukul 18.30 Wita. Anggota Polsek Kuta yang melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Bali belum mengetahui identitas korban.

“Laporan kami terima pukul 19.05 Wita dari bapak Sutayana, adanya 1 orang terseret arus di Pantai Kuta, di depan salah satu mall,” jelas Kepala Kantor Basarnaa Bali (Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar), Gede Darmada, S.E., M.A.P. Menanggapi informasi tersebut, digerakkan 4 orang personil menuju lokasi untuk melakukan koordinasi.

Pencarian dengan penyisiran di laut tidak memungkinkan, mengingat jarak pandang sangat terbatas. “Tim yang ada di Pantai Kuta melakukan koordinasi dengan unsur SAR lainnya dan juga menyisir sepanjang bibir pantai, ” ungkapnya. Apabila malam ini upaya pencarian tidak memberikan hasil maka operasi SAR akan dilanjutkan besok pagi. BWN-04