web analytics

Tegang Sampai Akhir, Gianyar Patahkan Dominasi Badung

0
Untuk pertama kalinya dalam lima edisi Porprov Bali, tim voli indoor Badung gagal mengawinkan medali emas Porprov di putra dan putri

Tabanan, Baliwakenews.com

Untuk pertama kalinya dalam lima edisi Porprov Bali, tim voli indoor Badung gagal mengawinkan medali emas Porprov di putra dan putri. Adalah tim putra Gianyar yang dengan gigih mengalahkan putra Badung dalam babak final, Sabtu (26/11) di GOR Debes Tabanan. Sementara emas putri diraih Badung setelah mengalahkan Jembrana.

Putra Badung yang berstatus sebagai juara bertahan tak bisa berbuat banyak melawan Gianyar. Di set I, Gianyar memimpin meski tipis, 25 melawan 21. Di set kedua lebih seru lagi. Bahkan skor akhir terhenti di 37-35 untuk kemenangan Gianyar. Unggul 2-0, Gianyar di atas angin, sebaliknya Badung dalam tekanan untuk membalikkan keadaan. Sayang di set III perlawanan Badung terhenti dan Gianyar kembali menang dengan skor 25-20 dan berhak atas medali emas.

Sementara di perebutan medali perunggu, Karangasem mengandaskan perlawanan tuan rumah Tabanan. Untuk di putri, Badung masih ‘terselamatkan’ setelah asuhan Nyoman Gendara dkk mengalahkan putri Jembrana tiga set langsung. Untuk medali perunggu diraih tim putri Kota Denpasar.

Ketua Umum Pengprov PBVSI Bali, I Nyoman Sukanada usai final mengatakan puas dengan penampilan seluruh tim yang berlaga. “Porprov Bali kali ini berjalan sukses dan lancar. Bagi yang juara agar tetap konsisten dan terus memacu diri. Dan bagi yang kalah jangan merasa kecewa, karena kesempatan bermain di Porprov Bali adalah sebuah kebanggaan tersendiri,” tandasnya. BWN-06

Penanganan Abrasi Tanjung Benoa Digarap Desember, Sanur dan Nusa Dua Sudah Mulai Dikerjakan

0
Istimewa Abrasi: Abrasi pantai Tanjung Benoa yang akan mendapat penangganan dari pihak BWS.

Kutsel, baliwakenews.com

Teka-teki kapan abrasi Pantai Tanjung Benoa akhirnya terjawab. Abrasi yang dukeluhkan Tokoh dan Pengusaha watersport direncanakan akan digarap Desember ini. Bahkan anggarannya pun sudah siap yakni sebesar Rp 15 Miliar sepaket dengan Sanur dan Nusa Dua. Demikian dijelaskan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Sungai Pantai I, Balai Wilayah Sungai Bali Penida (BWS BP), Wayan Riasa Jumat (25/11/2022). Menurut Riasa untuk Penanganan abrasi di Tanjung Benoa tersebut sudah terkontrak dalam satu paket pengurukan pasir dengan abrasi yang ada di Sanur dan Nusa Dua. “Kalau yang di Sanur dan Nusa Dua pengerjaanya sudah dimulai,” ungkapnya.

Kenapa yang di Tanjung Benoa belum dikerjakan, kata dia karena pihaknya masih menunggu dilaksanakannya tahapan sosialisais ke masyarakat setempat. Dimana rencananya sosialisasi baru bisa dilaksanakan di atas tanggal 3 Desember mendatang. Hal itu berdasarkan hasil koordinasi pihaknyadengan Bendesa Adat dan aparat terkait di Tanjung Benoa. Pihaknya diberikan jadwal melakukan sosialisasi setelah tanggal 3 Desember karena saat ini di Tanjung Benoa sedang dilaksanakan Ngaben Massal. “Setelah dilakukan sosialisasi mulai dilakukan persiapan. Mungkin seminggunya sudah mulai pengerjaan,” ujarnya.

Dimana pengerjaanya diperkirakan akan selesai di Tahun 2023. Dimana proyek ini bersifat loan dan Multi Years pengerjaanya sehingga tidak terpengaruh akan waktu. Adapun sumber dana dari proyek ini adalah anggaran pemerintah pusat yang merupakan pinjaman Jepang. “Anggarannya memang relatif kecil hanya 15 Miliar untuk satu Paket Sanur, Tanjung Benoa dan Nusa Dua,” imbuhnya sembari menambahkan dari tiga lokasi tersebut yang paling besar anggarannya adalah untuk perbaikan di Tanjung Benoa. Karena di Sanur dan Nusa Dua Kerusakannya relatif kecil.

Keluhan akan abrasi ini sudah beberapa kali disampaikan para tokoh setempat dan juga pengusaha watersport atau wisata bahari yang ada di sana. Karena abrasi yang semakin parah telah mengancam lokasi usaha mereka dan menggerus pasir yang ada di pesisir Pantai Tanjung Benoa. BWN-04

Aksi Sosial “Menyapa dan Berbagi” TP PKK Provinsi Bali, Ratusan Warga Denpasar Terima Bantuan

0
Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa dalam aksi sosial “Menyapa dan Berbagi”

Denpasar, baliwakenews.com

Kota Denpasar menjadi tuan rumah penyelenggaraan aksi sosial bertema “Menyapa dan Berbagi” yang merupakan Aksi Sosial TP PKK Provinsi Bali pada Sabtu 26 November 2022. Menyasar 200 warga Kota Denpasar, kegiatan itu dihadiri langsung, Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster didampingi Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa.

Warga Kota Denpasar penerima bantuan tersebut terdiri dari 40 orang ibu hamil kekurangan energi kronis (KEK), 40 orang balita kurang gizi, 40 orang penyandang difabel, 40 orang lansia serta 40 orang Kader PKK.

Aksi mengambil lokasi di dua tempat, yakni Wantilan Pura Dalem Penataran Batan Dulang, Desa Adat Poh Gading, Denpasar Utara dan di Wantilan Sewaka Prema, Desa Adat Renon, Denpasar Selatan.

Turut hadir dalam kesempatan itu Istri Wakil Wali Kota sekaligus Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana serta Sekretaris TP PKK Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari dan Kadis PMD Kota Denpasar, I Wayan Budha.

Sementara itu, jajaran Pemerintah Provinsi Bali tampak hadir pula dalam aksi sosial itu. Antara lain, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr. I Nyoman Gede Anom, Direktur Rumah Sakit Mata Bali Mandara Ni Made Yuniti, serta Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bali.

Adapun bantuan yang diberikan kepada masing masing penerima adalah 20 Kg beras, 1 krat telur dan juga Paket Makanan Tambahan (PMT) yang disesuaikan dengan kebutuhan masing masing penerima.

Wawali Arya Wibawa pada kesempatan tersebut, mengucapkan terimakasih pelaksanaan kegiatan aksi sosial ini. Dirinya berharap kepada masyarakat agar bantuan ini bisa digunakan dengan sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

”Terima kasih kepada TP PKK Bali yang telah berkenan untuk turun langsung menyapa dan berbagi bantuan bagi warga Kota Denpasar. Semoga apa yang diberikan hari ini kepada warga penerima dapat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan sehari sehari,” kata Arya Wibawa di sela kegiatan berlangsung.

Sejumlah bantuan lainnya turut pula dibagikan dalam kegiatan ini. Berupa bantuan bibit tanaman dari Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali untuk jenis bibit Cempaka, Sawo, Mangga serta Alpukat kepada kepada TP PKK Kota Denpasar. Lalu juga ada penyerahan bantuan kaca mata baca. Ny. Putri Koster mengatakan, gelaran aksi sosial TP PKK Provinsi Bali ini sesuai dengan visi TP PKK yaitu mewujudkan keluarga yang sehat dan cerdas.

“Seperti di Kabupaten lainnya, hari ini kami turun untuk membawa bantuan yang diberikan untuk kader PKK, Ibu hamil Kekurangan Energi Kronis (KEK), balita, lansia serta penyandang difabel, antara lain untuk dapat membantu memenuhi asupan gizi mereka. Karena jika Ibu Hamil dan Balita mendapatkan asupan yang baik maka tentu saja akan melahirkan anak yang sehat, cerdas serta berdaya guna,” jelasnya.

Dia juga menegaskan, permasalahan stunting yang kini sedang gencar diperangi oleh pemerintah haruslah mendapat perhatian dari segala pihak. Hal ini tidak terlepas dari betapa pentingnya pencegahan stunting guna mencetak generasi emas di masa mendatang.

”Maka dari hal itu, peran serta semua pihak baik orang tua, keluarga lainnya, dan juga para kader PKK sangatlah dibutuhkan untuk dapat proaktif terhadap potensi stunting yang ada di lingkungan masing-masing. Berikan kasih sayang tulus dan perhatian kepada anak kita, berikan asupan gizi yang mencukupi pula bagi mereka. Karena generasi berkualitas, berdaya guna, berakhlak mulia akan ditentukan dari pola pengasuhan dan Pendidikan yang tepat dan berkualitas,” pungkasnya. *BWN-03

Bali Wake News Bersama Relawan Sudirta Berbagi ke Yayasan Sayangi Bali

0
Direksi baliwakenews dan Relawan Sudirta bersama anak-anak dan pengurus Yayasan Sayangi Bali

Denpasar, baliwakenews.com

Memperingati HUT Baliwakenews.com ke-2, direksi baliwakenews pada Sabtu 26 November 2022 melaksanakan kegiatan sosial dengan mengunjungi Yayasan Sayangi Bali, yang terletak di Jalan Subak Dalem No. 5 Peguyangan, Denpasar. Dalam aksi sosial kali ini baliwakenews bersinergi dengan Relawan Sudirta.

Dirut baliwakenews, Komang Purnama Sari mengatakan kegiatan merupakan wujud rasa syukur atas pertumbuhan baliwakenews yang semakin hari dapat diterima masyarakat. Ini sebagai bagian dari corporate sosial responsibility (CSR) dari PT. Bali Bangkit Media yang menaungi baliwakenews.com. CSR yang disampaikan dalam bentuk sembako, kebutuhan bayi dan uang tunai.

“Kami berdiri pada masa yang sangat prihatin yaitu awal pandemi Covid-19, sehingga dari keprihatinan ini kami berkomitmen untuk selalu menyisihkan sedikit dana perusahaan bagi kegiatan sosial seperti ini. Meski baru berusia 2 tahun, sejak awal setiap ulang tahun kami selalu mengunjungi panti asuhan,” ucap Purnama.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan kali ini pihaknya didukung oleh anggota DPR RI dari Faksi PDIP, Wayan Sudirta, SH., MH., yang turut menyumbangkan 100 KG beras. “Kami menggandeng bapak Sudirta, karena dari awal beliau juga selalu berkomitmen membantu masyarakat kurang mampu, anak yatim, penyandang disabilitas dan lansia. Jadi memang tujuan kami sejalan,” ucapnya sembari mengatakan karena hari ini posisi bapak Sudirta di luar kota, beliau diwakili oleh Tim Relawan Sudirta.

Ketua Yayasan Sayangi Bali, Dewa Putu Wirata, mengucapkan rasa terimakasih atas kepedulian para donatur yang selama ini banyak membantu anak-anak di Yayasan Sayangi Bali, termasuk dari Direksi Baliwakenews dan Relawan Sudirta.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua donatur, karena selama ini yayasan memang bisa berjalan dari kepedulian para donatur. Apalagi kami tidak memiliki donatur tetap dan bantuan dari pemerintah juga sangat minim, tapi kami percaya akan selalu ada tangan Tuhan yang bergerak,” ucap Dewa Wirata.

Dikatakan Yayasan Sayangi Bali yang mulai beroperasi dari 2011, dilatarbelakangi dari banyaknya terjadi pembuangan bayi. “Yayasan kami merupakan yang pertama dan satu-satunya di Bali yang merawat bayi yang terlantar. Kami sangat prihatin, dari tahun ke tahun selalu saja ada bayi yang dibuang atau di tinggalkan orang tuanya setelah dilahirkan di rumah sakit,” ungkapnya.

Saat ini ada 10 anak yang dirawat di Yayasan Sayangi Bali, yaitu 5 anak dan 5 bayi. Dengan 9 orang pengasuh yang semuanya adalah perawat. Karena bayi di yayasan semua memiliki permasalahan kesehatan. Apalagi ada 3 anak yang merupakan penyandang disabilitas, mereka membutuhkan perawatan khusus.*BWN-03

Hina Jokowi, Pria Asal Medan Ditangkap di Kuta

0
MEMINTA MAAF-Haris Syahputra asal Medan, Sumatra Utara yang menghina Presiden Jokowi ditangkap di Kuta.

Mangupura, baliwakenews.com

Aparat Dit. Reskrimsus Polda Bali menangkap pria yang diduga menghina Presiden Joko Widodo. Pelaku bernama Haris Syahputra diciduk di Central Parkir, Kuta, Badung, Jumat (25/11). Pria asal Medan, Sumatra Utara itu diketahui merupakan seorang gelandangan.

Kasubdit V Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Nanang Prihasmoko mengatakan, Haris tidak ditahan, namun dia tetap diproses hukum. “Setelah membuat video klarifikasi dan permintaan maaf melalui akun media sosial dia dikembalikan ke kerabatnya di Kuta,” ucapnya, Sabtu (26/11).

Nanang mengatakan, Haris membuat video penghinaan terhadap Presiden Jokowi yang diposting sekitar dua minggu lalu. “Alasannya dia terpengaruh oleh omongan orang. Yaitu ijazah nya palsu, pemerintahannya tidak perlu dipercaya. Ya postingan dia kayak orang stres begitu,” ujarnya.

Haris tinggal di Kuta dengan berpindah-pindah. Yakni tidur di pos polisi, emperan toko. Dia biasanya meminta-minta uang dan membantu parkir untuk biaya makan. “Kayak ngalor-ngidul begitu saat ditanya,” imbuh Nanang.

Apakah dia akan dites kejiwaan ? Nanang belum bisa memastikan. Namun dia pastikan proses hukumnya tetap lanjut. “Tentunya pelapor dalam hal ini adalah orang yang dihina, yakni bapak presiden. Nanti saya sampaikan perkembangannya,” tegasnya. BWN-01

Pemkot Denpasar Gelar Pasar Rakyat Festival Serangan, Komitmen Kendalikan Inflasi

0
Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, saat meninju pasar rakyat

Denpasar, baliwakenews.com

Pemerintah Kota Denpasar tak henti-hentinya berupaya dalam menekan laju inflasi. Salah satunya adalah dengan rutin menggelar pasar rakyat dan bazar pangan yang turut melibatkan UMKM setempat. Salah satunya dengan menggelar Pasar Rakyat Festival di Lapangan I Wayan Bulit, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan, pada Jumat 25 November 2022.

Kegiatan Pasar Rakyat Festival ini digelar selama dua hari, dari 25-26 November 2022. Adapun rangkaian kegiatan ini diawali dengan jalan santai dan senam Sicita yang diikuti siswa SD di Kelurahan Serangan serta pembagian dua ratus sembako untuk kelompok nelayan, penanaman pohon perindang, dan hiburan rakyat hingga tari-tarian.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekda Kota Denpasar IB. Alit Wiradana, Perwakilan DPRD Kota Denpasar, Camat Denpasar Selatan, I Made Sumarsana, Lurah Serangan, I Wayan Karma, Ketua Panitia Pasar Rakyat Festival, I Wayan Wialya, serta tamu undangan lainya.

Kegiatan ini dibuka secara simbolis oleh Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana. Dalam membacakan sambutan Walikota Denpasar, Sekda Alit Wiradana mengatakan, gelaran pasar rakyat yang digelar ini telah sesuai dengan arahan Presiden untuk menekan laju inflasi. “Dengan rutin mengadakan operasi pasar dan pasar murah, harga-harga komoditas pangan dapat terkendali, serta juga telah sesuai dengan misi Walikota Denpasar yaitu meningkatkan kemakmuran masyarakat Kota Denpasar melalui peningkatan kualitas pelayanan, pendidikan, kesehatan, dan pendapatan masyarakat yang berkeadilan serta dengan semangat weda wakya vasudhaiva kutumbakam yang mengandung makna dalam kehidupan ini kita semua bersaudara,” ujar Alit Wiradana

Sementara Ketua Panitia Pasar Rakyat Festival, I Wayan Wialya mengatakan, kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak, baik dari sektor swasta, LPM, dan pemerintah, sebanyak tiga puluh UMKM mengikuti Pasar Rakyat kali ini, yang berasal dari masing-masing banjar di kelurahan Serangan. Dia berharap kedepan lebih banyak lagi masyarakat Kota Denpasar yang turut berbelanja dan memeriahkan Pasar Rakyat Festival ini.*BWN-03

Tak Mampu Beli Susu untuk Anak, Febri Curi Barang-barang Temannya

0
DITANGKAP-Tersangka Febri Jakariya saat diamankan di Mapolsek Densel.

Denpasar, baliwakenews.com

Tersangka Febri Jakariya (30) ditangkap aparat Polsek Denpasar Selatan. Pria pengangguran ini mencuri barang-barang berharga milik temannya yang memberikannya tempat tinggal usai diusir oleh istri dan mertuanya.

Kapolsek Denpasar Selatan Kompol I Made Teja Dwi Permana mengatakan, tersangka asal Banyuwangi, Jawa Timur itu ditangkap usai dilaporkan oleh Yopi Irawan (31). Korban yang tinggal di Jalan Tegal Wangi Gg. Wijaya Kusuma No. B2, Sesetan, Densel itu mengaku kehilangan, dua laptop, empat ponsel dan gitar listrik. “Akibat kejadian itu korban mengalami kerugian Rp7 juta. Dia lantas melapor ke Polsek Densel, pada Selasa 22 November 2022,” katanya, didampingi Kanit Reskrim AKP I Made Putra Yudistira, Jumat (25/11).

Tim Resmob Unit Reskrim Polsek Densel lantas melakukan penyelidikan. Kemudian petugas mengetahui tempat persembunyian tersangka. Dia ditangkap tanpa perlawanan di Jalan Pulau Moyo, Pedungan, Densel, Kamis (24/11) siang. “Tersangka dibawa ke Polsek Densel untuk diperiksa,” kata Teja.

Tersangka yang diinterogasi, sambung Teja, mengaku menumpang di rumah korban usai ribut dan diusir oleh mertua dan istrinya. Aksi pencurian itu dilakukan dalam waktu berbeda sejak beberapa hari sebelum ditangkap. Awalnya dia mencuri dua unit laptop korban, selanjutnya dijual market place Rp400 ribu. Kemudian mencuri gitar listrik dan dijual offline Rp600 ribu. Dan terakhir mencuri ponsel korban dan belum sempat dijual. “Tersangka mengakui perbuatan mengambil barang-barang korban. Tersangka kemudian menggunakan uang tersebut untuk keperluan sehari hari dan membeli susu anaknya,” tegasnya. BWN-01

Badung Gelar Promo Tani, Tingkatkan Penggunaan Produk Lokal dan Promosikan Hasil Pertanian

0
Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri kegiatan Badung Promo Tani (Bung Romi), di areal Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Jumat (25/11).

Mangupura, baliwakenews.com

Dalam meramaikan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia), Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pertanian dan Pangan menggelar kegiatan Badung Promo Tani (Bung Romi), di areal Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala, Puspem Badung, Jumat (25/11). Promo Tani yang mengangkat tema “Pulih Bangkit Bersama Petani” ini melibatkan sebanyak 40 kelompok tani, untuk memasarkan dan mempromosikan hasil pertaniannya.

Kegiatan ini cukup menarik dan mendapat perhatian pengunjung khususnya pegawai Pemkab Badung yang saat bersamaan melaksanakan olahraga Jumat Krida yang diisi Senam Integritas. Usai olahraga, stand kelompok tani yang menawarkan produk pertanian mulai dari sayur mayur, beras organik, buah-buahan, produk olahan pangan nabati dan hewani, dipadati pengunjung. Disana ada pula stand UMKM dengan produk pakaian adat Bali. Kegiatan ini juga mendapat perhatian dari Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa. Usai mengikuti Senam Integritas bersama Ketua TP. PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Ketua Gatriwara Nyonya Ayu Parwata, Ketua DWP Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa serta pegawai, Sekda langsung menuju stand UMKM dan sempat memborong produk pertanian salah satunya minuman kesegaran.

Sekda Adi Arnawa menjelaskan, serangkaian Hakordia yang kebetulan kegiatannya dipusatkan di Badung, dilaksanakan pula kegiatan Badung Promo Tani dengan melibatkan UMKM. Menurutnya kegiatan seperti ini sangat bagus dan dapat terus dilanjutkan, terutama dalam upaya mendorong pertumbuhan UMKM di Badung. Diharapkan pula melalui Promotoni ini akan meningkatkan daya beli ditengah-tengah terjadinya inflasi dunia saat ini. Namun Indonesia tingkat inflasinya masih positif di angka 5,71 persen. “Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini akan dapat membantu UMKM terutama dalam rangka mendorong daya beli masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, mengatakan kegiatan Promotani ini untuk meningkatkan penggunaan produk lokal dan membantu mempromosikan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Badung. “Memang salah satu kelemahan dari petani kita adalah akses pemasaran dan promosi. Oleh karena itu kita setiap tahun mengadakan Badung Promo Tani. Yang bertujuan untuk memperkenalkan produk-produk pertanian, mempromosikan serta membantu petani untuk menjualkan produknya kepada masyarakat, khususnya kepada ASN, ” jelasnya. Produk pertanian yang dijual seperti produk sayuran, produk olahan, olahan daging, nabati, beras organik dan sebagainya dari 40 kelompok tani yang dilibatkan.BWN-HB

Targetkan 11 Juta Penumpang Di Tahun 2022, Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Tambah Rute Internasional

0
Istimewa Tambah rute: Penambahan rute penerbangan internasional kembali terjadi di Bandara Ngurah Rai.

Mangupura, baliwakenews.com

Penerbangan internasional ke Pulau Bali kian ramai. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali menambah opsi penerbangan menuju Malaysia dengan kembali beroperasinya rute Kuala Lumpur – Denpasar – Kuala Lumpur oleh maskapai Air Asia X pada hari Kamis (24/11). Penambahan rute tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali yang menargetkan pelayanan kepada 11 Juta Penumpang di tahun 2022.

Hal tersebut diutarakan oleh General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Handy Heryudhitiawan. Handy turut menyambut baik kembali beroperasinya Air Asia dengan rute Kuala Lumpur – Denpasar – Kuala Lumpur. “Kami berharap reaktivasi rute Kuala Lumpur – Denpasar – Kuala Lumpur oleh Air Asia X bisa memberikan dampak positif bagi pertumbuhan traffic di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali,” Ujarnya.

“Di tahun 2022, kami menargetkan 11 juta penumpang domestik maupun internasional, dapat terlayani di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali. Melihat angka penumpang yang terus bertambah setiap bulannya, kami optimis untuk mencapai target tersebut,” Lanjut Handy.

Dalam pendaratan perdananya, Pesawat Air Asia X dengan tipe pesawat Airbus A 330 bernomor penerbangan D7 798 mengangkut 227 Penumpang dari Kuala Lumpur menuju Denpasar. Pesawat tersebut kembali terbang menuju Kuala Lumpur dengan mengangkut 325 penumpang.

“Pesawat Air Asia X dengan rute KUL – DPS – KUL akan melayani penerbangan tiga kali dalam seminggu. Adapun rute tersebut akan beroperasi pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Tentunya penerbangan tersebut semakin menambah konektivitas kota Kuala Lumpur dan Denpasar, yang saat ini sudah dilayani oleh empat maskapai,” Kata Handy.

Sebagai tambahan informasi, warga negara Malaysia merupakan salah satu WNA yang paling banyak mengunjungi Pulau Bali di tahun 2022. “Kami mencatat terdapat 56.026 warga negara Malaysia yang berkunjung ke Pulau Bali sepanjang tahun 2022, dari bulan Januari hingga bulan Oktober,” Katanya.

“Saat ini kami melayani sebanyak 22 rute khusus internasional oleh 25 maskapai. Jumlah tersebut akan bertambah karena ada beberapa maskapai yang akan melakukan penerbangan perdana di bulan November ini. Kami ucapkan selamat kepada Air Asia X yang kembali beroperasi di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali.” Tutup Handy. BWN-04

Pemprov Bali Musnahkan Arsip Habis Masa Retensi dan Tak Punya Nilai Guna

0
ARSIP-Pemerintah Provinsi Bali memusnahkan arsip dinamis inaktif yang telah habis masa retensinya dan sudah tak mempunyai nilai guna.

Denpasar, baliwakenews.com

Pemerintah Provinsi Bali memusnahkan arsip dinamis inaktif yang telah habis masa retensinya dan sudah tak mempunyai nilai guna. Pemusnahan dilakukan dengan memasukkan dokumen ke mesin pencacah dipimpin langsung oleh Kepala Biro Umum dan Protokol Setda Provinsi Bali I Wayan Budiasa di Ruang Kearsipan Gedung 3 Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Denpasar, Kamis (24/11/2022).

Karo Umum dan Protokol Wayan Budiasa dalam arahan singkatnya menyampaikan bahwa tahap pemusnahan arsip adalah kegiatan esensial yang sangat penting dalam dunia kearsipan. Terkait dengan pemusnahan arsip yang sudah tidak punya nilai guna, Budiasa teringat apa yang disampaikan seorang rekan.

“Seorang kawan menyampaikan bahwa dokumen itu seperti daftar menu di sebuah restoran. Ketika menu itu masih tertera di daftar, saat-saat tertentu bisa jadi ada yang memesannya,” ujarnya.

Menurutnya jika diibaratkan arsip, bisa jadi suatu saat ada yang menginginkan dokumen jika masih ada dalam daftar, padahal statusnya sudah inaktif dan habis masa retensi. Karena masih ada dalam daftar dan belum dimusnahkan, pemerintah wajib untuk menyediakan dan menurut pengalamannya butuh waktu untuk mendapatkan arsip tersebut. Karenanya, jika sudah dimusnahkan sesuai prosedur, maka arsip itu otomatis tak ada lagi dalam daftar serta menutup kemungkinan diminta oleh pihak tertentu.

Mengingat pentingnya tahap pemusnahan arsip, ia menyampaikan apresiasi kepada perangkat daerah pengusul dan tim yang telah mengawal proses ini. Ke depan, ia meminta jajaran kearsipan lebih intensif melakukan penyisiran agar dokumen yang tak punya nilai guna dan sudah habis masa retensinya bisa segera diusulkan untuk dimusnahkan. Menurutnya hal ini penting untuk mengurangi tumpukan arsip tak punya nilai guna dan habis masa retensinya di gudang.

Sementara itu, Kabag Administrasi Keuangan, Aset dan Kearsipan Biro Umum dan Protokol Putu Arya Dinata menyampaikan, pemusnahan arsip merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Kepala Arsip Nasional RI Nomor : B-KN.00.03/91/2022 tentang Persetujuan Pemusnahan Arsip. Rekomendasi Kepala Arsip Nasional diperkuat Surat Keputusan Gubernur Bali Nomor 541 / 01-F / HK / 2022 tentang Pemusnahan Arsip Dinamis Inaktif yang telah habis retensinya dan tidak mempunyai nilai guna. Arya Dinata menambahkan, berdasarkan usulan dari sejumlah perangkat daerah, Pemprov Bali mengajukan usulan pemusnahan 1084 boks arsip aktif dan dinamis yang sudah tak punya nilai guna. Namun setelah dilakukan pengkajian, Arsip Nasional hanya menyetujui pemusnahan 1062 boks arsip. “22 boks tak disetujui untuk dimusnahkan karena dinilai masuk kategori arsip statis dan vital,” imbuhnya.

Belajar dari hal ini, ke depannya ia beserta jajaran pengelola arsip akan lebih teliti dalam proses pengajuan. Pemusnahan arsip dilakukan dengan cara memasukkan dokumen ke dalam mesin pencacah. BWN-R

Vaksin Booster Kedua untuk Lansia di Denpasar Dimulai

0
Pelaksanaan vaksin booster kedua bagi lansia di Denpasar

Denpasar, baliwakenews.com

Menindaklanjuti Surat Edaran dari Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) Nomor HK.02.02/C/5565/2022, Pemerintah Kota Denpasar mulai melakukan booster kedua untuk lanjut usia atau lansia. Setelah vaksin booster dosis kedua untuk tenaga kesehatan selesai dilakukan.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai, mengatakan Pemkot Denpasar sudah siap melaksanakan booster kedua dan dimulai hari ini, Kamis, 24 November 2022.

Syarat pemberian vaksin booster kedua bagi lansia, salah satunya harus sudah vaksin booster dosis pertama mininal 6 bulan. “Mulai hari ini sudah bisa dilakukan. Kami sudah menginformasikan ke perbekel, lurah, kaling sampai kelian untuk meneruskan informasi ini ke warganya,” kata Dewa Rai.

Ia menambahkan, pelaksanaan vaksinasi ini digelar di 40 fasilitas layanan kesehatan atau fasyankes. Adapun vaksin yang tersedia saat ini sebanyak 2.917 dosis jenis Pfizer. “Kami tetap koordinasi dengan Dinkes Provinsi, kalau habis amprah lagi ke Provinsi,” katanya.

Untuk tahap awal ini, booster kedua untuk lansia digelar di 40 fasyankes. Namun jika nantinya diperlukan jemput bola atau door to door pihaknya akan turun secara door to door. Dewa Rai menambahkan, adapun sasaran vaksin booster dosis kedua bagi lansia ini sebanyak 40 ribuan lansia. “Tapi pelayanan kami bukan booster kedua saja. Kalau ada lansia yang belum booster dosis pertama kami juga layani,” imbuhnya.

Pihaknya mengatakan, pelaksanaan booster kedua ini dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap Covid-19. Apalagi lansia merupakan kelompok yang rentan terhadap paparan Covid-19. Sementara itu, untuk kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar masih fluktuatif. Awalnya satu digit kini menjadi dua digit.

Berdasarkan data, secara komulatif kasus positif Covid-19 di Kota Denpasar tercatat 55.421 kasus. Angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Denpasar mencapai angka 53.954 orang (97,36 persen), meninggal dunia sebanyak 1.138 orang (2,05 persen) dan kasus aktif yang masih dalam perawatan sebanyak 329 orang (0,59 persen).*BWN-03

KPK Gelorakan Semangat Anti Korupsi di Road To HAKORDIA 2022

0
Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mendampingi Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron saat pembukaan Road To Hari Antikorupsi Sedunia 2022 Wilayah Direktorat V Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK RI di Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung.

Mangupura, baliwakenews.com

Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Badung, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan KPK RI beserta seluruh jajaran yang telah mempercayakan pelaksanaan kegiatan acara pembukaan Road To Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 pada Wilayah Direktorat V Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK RI di Balai Budaya Giri Nata Mandala Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung.

“Kami berterima kasih pula kepada para peserta kegiatan ini yang telah hadir di Kabupaten Badung yang tentunya akan dapat membantu memulihkan pariwisata Badung yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Semoga kita semua bisa bangkit dan pulih lebih cepat untuk melanjutkan tujuan bangsa ini khususnya di bidang pencegahan korupsi yang sejalan dengan tema kegiatan yaitu Indonesia Pulih, Bersatu Berantas Korupsi,” ujar Bupati Giri Prasta saat menyampaikan ucapan selamat datang di hadapan seluruh peserta acara pembukaan Road To Hari Antikorupsi Sedunia (HAKORDIA) 2022 pada Wilayah Direktorat V Kedeputian Koordinasi dan Supervisi KPK RI bertempat di Gedung Balai Budaya Giri Nata Mandala Puspem Badung, Kamis (24/11).

Turut hadir Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron beserta jajaran, para Gubernur Wilayah Direktorat V, Bupati/Walikota pada Wilayah Direktorat V, para Ketua DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota beserta anggota pada Wilayah Direktorat V, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia beserta jajaran, Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, para Sekretaris Daerah Provinsi, Kabupaten/Kota beserta jajaran Penanggung Jawab Monitoring Center For Prevention (MCP) KPK RI, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Bali, Kepala Kantor Wilayah dan Kantor Pertanahan Badan Pertanahan Nasional se-Provinsi Bali, jajaran PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Wilayah Bali, Ketua TP. PKK Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta, Ketua DWP Badung Nyonya Rasniathi Adi Arnawa, Ketua Gatriwara Badung Nyonya Ayu Parwata, ASN, Pelajar dan tamu undangan.

Bupati Giri Prasta berharap kegiatan ini menjadi momentum bersama untuk saling bersinergi memberantas korupsi serta menguatkan kembali partisipasi masyarakat dalam memberantas korupsi sehingga Indonesia lebih maju dan sejahtera yang ditandai dengan menurunnya angka kemiskinan dan meningkatnya derajat kebahagiaan masyarakat. Disampaikan juga Pemerintah Kabupaten Badung berkomitmen untuk bersinergi dengan Kementerian/Lembaga/ Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program pencegahan korupsi terintegrasi. “Dalam pelaksanaan program KPK RI, Pemerintah Kabupaten Badung telah berpartisipasi dalam pelaksanaan survei penilaian integritas dan para penyelenggara negara di Kabupaten Badung telah memenuhi kewajiban menyampaikan laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) setiap tahunnya. Terbukti tiga kali mendapatkan penghargaan sebagai Eksekutif Terbaik penyelenggara LHKPN tahun 2018, tahun 2019 dan tahun 2021,” terangnya.

Untuk mengoptimalkan tata kelola pemerintahan, Bupati Giri Prasta menyampaikan, Kabupaten Badung berkomitmen melaksanakan perbaikan melalui Monitoring Center For Prevention (MCP) KPK RI. Untuk capaian kinerja MCP Kabupaten Badung pertanggal 20 November 2022 mencapai 96,97%. “Tahun 2022 ini salah satu Desa kami, yaitu Desa Kutuh mendapat predikat Desa Percontohan Desa Antikorupsi, yang penganugerahannya akan dilaksanakan di Kota Semarang pada tanggal 29 November 2022 yang akan datang. Dari semua yang telah dapat kami laksanakan tidak terlepas dari koordinasi dan supervisi dari KPK RI dan selanjutnya kami mohon kepada KPK RI untuk terus memberikan bimbingan dan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Badung sehingga kami dapat melakukan perbaikan tata kelola pemerintahan secara berkelanjutan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Badung,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Ketua KPK RI Nurul Ghufron mengatakan KPK hadir melaksanakan HAKORDIA 2022 dari Bali untuk memberikan warna dan budaya baru bahwa pemerintahan Indonesia kedepannya memiliki budaya anti korupsi, dengan membumikan MCP ke seluruh pelosok negeri. “MCP dengan mengharmoniskan tata kelola pemerintahan mulai dari anggaran, deal antara Eksekutif dan Legislatif. Yang harapannya pro rakyat itu ajeg konsisten,” katanya.

Nurul Ghufron juga mengungkapkan HAKORDIA tidak hanya sebatas seremonial belaka, tetapi merupakan momentum yang tepat untuk menggelorakan kembali semangat budaya antikorupsi yang menjadi identitas bangsa ini. “Pemberantasan korupsi harus memberikan dampak langsung bagi masyarakat. Kehadiran pemerintahan yang bersih dan bebas dari korupsi akan menjadi modal yang kuat untuk pembangunan di daerah. KPK di Bali hadir bukan hanya untuk menyemarakkan HAKORDIA semata, akan tetapi KPK hadir di daerah sejalan dengan tugas dan fungsi KPK sebagaimana diatur dalam perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya seraya berharap Bali menjadi pioneer daerah yang bebas dari korupsi.BWN-HB

Tingkatkan Sinergitas dan Silaturahmi, DWP Badung Terima Kunjungan DWP Buleleng

0
DWP  Kabupaten Badung menerima kunjungan DWP Kabupaten Buleleng di Dinas Kominfo Badung, Puspem Badung, Kamis (24/11).

Mangupura, baliwakenews.com

Dharma Wanita Persatuan (DWP)  Kabupaten Badung, Kamis (24/11) menerima kunjungan dari DWP Kabupaten Buleleng di Dinas Kominfo Badung, Puspem Badung. Kunjungan rombongan DWP Kabupaten Buleleng yang dipimpin Ketua DWP Buleleng Ny. Dewi Suyasa dan diterima Ketua DWP Badung Ny. Rasniathi Adi Arnawa yang pada kesempatan tersebut diwakili Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Pengarusutamaan Gender, I Nyoman Subratha didampingi Analis Kebijakan Sub. Koordinator Pemberdayaan Perempuan, Dinas P2KBP3A Badung Ni Made Tarini Kandhi beserta jajaran DWP Badung. Kunjungan ini dalam rangka meningkatkan sinergitas dan jalinan silaturahmi antara kedua DWP.

Kabid Nyoman Subratha mewakili DWP Badung menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja DWP Buleleng ke Kabupaten Badung. Dikatakan, untuk program kegiatan DWP Badung tidak jauh beda dari program DWP Buleleng yang menyasar bidang pendidikan, ekonomi dan sosial budaya. Selain kegiatan rutin, untuk tahun 2022 ini kegiatan lain yang telah dilaksanakan seperti pelatihan publik speaking, pelatihan tata rias kecantikan, seminar dalam rangka HUT DWP, serta mengikuti seminar nasional. Untuk HUT Ke-23 DWP bulan Desember ini telah pula dirancang sejumlah kegiatan salah satunya bakti sosial. “Kami harapkan dari kunjungan ini dapat menambah ilmu, wawasan dan pengalaman serta meningkatkan sinergi dalam mewujudkan program-program bagi anggota dan masyarakat,” tambahnya.

Ketua DWP Buleleng Ny. Dewi Suyasa memberikan apresiasi kepada DWP Kabupaten Badung sudah bersedia menerima kunjungan pengurus dan anggota DWP Buleleng yang hadir sebanyak 60 orang. Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan sinergi dan jalinan silaturahmi antara DWP Buleleng dengan DWP Badung. Sehingga kedepan akan dapat saling mengenal lebih dekat dan adanya kolaborasi dalam menjalankan program kegiatan DWP itu sendiri. “Kami ingin adanya sharing session terhadap program-program DWP yang sudah dijalankan, dimana kelebihan dan kekurangan akan saling menutupi,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, sesuai visi misi DWP,  secara umum program kegiatan yang telah dilaksanakan DWP Buleleng tidak jauh beda dengan program dari DWP Badung. Baik itu program dibidang pendidikan, ekonomi maupun sosial budaya sesuai dengan yang tercantum dalam kepengurusan DWP. Dalam hal ini kegiatan lebih banyak menyentuh anggota PNS dan sosial masyarakat. Ditambahkan pula dalam rangka menyambut HUT DWP ke-23 yang puncaknya pada 7 Desember 2022, pihaknya telah mengagendakan beberapa kegiatan. Mulai dari bakti sosial menyasar pegawai golongan 1 serta bakti sosial ke masyarakat yakni untuk pasien RSD dan panti asuhan, juga memberi bantuan korban banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu di Jembrana. “Dalam memeriahkan HUT DWP tahun ini kami juga menggelar olahraga bersama dirangkaikan lomba gembira. Dipuncak HUT rencana ada acara seremonial dan talk show yang diisi oleh pemimpin perempuan. Dalam hal ini kami juga ingin mengetahui apa saja kegiatan dari DWP Badung, sehingga bisa bersinergi dengan baik,” imbuhnya.BWN-HB

Operasi Zebra Agung Digelar Beberapa Jam, Ratusan Pelanggar Lalu Lintas Terekam CCTV ETLE

0
APEL-Dit Lantas Polda Bali menggelar Operasi Zebra Agung 2022. Operasi yang digelar mulai Kamis 24 November hingga 7 Desember 2022 itu akan mengedepankan tilang secara elektronik atau ETLE.

Denpasar, baliwakenews.com

Guna menekan tingginya angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalulintas, Dit Lantas Polda Bali menggelar Operasi Zebra Agung 2022. Operasi yang digelar mulai Kamis 24 November hingga 7 Desember 2022 itu akan mengedepankan tilang secara elektronik atau ETLE.

Dir Lantas Polda Bali Kombes Ruminio Ardano, mengatakan Operasi Zebra Agung-2022 akan digelar selama 14 hari kedepan. “Dalam pelaksanaannya, Polda Bali akan bekerja sama dengan TNI, Jasa Raharja Bali serta Dinas Perhubungan Provinsi Bali.” ujarnya.

Menurut Ruminio, operasi kali ini mengedepankan pola operasi yang bersifat preemtif dan preventif. Dan didukung pola penegakan hukum secara elektronik (ETLE), baik secara statis maupun mobile. “Polda Bali telah mengoperasikan delapan titik ETLE yang tersebar di wilayah Denpasar dan Badung. Terkait dengan gakkum lantas, terdapat lima prioritas pelanggaran yang diperhatikan. Yaitu, menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara di bawah umur, penggunaan helm SNI dan safety belt, melawan arus dan berkendara melebihi batas kecepatan,” bebernya.

Ruminio mengatakan, operasi ini juga untuk mengantisipasi terhadap peningkatan mobilitas masyarakat menjelang akhir tahun. Dan diharapkan situasi keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas dapat terwujud. “Seluruh personel yang terlibat saya tekankan agar menguasai dan melaksanakan SOP (Standar Operasional Prosedur), cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan. Tidak boleh ada tindakan pungli maupun pemerasan kepada masyarakat. Dan anggota kami juga diperintahkan agar mengedepankan teknologi ETLE,” tegasnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Bali Kombes Satake Bayu mengatakan, dihari pertama digelarnya Operasi Zebra Agung 2022, ditemukan ratusan pengendara melakukan pelanggaran. Yaitu, 43 pelanggar di Jalan Airport Ngurah Rai dan 193 di sepanjang Jalan Bypass Ngurah Rai. “Semua pelanggar itu terekam melalui CCTV ETLE,” tegasnya. BWN-01

Bebas dari Tahanan, Warga Polandia Terlibat Kasus Skimming Dideportasi

0
DIDEPORTASI-WNA asal Polandia berinisial DPL dideportasi ke negara asalnya Senin (21/11).

Mangupura, baliwakenews.com

Seorang warga negara asing (WNA) asal Polandia berinisial DPL dideportasi ke negara asalnya Senin (21/11). DPL baru bebas dari penjara setelah terlibat kasus pembobolan data nasabah bank atau skimming.

Kakanwil Kemenkumham Bali, Anggiat Napitupulu mengatakan, DPL sebelumnya divonis tiga tahun tiga bulan penjara di Pengadilan Negeri Amlapura. Dia masuk ke Indonesia pada 3 Agustus 2019 dengan menggunakan bebas visa kunjungan. “DPL dijemput dan diterima oleh Imigrasi Singaraja pada Senin tanggal 17 Oktober 2022 dari Lapas Kelas IIB Karangasem. Selanjutnya, WNA tersebut ditempatkan di Ruang Detensi Imigrasi Singaraja sambil menunggu dan memenuhi semua kelengkapan administrasi,” katanya.

Anggiat mengatakan, DPL dikenakan Tindakan Administrasi Keimigrasian (TAK) berupa deportasi dan penangkalan berdasarkan Pasal 75 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. “Orang asing dimaksud telah melakukan kegiatan yang membahayakan keamanan dan ketertiban umum, serta tidak menghormati dan tidak mentaati peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Anggiat mengungkapkan, DPL diberangkatkan melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada pukul 21.45 dengan penerbangan Singapore Airlines Nomor SQ947 (Denpasar – Singapura) dengan tujuan akhir Frankfurt, Jerman, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan bus menuju Polandia. “Tindakan Administratif Keimigrasian berupa pendeportasian tersebut merupakan bentuk nyata penegakan hukum keimigrasian di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan WNA tersebut dikenakan penangkalan untuk masuk ke wilayah Indonesia dalam jangka waktu enam bulan”, jelas Anggiat. BWN-01