MSP PPS Unwar Kerjasama Dengan Komunitas ECO ENZIM Nusantara Provinsi Bali Kelola Sampah

Direktur Pascasarjana Unwar, Dr. Drs. A. A. Rai Sita Laksmi, M.Si., dan Koordinator Eco Enzim Nusantara Provinsi Bali, Jokoryanto menunjukkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani

Denpasar, baliwakenews.com

Prodi Magister Sains Pertanian (MSP) Program Pascasarjana Unwar menandatangani nota kesepahaman dengan Komunitas ECO ENZIM Nusantara Provinsi Bali. Kaprodi MSP Unwar, Dr. Ir. I Dewa Nyoman Sudita, MP., ditemui Selasa 23 Februari 2021 mengatakan kerjasama yang dijalin terkait pengelolaan lingkungan khususnya sampah.

Dikatakan, kerjasama merupakan hasil diskusi,  koordinasi dan komunikasi antara Prodi MSP dengan Eco Enzim Nuasantara dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan. ” Kami menandatangani kerjasama pada Sabtu, 20 Februari 2021 di Ruang Rapat Pascasarjana Unwar. Seperti yang diketahui semua pihak, Eco Enzim Nusantara ini bekerja secara swadaya dalam pengelolaan limbah sampah agar tidak menimbulkan polusi,” paparnya

Lebih lanjut dikatakan, Eco Enzim Nusantara telah berkegiatan dengan mengawali dari Bali dan dilanjutkan ke seluruh Indonesia dan bahkan sampai luar negeri. Kerjasama ini nantinya memfokuskan pada semua TPS dan TPA yang ada di Bali. “Kami akan prioritaskan TPA Suwung yang, kita ketahui masih menjadi permasalahan dalam menimbulkan polusi,” tukasnya.

Direktur Pascasarjana Unwar, Dr. Drs. A. A. Rai Sita Laksmi, M.Si., menyampaikan apresiasi yang besar terhadap kehadiran Eco Enzim Nusantara di kampus Unwar. Dalam pertemuan tersebut Direktur Pascasarjana menjelaskan secara singkat tentang Unwar dan Program Pascasarjana Unwar.

“Kerjasama antara Pascasarjana Unwar dengan Eco Enzim Nusantara ini sesuai dengan visi Unwar yaitu dalam menciptakan lingkungan yang berwawasan ekowisata. Pengolahan sampah ini nantinya akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar dan mampu membedayarkan masyarakat lokal dan meningkatkan kesadara hidup sehat masyarakat,” ucap A. A. Rai Sita.

Koordinator Eco Enzim Nusantara Provinsi Bali, Jokoryanto menyampaikan terima kasih kepada Unwar, khusunya Pascasarjana Unwar yang telah memfasilitasi kegiatan tersebut. Seperti yang diketahui, eco enzim ini sudah berkembang sejak beberapa tahun lalu. Namun untuk di Bali baru setahun ini efektif digunakan dan dilajutkan ke provinsi lain bahkan negara lain.

“Eco Enzim Nusantara ini merupakan lembaga swadaya, bekerja dalam bidang sosial untuk menjaga lingkungan tanpa mencari keuntungan (nonprofit). Kerjasama dengan Pascasarjana Unwar ini nantinya akan sangat membantu dalam penerapan penggunaan Eco Enzim dalam pengelolaan sampah di TPS dan TPA yang ada di Bali,” pungkasnya.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: