Site icon BALI WAKE NEWS

PKM Unwar Berdayakan Kelompok PKK Kembangkan Tanaman HATInya PKK Pemenuhi Kebutuhan Pangan Keluarga

PKM Unwar Berdayakan Kelompok PKK di Desa Celuk

Gianyar, baliwakenews.com

Pentingnya pemenuhan kebutuhan pangan yang dapat mempengaruhi status gizi masyarakat secara langsung melatarbelakangi pelaksanaan pengabdian masyakat Program Kemitraan Wilayah Universitas Warmadewa (PKM Unwar) di Desa Celuk, Kabupaten Gianyar. Tim PKM diketui dr. Dewa Ayu Agung Alit Suka Astini, M.Si., melaksanakan penyuluhan tentang kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) serta pengembangan tanaman HATInya PKK dalam Pemenuhan Kebutuhan Pangan Keluarga.

dr. Dewa Ayu Agung Alit Suka Astini, M.Si., bersama anggota tim Ir. I Wayan Sudiarta, M.P. dan dr. Luh Gede Evayanti, M.S memberikan binaan kepada ibu PKK Desa Celuk tentang konsumsi makanan B2SA dan pelatihan langsung untuk pengembangan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman Pembinaan dan Kesejahteraan Keluarga (Tanaman HATInya PKK). Kegiatan PKM dilaksanakan pada Kamis, 1 Juli 2021 di kantor Perbekel Desa Celuk.

dr. Dewa Ayu Agung Alit Suka Astini, M.Si memaparkan, gizi adalah salah satu faktor terpenting dan penentu dalam kualitas sumber daya manusia. Makanan yang merupakan sumber gizi dalam kehidupan sehari-hari harus sesuai dengan kebutuhan gizi bagi masyarakat, sehingga dapat menunjang kesehatan dan pertumbuhan yang optimal serta mencegah timbulnya berbagai penyakit. “Pemenuhan kebutuhan pangan merupakan suatu kondisi pangan yang cukup tersedia bagi setiap anggota masyarakat, dan setiap anggota masyarakat memiliki akses untuk memperolehnya, baik secara fisik maupun ekonomi, ” terangnya.

Pemenuhan kebutuhan pangan tidak hanya berfokus pada penyediaan pangan tingkat wilayah tetapi juga ketersediaan dan konsumsi pangan tingkat daerah dan rumah tangga, bahkan bagi individu dalam memenuhi kebutuhan gizinya.

Lebih lanjut diterangkan dalam hal pemenuhan pangan keluarga perlu dilakukan penyuluhan tentang B2SA dan tanaman HATInya PKK serta praktek langsung pengembangan tanaman HATInya PKK. “Praktek kami mulai dari pelatihan pembibitan, pemindahan tanaman ke media tanam dan pemeliharaan tanaman,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Kegiatan PKM menghadirkan narasumber dr. I Gusti Agung Ayu Novi Wiratningrat, S.Ked yang memaparkan tentang konsumsi makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) serta Ir. I Wayan Sudiarta, MP yang memaparkan tentang tanaman HATInya PKK. “Setelah dilakukan pemaparan materi oleh para narasumber, kami lanjutkan dengan pelatihan dan praktek langsung oleh ibu PKK dalam pengembangan tanaman HATInya PKK, ” tukasnya.

Kepala Desa Celuk, I Nyoman Rupadana menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena tim PKM Unwar telah melakukan penyuluhan tentang pemenuhan nutrisi dengan menerapkan konsumsi makanan B2SA serta tentang tanaman HATInya PKK di Desa Celuk.

“Program ini sangat bersinergi dengan program Desa Celuk. Program yang diberikan sangat baik ditengah pandemi Covid-19. Saya harapkan ibu PKK bisa menerapkan tanaman HATInya PKK ini dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk keperluan keluarga dalam memenuhi kebutuhan pangan, ” harap Rupadana.

Ibu-ibu PKK yang mengikuti pelatihan sangat antusias mengikuti kegiatan baik saat penyuluhan dan praktek langsung. Di akhir acara TIM PKM Unwar menyumbangkan beberapa bahan dan peralatan menanam seperti tray, sprayer, tanah subur, pupuk multitonik, dolomite, bibit tanaman cabai, terong, tomat serta sayur-sayuran.*BWN-03

Exit mobile version