Site icon BALI WAKE NEWS

Pemuda Asal Buleleng Bobol Pura Hingga Belasan Kali

DITANGKAP-Komang Suarjana alias Sempol (20) dibekuk anggota Unit Reskrim Polsek Selemadeg Barat, Tabanan.

Tabanan, baliwakenews.com

Aparat Unit Reskrim Polsek Selemadeg Barat, Tabanan, menangkap seorang pencuri kotak sesari dan pembobol sejumlah pura di Tabanan. Tersangka Komang Suarjana alias Sempol (20) dibekuk di rumahnya di Desa Grogak, Buleleng, Rabu (7/10) lalu.

Kapolsek Selemadeg Barat Polres Tabanan AKP I Gusti Lanang Jelantik mengatakan, Senin (12/10), tersangka Sempol ditangkap berdasarkan laporan kasus pencurian di Pura Puseh, Nyuh Gading, Mundeh, Selemadeg Barat. Peristiwa pencurian pada pertengahan Maret 2020 lalu itu, pencuri mencongkel gudang di pura dan mengambil amplifayer. “Kasus itu dilaporkan ke polisi oleh pengempon pura,” ujarnya.

Berdasarkan laporan tersebut polisi lantas melakukan penyelidikan. Akhirnya, ciri-ciri dan identitas tersangka dikantongi petugas. Kemudian anggota Polsek Selemadeg Barat bergerak Kecamatan Grogak, Buleleng. “Dan tersangka ditangkap di rumahnya tanpa perlawanan,” tegas Lanang Jelantik.

Saat dilakukan penggeledahan, di rumah tersangka ditemukan barang-bukti amplifiyer yang dicurinya dari Pura Puseh Banjar Nyuh Gading. Lalu tersangka dibawa ke Polsek Selemadeg Barat untuk diperiksa lebih lanjut.

Hasil interogasi petugas, tersangka mengaku melakukan pencurian di enam pura. Diantaranya, Pura Puseh Desa Adat Nyuh Gading, Mundeh, Selemadeg Barat. Pura Luhur Puseh Ibu, Banjar Auman Dajan Sema, Mundeh, Selemadeg Barat. Empat kali di Pura Puseh Bangal, Desa Mundeh. Tiga kali di Pura Dalem Pengedan, Banjar Pengedan, Desa Mundeh, Selemadeg Barat. Pura Puseh Pengedan, Desa Mundeh, Selemadeg Barat. Dan Pura Puseh Penataran, Banjar Penataran, Desa Mundeh Kauh, Selmadeg Barat. “Total enam pura yang disatroni dengan jumlah aksi 11 kali. Tersangka beraksi siang atau malam hari. Karena di pura tersebut lokasinya terpencil dan sepi,” beber Lanang Jelantik.

Tersangka melakukan aksinya sejak pandemi corona merebak. Alasannya karena tidak memiliki pekerjaan. Dan untuk biaya hidup dia melalukan aksi pencurian. “Tersangka mengaku hanya mengambil sesari dan alat elektronik di pura saja. Dan kami masih melakukan pendalaman,” tegasnya. BWN-01

Exit mobile version