120 Tahun Pegadaian Terus Tunjukkan Kinerja Positif

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, Nuril Islamiah

Jakarta, baliwakenews.com

Direktur Utama PT. Pegadaian (Persero) Kuswiyoto, dalam sambutan yang dibacakan Pemimpin Wilayah PT Pegadaian (Persero) Kanwil VII Denpasar, Nuril Islamiah saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-120 PT. Pegadaian (Persero), Kamis 1 April 2021 mengatakan dalam tiga tahun terakhir, PT Pegadaian terus menunjukkan kinerja positif. Keberhasilan Pegadaian saat ini, dikatakan tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan para pendiri dan para sesepuh yang telah mendahului. Karena berkat keteguhan dan kerja keras-nya, Pegadaian dapat melewati berbagai zaman yang penuh tantangan, hingga akhirnya dapat tetap
eksis hingga saat ini.

Kinerja positif tersebut lanjut Kuswiyoto, ditandai dengan nilai aset dan pendapatan yang terus meningkat. Berturut-turut aset perusahaan naik, yang semula di tahun 2018 Rp53 triliun menjadi Rp65 triliun (2019) dan Rp72 triliun di tahun 2020, serta membukukan pendapatan dari Rp13 triliun di tahun 2018 menjadi Rp18 triliun di tahun 2019 dan Rp22 triliun di tahun 2020.

“Saya juga menyampaikan rasa terima kasih setulus-tulusnya kepada seluruh nasabah yang telah dan terus-menerus menggunakan produk dan jasa layanan Pegadaian, ” ungkapnya.

Kepercayaan nasabah ini lanjut Kuswiyoto, dapat dilihat dari meningkatnya jumlah nasabah dari tahun 2018 sebanyak 11 juta menjadi 14 juta di tahun 2019 dan 17 juta nasabah di tahun 2020. Dengan omset pembiayaan dari Rp131 triliun di tahun 2018, Rp146 triliun di tahun 2019 dan Rp165 triliun di tahun 2020.

Namun di sisi lain, Kuswiyoto mengakui Pegadaian harus menyadari bahwa laba untuk tahun buku 2020 mengalami penurunan, karena banyak nasabah Pegadaian, utamanya yang non gadai mengalami kesulitan dalam mengembalikan pinjaman. Laba tahun 2020 tercatat Rp2 Triliun.

“Meskipun laba turun, prestasi ini merupakan pencapaian yang sangat membanggakan. Dimana banyak perusahaan yang terdampak akibat pandemi. Dan ini semua merupakan hasil kerja seluruh insan Pegadaian yang telah bekerja ikhlas dan antusias memajukan perusahaan, ” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut Manajemen Pegadaian ingin memberikan apresiasi, sebagai bentuk rasa syukur kepada berbagai pihak, atas darma bakti kepada bangsa dan negara. Salah satunya dengan mengundang para perwakilan atlet nasional, sejumlah pekerja seni dan perwakilan tenaga kesehatan untuk menerima bentuk apresiasi dari Perseroan atas kerja keras mereka berbakti untuk negeri.

“Khusus kepada insan Pegadaian yang masih aktif, maka pada hari yang berbahagia ini manajemen juga memutuskan untuk membayarkan bonus tahunan, atas kinerja tahun 2020. Saya berharap bonus ini bisa digunakan secara bijak, sehingga bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan kita semua. Demikian pula, terhadap para Pensiun/purnakarya, manajemen berbagi kebahagiaan dengan memberikan sebuah apresiasi berupa insentif Rp1 jt pernah pensiunan, ” pungkasnya. *BWN-03

Tinggalkan Balasan

Exit mobile version
%%footer%%