Wisuda ke-65 Unwar Lepas 322 Wisudawan Secara Daring

Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park. (tengah) didampingi Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si. (2 dari kiri)), Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM. (kiri), Wakil Rektor III Dr. Ir. I Wayan Parwata, MT.,IPM. (2 dari kanan) dan Ketua Panitia Wisuda berfoto bersama.

Denpasar, baliwakenews.com

Universitas Warmadewa (Unwar) mengelar upacara wisuda ke-65, Rabu (27/1). Masih dalam suasana pandemi Covid-19, prosesi upacara wisuda digelar secara daring (online). Hanya perwakilan lulusan dari masing-masing program studi (Prodi) diwisuda secara langsung yang dipusatkan di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan ‘tracer study’ yang terakhir dilakukan, 85,76 % dari 33.755 alumni lulusan sudah bekerja dan masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan selama 4,07 bulan, dengan pekerjaan yang sesuai dengan bidang ilmu 77,17%. Sedangkan, kinerja lulusan yang penilainnya dilakukan oleh pengguna, 97,96% mempunyai kinerja baik dan sangat baik.

Prof. Widjana, mengatakan pencapain tersebut tidak terlepas dari kualitas pengelolaan yang terus ditingkatkan dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIM-T) telah dikembangkan dari 5 SIM menjadi 10 SIM sebagai sarana untuk mewujudkan sistem layanan secara online. Sementara itu, di bidang pembelajaran dilaksanakan dengan modus daring atau E-Learning, dengan menerapkan Learning Manajement System berupa Moddle System dan Google Classroom yang disinkronkan dengan menu kegiatan mengajar dosen pada SIM-T.

Dalam peningkatan bidang kelembagaan, Unwar terus mengupayakan penambahan Prodi baru yang terdiri dari 4 program studi, yaitu Prodi Vokasi D3 Teknologi Telekomunikasi, magister Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan, Magister Sains Pertanian, dan Program S3 Ilmu Hukum. Bahkan, Program S3 Ilmu Hukum ini merupakan satu satunya yang dikembangkan di PTS Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII. Total Prodi yang dikelola Unwar saat ini sebanyak 26 Prodi.

Untuk meningkatkan kreaktivitas prestasi mahasiswa beberapa even telah diikuti. Baik skala regional, nasional, maupun internasional. Prestasi yang diraih bidang kemahasiswaan terdiri dari Prestasi Akademik (2 skala Internasional, 7 Nasional, dan 1 Regional:1 ) dan Presatasi bidang non akademik (21 Internasional, 6 Nasional, dan 4 regional). Prestasi akademik internasional diraih oleh mahasiswa dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik pada event Malaysia Internasional Research Competition 2020. Sedangakan prestasi non akademik international sejumlah 21 pada bidang lomba pencak silat.

Penguatan jejaring kerjasama juga terus ditingkatkan baik dengan pihak universitas dalam dan luar negeri, pemerintah daerah, pemerintah pusat, dan industri, sebagai upaya untuk peningkatan kompetensi dosen dan mahasiswa sesuai dengan capain pembelajaran program sudi masing-masing,”tandas Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB), Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan YKKPB sebagai Badan Hukum Penyelenggara Pendidikan Tinggi Unwar terus berkomitmen mengembangkan lembaga dalam menghadapi tantangan global sesuai visi Universitas “bermutu, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global 2034”. Berlandaskan Sapta Bayu sebagai Spirit Sri Ksari Warmadewa, Yayasan selalu proaktif dalam pengelolaan sumber daya secara sistematis dan terencana. Dengan harapan Unwar mampu menjadi perguruan tinggi terkemuka dambaan masyarakat.

Unwar melepas 322 lulusan, terdiri dari 318 orang Sarjana (S1) dan 4 orang Magister (S2). Dengan demikian, hingga saat ini Unwar telah mempunyai alumni 33.755 orang, dengan jumlah mahasiswa aktif 12.047 orang.*BWN-03

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: