Tradisi “Nyapuh” Masih Dipertahankan di ODTW Alas Pala

Ida Bagus Made Sunartha

Sangeh, baliwakenews.com

PDAM


Setiap objek wisata di Bali, pasti memiliki tradisi unik selain suasana alam yang dimiliki. Begitu juga dengan di Desa Adat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, yakni objek wisata Sangeh atau Objek Daya Tarik Wisata (ODTW) Alas Pala. Objek wisata yang mengandalkan daya tarik huta pala dan kera ini, juga memiliki tradisi unik dalam menjaga kelestarian lingkungannya agar tetap bersih.


Bendesa Adat Sangeh, Ida Bagus Sunartha, Kamis (9/7) mengatakan, ada tradisi unik yang tidak dimiliki objek wisata lain di Bali, itu hanya ada di Desa Adat Sangeh. “Untuk kebersihan objek wisata masyarakat di Sangeh melaksanakan tradisi nyapuh. Tradisi ini sudah dilaksanakan dari dulu sampain sekarang. Jadi setiap hari krama banjar yang terdiri dari 5 banjar bergirlir membersihkan objek wisata ini. Mereka mulai membersihkan dari pukul 04.00 wita,” terangnya.

Unwar


Lebih lanjut ia mengatakan, dalam penerapan tatanan kehidupan baru, Sunartha yang juga merupakan anggota DPRD Kabupaten Badung itu mengatakan objek wisata yang ada di Desa Sangeh sudah menyiapkan semua tatanan new normal, seperti tempat cuci tangan, Hand senitezer. Bahkan pengunjung yang datang tidak menggunakan masker, akan diberikan masker secara gratis,” ungkapnya sembari mengatakan kami lakukan yang sama di Objek Wisata Mumbul juga,” paparnya.


Pihaknya juga mengakui, dengan adanya pandemi Covid-19 banyak pendapatan objek wisata sangeh yang hilang. Bahkan perbulan pihaknya mengaku pendapatan yang hilang mencapai Rp 300 juta. “Pendapatan kita hilang Rp 300 juta perbulan. Namun kami tetap mengeluarkan anggaran sebanyak Rp 42 Juta untuk Gaji dan Biaya pakan monyet. Dana itu pun kita ambil dari dana desa yang dulu kita kumpulkan dari pendapatan desa,” katanya. BW-05

OBJEK-Objek Wisata Sangeh yang masih asri dan tetap menjaga kebersiahan dengan tradisi nyapuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: