Tim SAR Gunakan APD Lengkap Evakuasi WNA yang Hilang Main Kano

Dievakuasi: WNA yang hilang saat main Kano ketika dievakuasi Tim SAR menggunakan APD lengkap.

Badung, Baliwakenews.com
Tim Basarnas Bali menggunakan APD lengkap, mengevakuasi seorang WNA yang hilang saat main kano di Pantai Sawangan, Jumat (1/5/2020).
WNA asal Lithuania yang hilang saat bermain kano di Pantai Sawangan, Nusa Dua, Badung akhirnya ditemukan Tim SAR. Namun sayangnya Anatolij Vulf (43) sudah dalam kondisi meninggal dunia. Posisi ditemukannya sekitar 1,2 KM arah Timur Laut dari lokasi kejadian.
Sebelumnya sempat dilaporkan,
pada Jumat (1/5/2020) seorang WNA diduga hilang saat bermain kano. Awal kecurigaan tersebut muncul ketika kano yang digunakan korban terlihat ada di dekat bibir pantai, namun tak jelas keberadaan Anatolij Vulf. “Kami terima laporan pada pukul 19.10 Wita dari Ibu Kinta selaku Manager Villa Asmara Nusa Dua,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), Gede Darmada, S.E., M.AP. Keterangan dari si pelapor mengatakan bahwa sempat ada yang melihat WNA nahas tersebut bermain kano sekitar pukul 18.00 Wita.
Tak berselang lama, Basarnas Bali langsung memberangkatkan tim menuju lokasi Pantai Sawangan, dimana ditemukan kano yang digunakan oleh korban. Sementara itu koordinasi juga tetap dilakukan dengan Polair Nusa Dua, Balawista Badung, dan pihak Villa Asmara Nusa Dua, guna menggali informasi.
Pada pukul 20.00 Wita upaya pencarian mulai dilakukan dengan penyisiran di darat, sepanjang bibir pantai. “Selain menyisir daratan, upaya pencarian juga dibantu dengan 1 buah jukung,” terang Darmada. Akhirnya pada pukul 23.38 Wita korban berhasil ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa dan selanjutnya jenasah dibawa menuju RS. Sanglah dengan menggunakan Ambulance BPBD Badung. Dalam keterangannya, Darmada menjelaskan terkait prosedur evakuasi, yakni para personil yang melaksanakan evakuasi wajib dilengkapi dengan alat dan baju pelindung diri lengkap. “Penggunaan APD lengkap, itu merupakan prosedur yang ada di Basarnas mengingat saat ini sedang merebaknya virus covid 19, faktor keselamatan tim rescue tetap dijadikan perhatian,” jelasnya.
Selama operasi SAR berlangsung juga melibatkan unsur SAR dari Polair Nusa Dua, Polsek Kuta Selatan, BPBD Badung, Pecalang desa Sawangan, pihak Villa The Asmara Nusa Dua, nelayan dan masyarakat setempat. BW-04

PDAM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: