Tim Gabungan Denpasar Tangani Banjir dan Tanah Longsor

Denpasar,baliwakenews.com

Hujan deras mengguyur seluruh wilayah Kota Denpasar pada Minggu (31/5/2020) malam hingga Senin (1/6/2020) dinihari. Hujan dengan intensitas tinggi tersebut, mengakibatkan debit air permukaan tidak sepenuhnya dapat tertampung di drainase maupun sungai, sehingga kondisi ini menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor di beberapa titik wilayah Kota Denpasar.

Namun, hingga berita ini ditulis seluruh titik sudah kembali normal dan tahap pembersihan yang dilakukan petugas BPBD Denpasar.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Kota Denpasar, terdapat 7 titik banjir yang terjadi di Jalan Gunung Tangkuban Perahu, Padangsambian, Denpasar Barat, Jalan Dewi Supraba Gang Putra, Kecamatan Denpasar Utara, Jalan Antasura Gang Jambu, Peguyangan, Jalan Kebo Iwa Utara, Perumahan Giring, Desa Padangsambian Kaja, Denpasar Barat, dan Jalan Lembu Sura, SD 11 Peguyangan, Denpasar Utara, Perumahan di jalan Mekar Pemogan dan SD 21 Dauh Puri.

Baca Juga:  Simpan Sabu dan Ekstasi, Selebgram Cantik Asal Jakarta Digerebek di Vila Elite

Sedangkan tanah longsor terjadi di 2 titik, yakni Jalan Kaswari Gang Sri Rama No. 5 Penatih, Denpasar Timur, dan di jalan Made Bima Mulia, Perum Bima Mulia Blok E Ubung Kaja, Denpasar Utara.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa, saat dikonfirmasi, Senin (1/6/2020), menjelaskan hujan dengan itensitas tinggi mengguyur wilayah Kota Denpasar. Kondisi ini pun menyebabkan meningkatnya debit air di drainase dan sungai di Kota Denpasar. Karenanya, BPBD Kota Denpasar bersama tim gabungan  yang terdiri atas PUPR dan DLHK Kota Denpasar langsung melaksanakan atensi dan penanganan di 9 titik tersebut. “Sejak adanya laporan, kami langsung atensi dan turunkan seluruh tim bersama tim gabungan sehingga secepat mungkin aktivitas dapat kembali normal. Saat ini sudah berhasil ditangani dan seluruh aktivitas kembali normal,” kata Joni Ariwibawa.

Baca Juga:  Badung Gelar Pelatihan Pengolahan Hasil Pangan Lokal bagi KWT

Ditambahkan Joni Ariwibawa, meningkatnya intensitas hujan di Kota Denpasar seringkali menimbulkan banjir. Hal ini dikarenakan daya tampung drainase yang meleibihi kapasitasnya, sehingga selang beberapa menit saja surut kembali. Namun demikian, masyarakat diminta tetap waspada dan ikut andil menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. “Warga kami minta berhati-hati dan waspada saat bepergian karena cuaca yang kurang baik, bila perlu kurangi untuk bepergian selama cuaca yang tak menentu. Selain itu, masyarakat dapat melaporkan ke BPBD Kota Denpasar perihal kebencanaan dan adanya kegawatdaruratan dengan menghubungi Pusdalops BPBD Denpasar di nomor telepon 112 atau 0361 223333,” tandasnya. BW-02

RELATED ARTICLES
- Advertisment -Iklan Idul Fitri DPRD BadungIklan Idul Fitri PDAM BadungIklan Bali Wake NewsIklan Nyepi DPRD BadungIklan PDAM BadungIklan Lapor PajakIklan Lapor PajakIklan DPRD BaliIklan DPRD Badung Poling Badung Poling BadungIklan Galungan PDAM