Senin, 10 Agustus 2020

Tes Seleksi Penmaru Unwar Perdana Digelar Secara Online

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK. (tengah) bersama Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dan Ketua Panitia Penmaru Dr. Dra. A.A.A. Dewi Larantika, SE.,M.Si.

Denpasar, baliwakenews.com

Pendidikan secara daring terus dilakukan di tengah pandemi Corona Virus Deasis 2019 (Covid-19), termasuk tes seleksi penerimaan mahasiswa baru (penmaru). Universitas Warmadewa (Unwar), Senin (29/6) menggelar tes seleksi penmaru perdana secara online, yang diikuti 2.094 orang (non FKIK Unwar).

Ketua panitia tes seleksi Penmaru Unwar, Dr. Dra. A.A.A. Dewi Larantika, SE.,M.Si., mengatakan pelaksanaan tes seleksi penmaru kali ini berbeda dari tahun sebelumnya. Tes seleksi penmaru dilaksanakan secara daring (online) dengan metode Computer Based Test (CBT) yang dilaksanakan selama 3 hari, yaitu 29 Juni hingga 1 Juli 2020.

“Khusus bagi calon mahasiswa baru yang ingin mengikuti tes secara offline, mereka juga kami disediakan fasilitas berupa paper base. Terutama bagi calon mahasiswa dari Indonesia bagian Timur dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19. Pelaksanaan tes penmaru kami bagi beberapa sesi, setiap sesi diikuti 200 orang peserta, dan tes penmaru,” terang A.A.A. Dewi Larantika.

Rektor Unwar, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK., mengatakan meskipun tes seleksi penmaru strata 1 (S1) Unwar gelombang I Tahun Akademik 2020/2021 dilaksanakan secara daring, tidak akan mengurangi kualitas calon mahasiswa Unwar. Mengingat tes didesain sedemikian rupa agar peserta tidak bisa bekerjasama dalam mengerjakan soal. Karena waktu yang diberikan terbatas dan sistem soalnya diacak. “Meskipun tes dilaksanakan secara online dengan segala kekurangannya, namun kita tetap berharap kualitas input tetap bisa kita pertahankan. Sehingga, outcome yang kita hasilkan berkualitas pula,”ujar Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengatakan dengan sistem IT yang telah dibangun sejak 2014 oleh Unwar sangat dibutuhkan dan bermanfaat dalam proses akademik di masa pandemi Covid-19 saat ini. Dengan sistem tersebut Unwar telah siap melaksanakan tes seleksi penmaru secara online dengan metode CBT.

“Saya berharap, meskipun tes seleksi penmaru dilaksanakan secara daring, namun calon mahasiswa baru yang diterima tetap berkualitas. Sehingga mampu mendukung visi misi Unwar ke depan, yaitu bermutu, berwawasan ekowisata dan berdaya saing global Tahun 2034,” pungkas Wisnumurti. BW-09

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: