Siap Cetak Pengusaha Muda, Koperasi Subhakti Targetkan Bertumbuh 9,6 Persen

Sembako: Penyerahan Sembako secara simbolis kepada anggota Koperasi Subhakti dalam Rapat Paripurna terbatas serangkaian RAT tertulis.

Ungasan, baliwakenews.com

Masa pandemi covid-19 tidak menghalangi pengurus dan pengelola Koperasi Subhakti untuk terus berinovasi. Selain melakukan terobosan dengan menggelar RAT ke-17 secara tertulis, Koperasi yang memiliki anggota 2.766 ini kini sedang membuat inovasi untuk mencetak pengusaha atau interprenure muda untuk membangkitkan bidang UMKM. Bukan itu saja dengan berbagai terobosan dan membangkitkan loyalitas anggota tahun ini Koperasi subhakti menargetkan pertumbuhan SHU mencapai 9 persen.

Hal itu diungkapkan Ketua I Made Suanda Wisnaya, SE dalam rapat paripurna terbatas rangkaian RAT tertulis, Minggu (31/01/2021) di Subhakti Car Wash, Ungasan-Kuta Selatan. Kegiatan Rapat Paripurna rangkaian RAT ke-17 Koperasi Subhakti Ungasan ini dihadiri juga Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si., Ketua Dekopinda Kabupaten Badung, I Wayan Reta.

Suanda Wisnaya mengungkapkan, RAT saat ini dilaksanakan menyesuaikan dengan situasi pandemi yang sedang terjadi. Dimana terjadi perubahan signifikan yakni merubah haluan dengan RAT tertulis tanpa mengurangi makna RAT itu sendiri. “Kami rubah paradigma dan siasati dengan rapat tertulis. Dimana teknologi bisa digunakan baik dengan WA maupun surat. Dengan jumlah anggota 2.766 orang seratus persen menyetujui. Ini sangat sederhana yang tentunya kami persiapan dengan baik, sehingga RAT hari ini berjalan dengan baik,” papar Pria yang sudah membidangi lahirnya beberapa koperasi ini.

Dalam situasi pendemi saat ini, pihaknya tetap mengaku bersyukur, sebab Koperasi Subhakti Ungasan tetap mampu memberikan benefit kepada anggota. Baik itu berupa pinjaman modal usaha serta melayani anggota dengan baik. Dia menegaskan bukan semata-mata SHU yang menjadi tujuan. Namun lebih kepada apa yang bisa diberikan kepada anggota untuk mendorong sektor ekonomi mereka itu mendatangkam benefit yang luar biasa. “Saat ini sektor UMKM tetap bertahan. Bahkan 90 persen anggota kita adalah pelaku pariwisata dan kita mampu memberikan SHU,” ujar Tokoh asal Desa Ungasan tersebut.

Ditanya tentang program ke depan, pria yang juga bekerja di salah satu hotel ternama di Nusa Dua ini mengungkapkan, untuk rencana kerja tahun ini pihaknya tetap optimis bisa bertumbuh secara bertahap. Dimana diharapkan enam bulan pertama melakukan mantainance, bagaimana bisa survive dan harapan berikutnya jika kondisi membaik akan bergerak melakukan recovery. Untuk tahun ini pihaknya menargerkan pertumbuhan sekitar 9,6 persen.n”Kita pasti optimis dan ada program strategis jika tidak ada halangan tahun ini kita menambah atau membuka cabang kas pembantu, serta terus mengenjot terciptanya anggota sebagai entrepreneur muda,” ujarnya.

Bahkan beberapa anak muda kini sedang dibina dan ditempa untuk menjadi pengusaha yang mampu menggerakkan sektor UMKM. “Kami juga sudah mempersiapkan juru masak profesional untuk mereka yang ingin membuka usaha kuliner. Selain kami bantu modal, juga kami akan terus bimbing dan arahkan hingga berhasil,” paparnya.

Selain itu, dalam meringankan beban anggota di saat pandemi ini, sambung Suanda, Koperasi Subhakti Ungasan juga menyediakan 41,49 ton beras, mie instant dan minyak goreng yang bisa diambil oleh anggota dengan budget Rp 300 ribu per anggota. Dimana anggota bisa memilih mau ambil sembako atau uang tunai. Ketua Pengawas Koperasi Subhakti Ungasan, I Wayan Kena mengungkapkan dari hasil pemeriksaan Pengawas laporan dapat diterima dengan baik. Secara umum organisasi dan kelembagaan Koperasi Subhakti Ungasan selama tahun 2020 juga berjalan dengan baik, meski bidang usaha ada penurunan aset dan SHU dampak dari Covid-19. Namun secara keseluruhan berjalan dengan baik.

Sementara, Ketua Dekopinda Kabupaten Badung, I Wayan Reta mengapresiasi positif kegiatan dan pelaksanaan RAT Koperasi Subhakti Ungasan tepat waktu. Reta menekankan pentingnya keterlibatan anggota dalam kemajuan Koperasi dan dilihatnya anggota Koperasi Subhakti Ungasan telah melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik. Selain itu dia mengapresiasi lebih lanjut terkait kepengurusan Koperasi Subhakti Ungasan yang telah bekerja secara profesional.

Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si., mengungkapkan Koperasi adalah sebagai partner Koperasi lainnya dan bukan kompetitor agar Koperasi bisa terus berkembang maju. Apalagi ditengah situasi pendemi seperti sekarang. Ia mengapresiasi Koperasi Subhakti Ungasan yang telah melaksanakan RAT dan berharap apa yang diharapkan Koperasi Subhakti Ungasan bisa tercapai dan pendemi cepat berlalu. Dalam acara terbatas tersebut, diakhiri dengan pengesahan-pengesahan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus tahun 2020, rencana kerja dab RAPB, pola kebijakan tahun buku 2021 serta penyerahan Dana PDK, penyerahan sembako. BWN-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: