Peltu Suardika dan Pelda Arsana, Babinsa Kodim Badung yang Juga Pragina

Pelda Arsana (kiri) dan Peltu Suardika.

Badung, baliwakenews.com

PDAM

Si Samson main mercon, jiwa batalion namun punya hobi melucon. Pantun itu cukup mewakili bakat yang dimiliki Pembantu Letnan Satu (Peltu) Made Suardika dan Pembantu Letnan Dua (Pelda) Wayan Arsana.

Di balik ketegasan dalam bertugas sebagai Babinsa, kedua prajurit Kodim 1611/ Badung ini punya bakat sebagai Pragina (seniman Bali). Bakat mereka kerap diberdayakan oleh warga di daerah binaan masing-masing dalam kesenian Bondres, ataupun kesenian Topeng Wali.

Unwar

Pada beberapa kesempatan, mereka juga tampil bersama. Misalnya dalam kegiatan di lingkungan satuan Kodim 1611/ Badung maupun kegiatan di lingkungan masyarakat. Bakat itu justru membuat keduanya dekat dengan masyarakat.

Pelda Wayan Arsana misalnya. Melalui bakat melawak itu, Babinsa Koramil 1611-06/Petang yang bertugas di Desa Petang ini cukup intens melakukan komunikasi sosial kreatif melalui kegiatan keagamaan yang diselenggarakan warga.

“Tentu semua sebelumnya didasari koordinasi dan komunikasi dengan warga. Kita menanyakan apa rangkaian kegiatan keagamaan tersebut akan ada pementasan Tarian Topengnya,” tutur Pelda Arsana.

Jika memang ada, dirinya menawarkan untuk siap tampil menari secara sukarela. Pengabdian itu pun disambut baik dan diberdayakan oleh masyarakat setempat. “Kita berkomsos kreatif melalui seni dan itu kita lakukan dengan prinsip ngayah atau membantu dengan sukerela,” sebut Arsana.

Peltu Made Suardika juga berpengalaman serupa. Ia bersyukur bakatnya itu dapat menghibur masyarakat. Sinergi yang terbentuk dari sinergi inj sekaligus menjadi media pembinaan teritorial di wilayah binaaanya.

Bagi Suardika, pengalaman ini sangat berharga selama karirnya menjadi Tentara, terlebih lima bulan lagi dirinya memasuki Masa Persiapan Purna Pensiun. Namun di masa pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat membatasi kegiatan, untuk sementara panggung pentas mereka pun berkurang.

“Semua harus dimaklumi dalam kondisi saat ini, sambil berharap dan mengajak kita semua nunas ica atau berdoa kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar Pandemi COVID-19 cepat berlalu dan kita dapat beraktifitas normal kembali,” pungkas Suardika. BW-06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: