Selasa, 22 September 2020

Pandemi Covid-19, Warga Banjar Segara Gotong Royong Lakukan Aksi Donor Darah

PENGHARGAAN-Tokoh masyarakat Banjar Segara dan anggota DPRD Badung, Ni Luh Gede Sri Mediastuti diberikan penghargaan oleh PMI Propinsi Bali, Minggu (4/7)

Kuta, baliwakenews.com

PDAM

Anggota DPRD Badung dapil Kecamatan Kuta, Ni Luh Gede Sri Mediastuti terus bergerak dalam misi kemanusiaan. Tidak hanya rutin memberikan sumbangan sembako, tapi ia juga menggala ketersediaan darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah disaat pandemi covid-19 saat ini. Bahkan, Minggu (5/7) perempuan yang akrab disapa Luh De ini bekerjasama dengan PMI Propinsi Bali membuat kegiatan sosial untuk penggalangan donor darah di wantilan Banjar Segara, kelurahan Kuta. Drai penggalangan donor darah tersebut terkumpul ratusan kantong darah dari berbagai golongan darah. Dari pantauan kegiatan donor darah tersebut, nampah sejumlah warga dan tokoh Bajar Segara, persatuan ojek online dan perhimpuna chef hotel di kawasan Kuta ikut melakukan donor darah.

Luh De mengatakan, dalam situasi pademi covid-19, dan meski suduah diwacanakan akan adanya tatanan budaya kehidupan baru atua new normal, tapi untuk tatanan kemanusiaan yang membutuhkan darah meski menjadi atensi juga. “Kita mengetahui stok darah dengan kondisi sat ini pastilah akan terbatas, untuk itu kami mengajak masyarat di Banjar Segara melakukan donor darah sehingga stok darah PMI mencukupi. Apalagi dalam blan bulan ini PMI Provinsi bali hanya bisa memenuhi stok darah 50 persen saja yang biasanya bisa perbulan memenuhi stok darah hingga 90 pesren,”ujarnya.

Unwar

Kepala Unit Tranfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Bali, dr. I Gede Wiryana Patrajaya mengatakan, dengan kondisi pandemic covid-19 kegiatan donor darah untuk kumpul bersama sangat dibatasi, sehingga pengembalian ketersediaan darah juga terpengaruh. “Kami mengimbau kegiatan-kegitan donor darah dengan mematuhi standar protocol kesehatan covid-19 tidak lah masalah sehingga kegiatan sosial donor darah ini bisa berlanjut. Permintaan darah dari rumah sakit saat ini baru mencapai 60 persen sedangkan sebelumnya kita mampu mendistribusikan darah kerumah sakit mencapai 92 persen lebih. Kami mengimbau kepada masyarakat pendonor, jika ingin donor pada masa covid-19 ini sangatlah aman asalkan memenuhi standar protocol kesehatan covid-19,”terangnya.

Sementara Kelian Adat Banjar Segara, Ketut Werka didampingi Kaling Banjar Segara, Nyoman Water mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan ini bersama anggota DPRD Badung, Ni Luh Gede Sri Mediastuti adalah untuk membangkitkan masyarakatnya dalam membantu sesame terutama dalam menyumbahkan darah mereka untuk yang membutuhkan. “Kita ketahui bersama konisi pandemic covid-19 saat ini, masyarakat pastinya sulit untuk menyiumbang mapun mendapatkan darah sehingga kami untuk pertama kalinya melakukan kegiatan yang berskala besar dalam mencari masyarat yang mau donor darah bekerjasama dengan Perhimpunan Donor Darah Indonesia Propinsi Bali. Kami targetkan mendapat 100 kantong darah,”paparnya. BW-05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: