Minggu, 13 September 2020

Mapahayu Jagat di Pura Luhur Batu Panes

Wabup Tabanan I Komang Gede Sanjaya hadiri Karya Mapahayu Jagat di Pura Luhur Batu Panes.

Tabanan, baliwakenews.com

PDAM

Pemkab Tabanan melalui Panitia Karya Pura Luhur Batu Panes, Penebel, menggelar Karya Mapahayu Jagat di Pura Luhur Batu Panes pada Rahina Buda Kliwon Ugu, Rabu (3/6/2020). Tirta (Pekuluh) selanjutnya digunakan sebagai pelengkap upakara di masing-masing pekarangan agar terhindar dari wabah penyakit.
Karya mulai pukual dipuput Sarwa Sadaka diantaranya Ida Pedanda dari Grya Taman Sari, Ida Pedanda Budha dari Grya Jadi, Ida Rsi dari Grya Ngis dan Ida Mpu dari Grya Utu.
Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya yang hadir pada kesempatan itu berharap melalui Karya Mapahayu Jagat ini mampu mengantarkan energi positif sehingga wabah yang melanda khususnya di Kabupaten Tabanan bisa hilang.
Ketua Panitia Karya I Nyoman Arnawa mengatakan, karya digelar bukan hanya karena kondisi saat ini tapi juga atas pawisik Ida Sesuhunan.“Kami lakukan ini berdasarkan dari pawisik Ida Sesuhunan sane meparahyangan ring Pura Luhur Batu Panes. Kami koordinasi dengan majelis madya dan diteruskan kepada Sekda dan Bupati,” ucapnya.
Ia menjelaskan, karya dilaksanakan di Pura Batu Panes dan bukan di Pura lain karena sesuai dengan salah satu lontar yang ada di Bali. “Kenapa di buat disini? Karena dikaitkan dengan lontar Oga Semara Gumi, ketika ada wabah atau kegeringan harus melaksanakan upacara ring Ida Meraga Pasupati utawi Ida Meraga Geni,” ungkap Arnawa. BW-08

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: